Beberapa aktor pernah memerankan Joker selama bertahun-tahun. Berkat banyak film Batman yang dibuat belakangan ini, kesempatan untuk melihat berbagai versi Joker menjadi terbuka lebar. Tercatat bahwa sudah ada 6 aktor yang pernah memerankan Joker, dari mulai Jared Leto, Joaquin Phoenix, Cesar Romero, Jack Nicholson, Heath Ledger, dan Cameron Monaghan. Tapi tahukah kalian bahwa ada beberapa aktor lain yang hampir memerankan Joker? Berikut adalah aktor-aktor yang hampir memerankan Joker di film DC.

Paul Bettany

Sebenarnya, aktor Heath Ledger bukanlah kandidat utama untuk memerankan Joker di film The Dark Knight. Pada awal pengembangan film, sutradara Christopher Nolan mempertimbangkan banyak sekali aktor. Paul Bettany rupanya menjadi kandidat teratas yang Nolan pilih. Namun, aktor kelahiran Inggris tersebut pada akhirnya tidak jadi memerankan Joker. Masih belum diketahui mengapa Bettany tidak jadi memerankan Joker, tetapi besar kemungkinan karena masalah schedule Paul Bettany yang padat.

Robbin Williams

Melihat ke belakang, wajar saja jika Robbin Williams dipertimbangkan untuk memerankan Joker. Williams pernah dipertimbangkan untuk memerankan Joker di film Batman tahun 1989, yang disutradarai oleh Tim Burton. Namun pada akhirnya, peran Joker dalam film tersebut jatuh ke tangan Jack Nicholson. Yang mengejutkan lagi nih Geeks, bahwa Williams sempat ditolak untuk memerankan Joker dan Riddler oleh tiga sutradara film Batman setelah era Tim Burton.

David Bowie

Mungkin akan sangat menarik melihat David Bowie memerankan Joker. Bowie adalah artis multi talenta, dari mulai bernyanyi, sampai membintangi film pernah ia lakukan. Film besar yang pernah ia bintangi adalah Labyrinth yang rilis tahun 1986 lalu. Penulis skenario film Batman (1989), Sam Hamm, pernah menginginkan David Bowie untuk memerankan Joker. Hamm menganggap bahwa Bowie adalah pilihan sempurna untuk memerankan Joker. Namun Tim Burton akhirnya menginginkan sesuatu yang berbeda, dan Bowie tidak terpilih menjadi Joker.

Willem Dafoe

Aktor lain yang dianggap pantas memerankan Joker oleh Sam Hamm dalam film Batman (1989) adalah Willem Dafoe. Hamm yakin bahwa Dafoe memiliki penampilan fisik yang tepat untuk memerankan Joker. Dafoe pada akhirnya kalah oleh Jack Nicholson. Untungnya bagi Dafoe, walau tak terpilih sebagai villain Batman, namun ia berhasil terpilih sebagai villain Spider-Man. Ia memerankan Green Goblin dalam film Spider-Man yang rilis tahun 2002 lalu. Bahkan nama Dafoe sendiri semakin bersinar semenjak memerankan Green Goblin tersebut.

Ryan Gosling

Aktor lain yang hampir memerankan Joker adalah Ryan Gosling. Sebelum Jared Leto dipilih memerankan Joker, Gosling menjadi kandidat utama untuk peran tersebut. Itu berarti bahwa Ryan Gosling hampir muncul dalam film Suicide Squad. Untungnya, Gosling tidak jadi memerankan Joker karena suatu alasan, dan ia tidak jadi muncul dalam film Suicide Squad yang berakhir mengecewakan. Tentunya masih ada kesempatan di masa depan bagi Gosling untuk memerankan karakter ikonik ini.