Chapter terbaru Boruto: Naruto Next Generation memberikan kejutan lainnya dan informasi baru kepada para fans, terkait dengan Otsutsuki dan segel Karma. Chapter 51 sendiri masih berkutat pada hal yang sama, yaitu pertarungan antara Sasuke, Naruto, Boruto, dan Isshiki. Sementara di Konoha, Shikamaru bersama Kawaki dan Amado bersembunyi di tempat rahasia.

Amado sendiri berbicara banyak hal di chapter 51 ini, terutama mengenai Karma dan Otsutsuki. Dijelaskan bahwa sebenarnya, tujuan Otsutsuki pergi ke sebuah planet secara berpasangan adalah karena salah satunya akan dikorbankan untuk menanam pohon suci dan memanen buah chakra. Mereka akan dikorbankan kepada monster ekor 10. Dan menurut Amado, seharusnya Kaguya yang dikorbankan saat Isshiki dan Kaguya menyerang bumi.

Namun, diantara semua informasi baru tentang Karma dan Otsutsuki, apa yang terjadi di akhir cerita sangat menarik perhatian. Seperti yang kita ketahui, Sasuke, Boruto, dan Naruto, tidak akan sanggup mengalahkan Isshiki. Mereka tidak memiliki peluang untuk menang dari Isshiki. Meskipun begitu, mereka tetap berusaha untuk tetap menahan Isshiki selama mungkin, karena jatah hidupnya kini hanya tinggal tiga hari lagi.

Is there a possibility Momoshiki and Kinshiki, not the Otsusuki Kaguya, was scared of? - QuoraBoruto sendiri berusaha mengakhiri hidupnya, namun Isshiki berhasil menghentikan upaya Boruto. Sasuke sendiri tidak bisa berbuat banyak, karena terbukti apapun yang dia lakukan tidak memiliki efek yang signifikan. Disinilah Naruto mulai mencari cara agar mereka bisa mengalahkan Isshiki. Naruto pun berdiskusi dengan Kurama perihal situasi yang terjadi.

Awalnya, Kurama mengatakan bahwa tidak akan ada cara untuk memenangkan pertarungan tersebut. Namun, Kurama kemudian meralat jawabannya dan mengatakan bahwa ada satu cara untuk bisa menang. Sayangnya, ada hal yang harus dibayar oleh Naruto jika kemudian dia mau menggunakan taktik atau cara yang ditawarkan oleh Kurama, yaitu nyawa Naruto.

Naruto sendiri sempat terdiam dan memeluk Boruto, namun kemudian dia membulatkan tekadnya untuk menggunakan taktik tersebut. Dan hasilnya memang diluar dugaan. Naruto berubah menjadi sosok yang dahsyat dengan kekuatan baru ini. Dia mendapatkan sebuah form baru. Namun, masih belum jelas bagaimana bentuk seutuhnya dan bagaimana kekuatannya. Yang pasti, kekuatan ini cukup untuk bisa menghajar Isshiki.

Ada kemungkinan, Naruto mengerahkan semua kekuatan chakra Kurama ke dalam tubuhnya. Chakra Kurama tentunya sangatlah kuat dan dahsyat. Chakra Kurama juga dikenal tidak memiliki batas. Jika kemudian Naruto harus terus menerus menerima chakra Kurama, dia akan kelelahan, apalagi dalam jumlah yang sangat besar. Bisa jadi inilah yang dimaksud Kurama bahwa taktik ini akan membunuh Naruto.

Sasuke, Boruto, dan Isshiki sendiri terkejut melihat perubahan baru ini. Mungkin di chapter 52 nanti kita akan melihat bagaimana kekuatannya. Yang perlu digaris bawahi disini adalah bagaimana pengorbanan Naruto untuk mengalahkan Isshiki – sesuai dengan judul di chapternya yaitu “Pengorbanan”. Hal ini diluar dugaan banyak fans, yang sebelumnya menduga bahwa Sasuke yang justru akan berkorban.

Dalam teori yang banyak berkembang, disebutkan bahwa Sasuke yang akan mengorbankan diri dalam pertarungan tersebut. Dan pengorbanan Sasuke akan membuat Naruto memiliki kekuatan baru – entah itu Rinnegan atau kekuatan baru lainnya. Kematian Sasuke juga membuat Boruto akan mengalami evolusi. Mungkin dia akan kembali dikendalikan oleh Momoshiki.

GambarTapi, sebenarnya yang menarik adalah pengorbanan Naruto ini mengingatkan kita pada apa yang diucapkan oleh Momoshiki beberapa waktu yang lalu. Saat itu, Naruto dan Boruto sedang bertarung melawan Momoshiki. Salah satu kelebihan Otsutsuki adalah mampu meramalkan masa depan orang lain, dan pada saat itu Momoshiki meramalkan masa depan Naruto dengan mata Byakugannya.

Yang menarik adalah Momoshiki mengatakan bahwa kekuatan chakra dalam diri Naruto sangatlah dahsyat. Tapi, sayangnya, kekuatan dahsyat tersebut tidak bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya. Hal inilah yang menjadi misteri besar di kalangan para fans. Apa sebenarnya maksud dari Momoshiki? Apakah artinya Naruto akan mati atau ada maksud lainnya?

Setelah sempat menjadi misteri, melihat apa yang dilakukan oleh Naruto di chapter 51 ini semuanya terasa masuk akal sekarang. Semuanya terkoneksi menjadi satu. Bisa jadi inilah takdir yang dilihat oleh Momoshiki pada saat itu. Jika Geeks ingat adegan dalam film Avengers: Endgame, di akhir diperlihatkan bahwa Doctor Strange sengaja tidak memberi tahu Tony bahwa dia yang akan mati.

Mungkin hal ini juga yang akan terjadi kepada Naruto, dimana Momoshiki mengatakan bahwa kekuatannya tidak bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya, artinya Naruto akan tewas. Namun, kapan dan dimana Naruto Tewas tidak diketahui. Baru setelah adegan ini semuanya terasa masuk akal. Apakah Naruto memang benar-benar akan mati? Atau Naruto bisa selamat dari semuanya? Masih harus kita tunggu kelanjutannya.

Jika dilihat dari sisi lain, kematian Naruto ini bisa menjadi pemicu bagi Boruto agar dia menjadi semakin kuat, agar Himawari juga terus berkembang menjadi lebih baik. Sama halnya ketika Naruto harus kehilangan sosok “ayahnya” yaitu Jiraiya, dimana Naruto berjanji untuk semakin menjadi kuat. Kematian Naruto tentunya akan menjadi pukulan besar bagi seluruh fans. Tapi, setidaknya dia tewas dengan cara yang heroik.