Di universe DC, tidak banyak yang memiliki kekuatan dahsyat dan luar biasa seperti yang dimiliki oleh Superman. Sejak awal diperkenalkan, Superman memang sudah memiliki kemampuan yang dahsyat seperti bisa melompati gedung, bergerak lebih cepat dibanding peluru, dan tubuhnya sangat kuat. Tapi, terkadang kekuatan yang terlalu berlebihan dalam diri Superman bisa membawa bencana besar bagi kehidupan, contohnya adalah menghancurkan seluruh sistem tata surya.

Dirilis pada 1961 silam, dalam komik Action Comics #273 yang berjudul “Superman: The World of Mr. Mxyzptik” kita diperlihat bagaimana Superman bertarung melawan villain Mr. Mxyzptik yang berasal dari dimensi kelima. Ini memang bukan pertemuan pertama dari Mr. Mxyzptik dan Superman, dimana pertama kali mereka bertemu dalam Action Comics #80 yang dirilis pada 1944.

Karena berasal dari dimensi kelima, yang mana berada diluar dimensi kita, Mr. Mxyzptik tidak terikat dengan hukum alam yang berlaku di dimensi ketiga. Sehingga jika dia mau, dia bisa memanipulasi seluruh realita yang ada. Meskipun Mr. Mxyzptik memiliki kekuatan seorang dewa, tapi dia tidak pernah membuat itu untuk melakukan sebuah kejahatan serius .

Dia hanya melakukan berbagai lelucon seperti mengubah suara seseorang menjadi suara binatang, atau mungkin yang paling aneh adalah mengubah bulan menjadi keju. Tapi, dia juga pernah mempraktikan leluconannya tersebut kepada Superman dimana dia, sebagai makhluk yang sangat kuat, dibuat lebih kuat lagi.

Dalam Action Comics #273, ketika Superman akan mengunjungi sebuah panti asuhan di kota Metropolis dia mendeteksi adanya meteor yang akan menghantam bumi. Dengan cepat dia pun mencegah agar hal itu tidak terjadi. Superman berhasil menghancurkan meteor tersebut, dan ternyata meteor tersebut hancur menjadi butiran debu. Yang bahayanya adalah debu dari meteor tersebut akan membahayakan penduduk Metropolis.

Akhirnya Superman pun menghisap seluruh debu tersebut demi melindungi masyarakat, tiba-tiba Mr. Mxyzptik muncul dan mengungkapkan semuanya. Jatuhnya meteor tersebut ke bumi merupakan ulahnya, dan debu dari ledakan meteor tersebut bukan debu biasa melainkan debu yang mengandung sihir. Akibat debu meteor tersebut Superman akhirnya melakukan sebuah bersin yang sangat kuat.

Saking kuatnya bahkan seluruh tata surya sampai hancur. Tapi, untungnya seluruh planet yang hancur tersebut bukanlah planet yang berpenghuni. Akhirnya untuk “membalas dendam” atas apa yang dilakukan oleh Mr. Mxyzptik, Superman pergi ke dimensi kelima dan mengalahkan Mr. Mxyzptik dalam leluconnya sendiri. Mr. Mxyzptik yang diceritakan mencalonkan diri sebagai walikota harus kalah oleh Superman.

Terlepas dari berbagai peristiwa aneh yang melibatkan Mr. Mxyzptik, pertempuan dengan entitas tersebut memberikan dampak yang besar bagi kehidupan Superman. Karena pertemuan dengan Mr. Mxyzptik, kita akhirnya tahu bahwa salah satu kelemahan Superman selain Kryptonite adalah sihir.

Avatar
Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.