Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Boruto chapter 51 dirilis pada hari ini. Dalam beberapa chapter terakhir, manga Boruto masih didominasi oleh pertarungan antara Boruto, Naruto, Sasuke, dan Isshiki Otsutsuki. Seperti yang kita ketahui, Isshiki Otsutsuki berhasil mengalahkan Kashin Koji dan dia pun pergi ke Konoha untuk mengambil Kawaki. Tapi, Naruto dan yang lain berusaha menyembunyikan Amado dan Kawaki.

Di sisi lain, Boruto, Sasuke, dan Naruto mencoba menghalangi usaha Isshiki untuk mengambil Kawaki. Namun, sayangnya, level Sasuke dan Naruto masih jauh dibawah Isshiki. Mereka berdua kalah dengan mudah. Melihat hal ini, Boruto pun mulai bergerak dan membawa mereka semua pergi ke dimensi lain, dengan menggunakan kekuatan Karma yang dia miliki.

Lalu, apa yang terjadi di chapter 51? Pertarungan melawan Isshiki masih terus berlanjut, dan Boruto mengetahui bahwa Isshiki tidak akan bisa membunuhnya, karena dalam diri Boruto terdapat sosok Otsutsuki lainnya, Momoshiki. Sasuke sendiri kemudian meminta penjelasan lain dari Boruto terkait hal tersebut, dan Boruto menjelaskan bahwa saat bertarung melawan Boro, sang villain sempat menyebutkan bahwa ada sebuah rencana besar yang membutuhkan Kawaki dan Boruto.

GambarPanelnya kemudian berpindah ke Konoha, dimana Shikamaru berbincang dengan Adamo tentang apa yang akan terjadi kepada Boruto dan apa sebenarnya “urusan” Boruto dengan buah chakra dan pohon suci. Amado kemudian menjelaskan bahwa untuk bisa menanam dan membesarkan pohon suci tersebut agar bisa menghasilkan buah chakra, sosok Otsutsuki lain harus dikorbankan, kepada monster ekor 10.

Panelnya kemudian kembali ke Isshiki dan Boruto, dimana Isshiki terlihat marah kepada Boro karena sudah terlalu banyak bicara. Isshiki juga mengatakan bahwa dia akhirnya tahu apa yang terjadi kepada Boro, karena sudah sangat lama sekali dia tidak memberikan laporan. Boruto kemudian menjelaskan bahwa dia tidak bertarung sendiri, ada anggota Team 7 lainnya yang ikut membantu.

Sasuke kemudian kembali bertarung melawan Isshiki, sambil juga bertanya mengapa dia membutuhkan Kawaki untuk rencana besarnya terkait monster ekor 10 dan pohon suci. Isshiki kemudian bertarung melawan Sasuke, namun kembali Sasuke berhasil dengan mudah dikalahkan oleh Isshiki. Melihat situasi ini, Boruto sempat melakukan hal gila yaitu mengancam untuk membunuh dirinya sendiri. Namun, Isshiki kemudian mengecilkan kunai yang digunakan oleh Boruto.

Adegan kemudian kembali ke Konoha dan ada informasi menarik lainnya perihal Otsutsuki, seperti dijelaskan oleh Amado. Amado menjelaskan mengapa Otsutsuki harus pergi ke sebuah planet secara berpasangan. Tujuannya sendiri adalah agar salah satu dari mereka – yang memiliki level terendah – bisa dikorbankan bagi monster ekor 10, dan kemudian pohon suci bisa tumbuh dan buah chakra pun bisa ditanam.

Amado juga menjelaskan tentang segel Karma yang mana sebenarnya segel ini memiliki tujuan juga. Para Otsutsuki sengaja menyiapkan segel Karma sebelumnya, karena sebagai rencana untuk bisa bangkit kembali pasca mereka dikorbankan untuk monster ekor 10. Amado juga menjelaskan bahwa sebenarnya, Kaguya memiliki level yang lebih rendah dibandingkan Isshiki. Karena itulah, ketika Isshiki dan Kaguya datang ke bumi, rencana awalnya adalah Kaguya yang akan dikorbankan.

Namun, karena adanya pemberontakan dari Kaguya, akhirnya semua rencana pun gagal. Isshiki terpaksa harus mencari tubuh lainnya karena tidak ada Otsutsuki lain pada saat itu di bumi. Itulah kenapa kemudian Isshiki terpaksa menjadi parasite di tubuh Jigen, dan dia mengincar Kawaki serta Boruto. Tujuan utamanya adalah kembali memulai program penanaman pohon suci dan buah chakra.

Amado sendiri memuji kecerdasan Sumire yang berhasil memberikan konklusi bahwa rencana besar Isshiki terhadap Boruto adalah dengan mengorbankannya kepada monster ekor 10. Kembali ke pertarungan, Sasuke meminta Boruto untuk lari karena mereka tidak akan mungkin menang dalam pertarungan ini. Namun, Isshiki menghantam Sasuke dengan sebuah kotak besar.

GambarMendengar penjelasan Amado, Kawaki lalu marah besar terhadap Amado. Namun, Shikamaru menjelaskan bahwa semuanya sudah tidak ada gunanya lagi. Amado kembali menjelaskan bahwa memang mereka tidak akan menang, tapi karena Isshiki tidak memiliki tubuh Kawaki dan Isshiki sudah kembali muncul secara sempurna, artinya ada kesempatan untuk mengalahkan Isshiki untuk selamanya.

Momen paling epik dari semua ini adalah ketika Naruto dan Kurama berbincang di dalam diri Naruto. Kurama menyebutkan bahwa ada satu cara untuk bisa memenangkan pertarungan ini, tapi dengan resiko nyawa Naruto harus melayang. Sempat berpikir beberapa saat, akhirnya Naruto pun menyetujui hal itu. Meskipun Boruto meminta Naruto untuk pergi tapi, dia memilih untuk tetap tinggal.

Dan di akhir ceritanya, Sasuke dan Boruto serta Isshiki dibuat terkejut oleh kekuatan baru Naruto, sebuah form yang belum pernah muncul sebelumnya. Form ini bisa dibilang adalah form yang lebih dahsyat dan lebih mematikan dari kekuatannya yang lain. Namun, bagaimana dan apa saja kemampuan dari form baru Naruto ini? Masih harus kita tunggu di chapter berikutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.