Pengkhianatan memang merupakan sesuatu yang sangat dibenci oleh semua orang. Bagi sebagian orang, berkhianat adalah sebuah kejahatan besar yang mungkin lebih parah dibandingkan dengan kejahatan lainnya. Begitu pun dalam cerita komik, pengkhianatan bisa berakibat fatal bagi semua elemen dalam cerita, apalagi jika dilakukan oleh sosok atau kelompok penting. Berikut adalah berbagai momen pengkhianatan terbesar dalam sejarah Marvel.

Civil War

Baik di MCU maupun di Marvel Comics, Civil War memiliki peran besar terhadap perubahan cerita. Tapi, untuk MCU sendiri Civil War merupakan sebuah titik balik dari universe tersebut. Dalam cerita ini, para pahlawan Marvel terbagi menjadi dua kubu dalam hal Superhero Registration Act. Kunci dari cerita ini adalah Tony stark. Dalam komiknya, Iron Man memiliki pengaruh besar seperti yang diperlihatkan dalam filmnya, melakukan lobi mengajak pahlawan lainnya untuk mendaftar.

Tapi, hal ini ditentang oleh Captain America yang menurutnya segala aksi kepahlawanan tidak boleh diinterfensi oleh pemerintah manapun. Cap juga takut kalau hal ini disalahgunakan, sehingga para pahlawan Marvel dijadikan sebuah senjata bagi PBB. Disinilah perang besar dimulai. Cap akhirnya membentuk Secret Avengers, yang sengaja dibuat untuk mereka yang masih ingin independen. Perang besar pun akhirnya gak terhindarkan dan kepercayaan yang sudah dibangun bertahun-tahun hilang sekejap.

House of M

Scarlet Witch udah jadi seorang villain, pahlawan, dan kembali menjadi villain. Jadi, mengkhianati rekan satu timnya adalah satu hal yang lumrah baginya. Dia bahkan pernah melakukan trik untuk memanipulasi She-Hulk dan mengalahkan Vision. Yang paling dramatis adalah ketika Wanda harus mengkhianati seluruh keluarganya dan seluruh ras mutan dalam peristiwa ikonik.

Akibat mentalnya yang tidak stabil setelah kehilangan anaknya, dia pun membangun realita sesuai keinginannya. Ketika Wolverine berusaha untuk menghentikan itu semua, Wanda berusaha untuk menghapus seluruh mutan yang ada di bumi. Namun, beruntung hal itu bisa dicegah.

Dark Phoenix

Jean Grey adalah salah satu mutan yang paling kuat dalam cerita Marvel. Jean Grey terkenal karena kemampuan telekinesis dan juga telepatinya. Namun, meskipun kedua kekuatan itu sangat luar biasa ada kekuatan lainnya yang membuat Jean Grey jauh lebih kuat yaitu ketika dia menjadi wadah bagi salah satu kekuatan kosmik terbesar dan tertua, Phoenix Force.

Phoenix Force memang memberikan kekuatan besar bagi seorang Jean Grey, tapi dengan kekuatan besar tersebut Jean sangat sulit untuk mengendalikannya terlepas dari dia memiliki kekuatan telepati dan telekinesis. Yang mengerikan adalah ketika kekuatan Phoenix Force merubahnya menjadi Dark Phoenix, seperti yang diperlihatkan dalam The Dark Phoenix Saga.

Avengers vs X-Men

Dengan hilangnya seluruh mutan, Hope Summers adalah mutan baru pertama yang lahir setelah apa yang dilakukan oleh Wanda Maximoff dalam peristiwa House of M. Hope sudah diincar untuk menjadi wadah baru Phoenix force, menggantikan Jean Grey. Avengers, yang sudah tahu apa yang bakalan terjadi jika Phoenix Force menemukan wadah baru, berusah untuk mencegah hal tersebut.

X-Men pun setuju akan hal itu, mengingat ras mutan pun sedang diambang kehancuran. Tapi, semuanya berubah ketika Cylops justru melakukan hal sebaliknya. Cylops yang memimpin tim X-Men justru membunuh sang professor, dan bertindak mirip seperti Magneto yang membuatnya menjadi salah satu mutan pengkhianat di Marvel.

Hail Hydra

Ini adalah salah satu cerita yang paling kontroversial di Marvel Universe. dalam peristiwa Secret Empire, terungkap kalau Captain America bukanlah sosok yang selama ini dipuja oleh banyak orang dengan menegakan nilai-nilai seorang warga Amerika yang baik. Tapi, dia adalah seorang agen rahasia Hydra yang menyamar. Tapi, tentunya ini tidak sepenuhnya benar.

Captain America tersebut merupakan hasil rekayasa Kobik, sebuah Cosmic Cube yang didapatkan oleh Red Skull. Ketika situasi mulai memanas, beruntung Captain America yang asli datang untuk mengalahkan Captain America ciptaan Red Skull ini. Tentunya gak terbayangkan kalau Steve Rogers benar adalah seorang agen Hydra.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2