Berperan sebagai salah satu karakter superhero komik dalam sebuah film layer lebar, tentunya bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Bukan berarti karakter di film lain tidak butuh usaha, hanya saja karakter buku komik butuh penghayatan lebih. Misalnya butuh waktu yang lama bagi para aktor tersebut membaca komik atau literatur lainnya mengenai sosok tersebut.

Batman adalah salah satu karakter yang populer di layer lebar. Sudah ada banyak aktor yang pernah memerankan karakter ini, mulai dari Michael Keaton, Christian Bale, sampai yang paling baru adalah Robert Pattinson. Tapi, sebenarnya, ada beberapa nama yang sempat hampir memerankan karakter ini. Siapa saja? Berikut adalah daftarnya.

Kurt Russell

Banyak pecinta film memandang bahwa Kurt Russel adalah aktor yang cocok memerankan Bruce Wayne dan Batman. Dia adalah sosok yang dianggap cocok dan sesuai dengan cerita Batman dalam kisah Nolan ataupun Joel Schumacher. Pada era Schumacher, sebenarnya Russel sempat hampir mendapatkan kesempatana emas tersebut.

Pasca Val Kilmer mundur dari perannya, sosok Batman baru dibutuhkan untuk film Batman And Robin. Sayangnya, Russell tidak menerima kesempatan ini yang akhirnya kemudian jatuh ke tangan George Clooney. Namun, setelah melihat kualitas filmnya, mungkin Russell sedikit beruntung karena sudah melewati tawaran tersebut. Dan kini Clooney yang justru kena “getahnya”.

Ethan Hawke

Setelah berperan di dua film, Michael Keaton akhirnya menolak untuk berperan yang ketiga kalinya sebagai Batman. Hal ini tentunya membuka kesempatan emas bagi para aktor lainnya untuk berperan sebagai Batman. Sebelum akhirnya peran ini jatuh ke tangan Val Kilmer dan berperan di film Batman Forever, Ethan Hawke yang lebih dulu ditawari peran ini.

Sayangnya, Ethan Hawke menolak tawaran tersebut. Hawke, yang dikenal karena keberagaman karir aktingnya, memilih menolak sebagai Batman karena dia tidak ingin menjadi “karakter tetap” dari sosok tersebut – seperti halnya Robert Downey Jr. atau Hugh Jackman. Namun, bertahun-tahun kemudian, Ethan Hawke mengaku menyesal menolak tawaran tersebut, dan dalam sebuah wawancara dia mengatakan bahwa berperan sebagai Batman tentu akan memuluskan karirnya.

Cillian Murphy

Ketika Christopher Nolan memulai proyek film Batman Begins, dia mencari sosok Bruce Wayne dan Batman yang berbeda. Sampai pada akhirnya Nola memutuskan untuk memilih Christian Bale, tapi Nolan mengantongi satu nama lainnya untuk berjaga-jaga yaitu Cillian Murphy. Dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu, Murphy menyebutkan bahwa dia sudah sempat ikut tes kostum.

Hasilnya adalah bagi Murphy menggunakan kostum Batman dan merendahkan suaranya, adalah sesuatu hal yang aneh. Dan menurutnya, kostum Batman tersebut memang lebih cocok digunakan Christian Bale. Meskipun Murphy gagal berperan sebagai Batman, Murphy tetap memiliki peran spesial sebagai salah satu villain Batman, Scarecrow. Dan jika dilihat, Murphy memang cocok berperan sebagai Screcrow.

Josh Brolin

Siapa yang menyangkan jika kemudian aktor pemeran Thanos pernah hampir menjadi Batman. Ketika Zack Snyder memutuskan bahwa Batman akan memiliki peran besar dalam sekuel Man of Steel, Batman v Superman: Dawn of Justice, Snyder mencoba mencari sosok aktor yang berpengalaman untuk berperan sebagai Bruce Wayne. Salah satu aktor yang dia temui adalah Josh Brolin.

Brolin dianggap memiliki banyak poin-poin penting yang sesuai dengan karakter Batman dan Bruce Wayne yang diinginkan Snyder. Namun, Brolin tidak mengambil kesempatan tersebut. Meskipun gagal sebagai Batman, Brolin membuktikan bahwa dia juga bisa sukses sebagai seorang villain. Bahkan, Thanos adalah salah satu villain paling populer di dunia.

Alec Baldwin

Ketika Michael Keaton menolak kesempatan untuk kembali berperan sebagai Batman yang ketiga kalinya dalam film arahan Tim Burton, Warner Bros mencoba mencari aktor lainnya yang bisa menjadi pengganti Keaton. Alec Baldwin sendiri masuk dalam daftar rekomendasi WB untuk hal ini. Bahkan, sebenarnya, Baldwin sendiri menjadi rekomendasi sejak film Tim Burton di tahun 1989.

Sayangnya, saat itu WB lebih memilih Michael Keaton disbanding Baldwin. Dan ketika kesempatan kembali datang, Baldwin menolak tawaran tersebut. Baldwin lebih memilih untuk berperan dalam film The Shadow, yang mana justru filmnya kurang begitu laku di pasaran.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.