Selain Green Lantern, kelompok pahlawan kosmik yang juga tidak kalah berharga demi melindungi galaksi DC Universe adalah Blue Lantern. Mereka adalah kelompok pahlawan yang sering bekerja sama dengan Green Lantern dalam menghadapi ancaman kosmik yang datang. Tapi, mungkin sebagian besar Geeks belum mengenal siapa sebenarnya Blue Lantern tersebut.

Blue Lanterns sendiri adalah salah satu Lantern Corps yang ada di DC Comics. Beberapa karakter mereka bahkan sering kali muncul dalam cerita Green Lantern. Lalu, siapa sebenarnya Blue Lantern? Apa tujuan mereka? Mengapa mereka membuat Blue Lantern? Berikut adalah jawabannya.

Cerita Origin Blue Lantern

Sebenarnya, terbentuknya Blue Lantern Corps ini terjadi secara tidak sengaja. Planet Oa merupakan markas dan rumah bagi para Green Lantern, dan juga para sekutu Lantern lainnya, termasuk sekelompok alien berwarna biru yang menyebut diri mereka sebagai Guardians of the Universe. Para alien berwarna biru ini menduduki berbagai jabatan penting di Green Lantern Corps.

Dua diantaranya adalah Ganthet, dan partner perempuannya, Sayd. Ketika Sinestro Corps War pecah, para alien biru ini juga ikut bertarung bersama para Green Lantern lainnya. Selain saat peristiwa Sinestro Corps War, mereka juga ikut membantu saat peristiwa besar seperti Blackest Night dan War of Light. Tapi, baru setelah peristiwa Sinestro Corps War, mereka mengetahui ada hal yang kurang dalam diri mereka.

Sayd menyadari bahwa kelompok mereka tidak sama seperti Green Lantern atau para Lantern Corps lainnya. Mereka kurang memiliki emosi dan mindset seperti seorang Guardians. Mereka lebih senang untuk menyebarkan perdamaian, daripada harus bertarung melawan musuh. Karena itulah, Sayd dan Ganthet kemudian berusaha untuk mencari “bantuan” berupa harapan.

Sayd dan Ganthet pun kemudian pergi dari planet Oa dan tiba di planet Odym, sebuah planet yang tenang dan nyaman. Disana, mereka berdua mulai membangun cincin mereka sendiri. Berbeda dengan cincin Lantern Corps lainya, cincin dari Blue Latern berisi harapan yang selalu mereka percayai dan selalu mereka perjuangkan.

Yang juga membedakan adalah jika cincin Green Lantern langsung mencari pengguna baru atau pemilik barunya, cincin dari Blue Lantern butuh proses “seleksi”. Pemilik cincin baru harus dipilih langsung oleh Ganthet dan Sayd. Karena itulah mereka berdua kemudian berpetualang ke seluruh penjuru galaksi untuk mencari kandidat yang pas. Tujuan dari Blue Lantern sendiri adalah membawa harapan bagi seluruh galaksi yang ada di DC Universe.

Saint Walker, Blue Lantern Pertama

Sayd dan Ganthet membutuhkan orang yang pas untuk menggunakan cincin yang mereka buat. Dan akhirnya mereka pun bertemu dengan Bro’Dee “Saint” Walker, makhluk yang sangat relijius di seluruh Astonia. Setelah miliaran tahun menyediakan kehangatan dan cahaya bagi planet Astonia, tiba-tiba matahari terdekat dari Astonia padam. Akibatnya tentu sangat berbahaya yang mana bisa mengancam keberlangsungan para penghuni planet tersebut.

Karena tidak ada lagi cara untuk menghentikan hal tersebut, yang mana sebagian penduduk meyakini bahwa mereka akan mati, Walker kemudian melakukan sebuah hal yang memang hanya terpikirkan pada saar situasi berbahaya, yaitu berdoa. Di puncak tertinggi gunung terdekat, Walker berdoa untuk solusi bagi masyarakat atau penduduknya dalam situasi sulit tersebut.

Walker berharap ada seseorang atau apapun yang bisa membantunya memecahkan masalah tersebut dan menyelamatkan planetnya. Walker sendiri menggunakan segala upaya dan cara yang dia bisa untuk menenangkan para penduduk Astonia. Doa Walker kemudian didengar dan dijawab. Sayd dan Ganthet pun pergi menemui Walker dan mereka memberikan Walker cincin biru harapan (blue ring of hope).

Dengan menggunakan cincin tersebut, Walker kemudian bisa membalikan/memutar balikan usia dari matahari milik Astonia tersebut, yang mana akhirnya tidak jadi padam. Tidak diragukan lagi, momen ini menyelamatkan para penghuni Astonia, dan Walker pun secara tidak langsung sudah menjadi Blue Lantern yang pertama.

Cahaya Biru yang Penuh Harapan dan Penyembuhan

Dengan mengandalkan kekuatan harapan, menjadikan Blue lantern Corps adalah Lantern Corps paling beda diantara yang lain dan kelompok pahlawan DC Comics paling beda. Mereka adalah kelompok pahlawan yang penuh dengan ketenangan dan selalu membangkitkan sisi relijiusnya. Seperti yang disebutkan di atas, untuk bisa menerima cincin biru, seseorang harus diberikan langsung oleh Ganthet dan Sayd.

Jika awalnya mereka berdua yang berkeliling galaksi untuk menemukan kandidat yang pas, kini para sosok kandidat pemilik blue Ring akan diundang pergi ke Odym. Di planet tersebut para calon pemilik cincin biru harus mengalami uji coba terlebih dahulu. Setelah beberapa hari mengalami ujian dan juga sudah dianggap layak, maka penggunanya kemudian akan diberikan cincin tesebut, dan sejak saat itu. Blue Lantern Corps pun dimulai.

Selain dari aura yang berwarna biru dan juga kemampuan terbang, kekuatan dari Blue Lantern sendiri memiliki kebergantungan terhadap satu hal, yaitu kedekatan dengan seorang anggota Green Lantern. Dengan konsep bahwa Blue Lantern akan bekerja secara tandem bersama Lantern Corps yang lain dan membantu mereka ketika dalam situasi sulit, kekuatan terbesar Blue Lantern baru akan terasa ketika ada Green Lantern di dekat mereka.

Mampu mengembalikan kekuatan cincin Green Lantern dan hal lainnya, termasuk mengurangi kekuatan dari cincin berwarna kuning jika memang dibutuhkan, pemilik cincin berwarna biru ini juga akan mampu untuk membuka kemampuan lainnya yaitu menyembuhkan dan mengembalikan kemampuan, di level yang sama dengan White Lantern. Karena hal inilah, banyak yang menganggap jika Blue Lantern sebenarnya bukan seorang kelompok pasukan berisi pahlawan, melain kelompok berisi makhluk spiritual yang siap membantu pahlawan lainnya, khususnya Lantern Corps.

Kehancuran Blue Lantern yang Tragis

Pada satu ketika, saat Blackest Night terjadi, Blue Lantern memiliki peran yang sangat penting bersama tim Green Lantern. Contohnya adalah ketika pahlawan seperti The Flash dipanggil ke planet Odym dengan harapan mampu menghancurkan pasukan mayat yang dibangkitkan Black Lanterns. Blue Lantern juga terus menolong tim Green Lantern bertarung melawan Red, Yellow, dan Orange Lantern.

Tapi, setelah mereka dipaksa pindah dari planet yang menjadi rumah mereka pasca pertarungan melawan pasukan the Reach, pasukan Blue  Lantern juga harus mengalami nasib sial lainnya, yaitu Blue Lantern hancur. Hal ini diakibatkan oleh seorang villain bernama Relic, yang mana kemampuannya adalah mampu menghancurkan semua hal yang berkaitan dengan para Lantern corps.

Relic kemudian mengarahkan tujuanya kepada tim Blue Lantern, dan berniat mengalahkan dan menghancurkannya. Relic menguras Blue Central Batteryy, yang menjadi sumber tenaga bagi cincin biru, sehingga mengubah cicin yang dimiliki para pasukan Blue Ring menjadi tidak berguna. Relic kemudian menghancurkan satu persatu anggota dari Blue Lantern, dengan hanya menyisakan Saint Walker.

Ketakutan dan trauma atas apa yang terjadi, Walker kehilangan harapanya, dan bersamaan dengan hal ini, kemampuan Walker untuk bisa menggunakan cincin tersebut pun menghilang. Namun, beruntung Kyle Ryner dan pasukan White Ringnya muncul dan menyelamatkan Walker dan mengembalikan semua kekuatan yang pernah dia miliki.

Saat ini, Walker sendiri sedang melanjutkan misi untuk mencari kandidat baru siapa yang akan menjadi Blue Lantern selanjutnya. Dan Walker sendiri berharap dia bisa segera menemukan pengganti pasukannya, agar harapan di DC Universe bisa kembali menyala, dan selain itu agar mereka bisa kembali mendampingi Green Lantern.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.