Kaido merupakan salah satu dari empat penguasa samudera yang ada di dunia One Piece, dan dia memulai semua karir bajak lautnya dengan menjadi kru biasa di kelompok bajak laut Rocks D. Xebec. Namun, pasca peristiwa besar God Valley, Kaido kemudian membangun kru bajak lautnya sendiri. Dan setelah menghadapi berbagai macam musuh dan bertarung dalam berbagai pertempuran, Kaido akhirnya memiliki popularitasnya sendiri.

Selain dikenal sebagai Yonko, Kaido juga dikenal sebagai makhluk paling kuat di seluruh dunia. Ada banyak orang-orang yang sudah merasakan bagaimana kekuatannya dan juga ketangguhannya. Sebagian besar diantaranya memang berhasil dikalahkan oleh Kaido, namun sebagian lainnya mampu menahan serangan Kaido. Lalu, siapa saja mereka?

Gecko Moria

Gecko Moria merupakan mantan penguasa sebuah wilayah di Thriller Bark, dan merupakan mantan Shichibukai. Sebagai salah satu Shichibukai, memang kekuatannya tidak bisa diremehkan. Tapi, jika harus dibandingkan dengan Shichibukai lainnya, kekuatan Moria sebenarnya tidak terlalu signifikan. Bahkan, bisa dibilang dia merupakan Shichibukai yang paling lemah dibanding yang lain.

Moria sangat jarang terjun langsung ke medan pertempuran untuk bertarung. Dulu, seperti yang diperlihatkan dalam flashback Kozuki Oden, Moria merupakan salah satu bajak laut tangguh dimana dia bisa bertarung melawan Kaido. Tapi, tetap saja untuk bertarung melawan Kaido adalah sebuah hal yang salah. Bajak laut Beasts justru menghancurkan kru Moria. Kekalahan dalam pertarungan di Wano tersebut menjadi titik awal Moriah membentuk bajak laut Thriller Bark.

Kidd dan Killer

Tangan kanan dari Eustass Kidd, Killer, sempat mendapatkan siksaan yang sangat berat dari Kaido. Hal ini terjadi setelah mereka gagal untuk menghancurkan dan mengalahkan Kaido beserta kelompok bajak laut Beast. Kaido memang tidak membunuh Killer dan Kidd pada saat itu, tapi lebih memilih untuk memenjarakan mereka di Udon.

Sebenarnya, sedari awal rencana Kidd adalah untuk bertarung melawan Shanks. Namun, Kidd harus dikhianati oleh Apoo dimana Kidd justru bertemu dengan Kaido. Karena tidak siap, Kidd pun bertarung sebisanya, namun dia gagal karena perbedaan kekuatan yang terlalu jauh. Saat ini, Killer dan Kidd sendiri berusaha membalas dendam kepada Kaido.

Luffy

Berbeda dengan Kidd, Luffy memang sudah sejak awal berencana menghabisi Kaido dan menghancurkan kelompoknya. Hal ini terjadi setelah kaido menyerang kelompok Topi Jerami dan bahkan melukai Tama. Luffy yang emosi pun tidak pikir panjang untuk menantang Kaido bertarung, dan hasilnya bisa ditebak, Luffy kalah.

Meskipun Luffy sempat memberikan semua usahanya, sayangnya hal itu masih belum cukup untuk mengalahkan Kaido. Yang mengenaskan adalah Luffy bahkan mampu dikalahkan hanya dalam satu serangan. Setelah berlatih selama beberapa waktu di penjara Udon bersama Hyogoro, Luffy berencana membalas kekalahannya.

Ashura Doji

Ashura Doji merupakan salah satu anggota terkuat dari anggota Red Scabbards. Sebelum Ashura Doji menjadi pelayan dari Kozuki Oden, dia adalah pemimpin para bandit di wilayah Kuri. Sampai kemudian Oden menguasai wilayah tersebut dan mengalahkan Ashura Doji. Ketika Oden meninggal, dia menggunakan nama samaran Shutenmaru untuk menghindari kecurigaan.

Ashura Doji pernah bertarung melawan Kaido di masa lalu, namun sayang dia kalah dalam pertarungannya. Meskipun kalah, Kaido mengakui kemampuannya, dan bahkan sempat ingin merekrutnya, namun tentunya hal tersebut ditolak. Sekarang, Ashura Doji sendiri mengaku bahwa dia sudah jauh lebih kuat dibandingkan 20 tahun lalu.

Bajak Laut Roger dan Angkatan Laut

Insiden God Valley adalah salah satu peristiwa bersejarah bagi angkatan laut. Bertempat di sebuah pulau yang bernama God Valley, 38 tahun sebelum saat ini, terjadilah perang besar antara Roger yang beraliansi dengan angkatan laut, melawan Rocks D. Xebec. Bajak laut Rocks merupakan kru yang legendaris dan dianggap sebagai kru bajak laut paling berbahaya dan paling kuat saat itu.

Ada banyak nama-nama familiar yang menjadi bawahannya, seperti Big Mom, Whitebeard, Shiki, dan Kaido. Pertempurannya sendiri dimenangkan oleh aliansi angatan laut dan bajak laut Roger. Akhirnya bajak laut Rocks pun dibubarkan. Meskipun tidak diketahui apakah Kaido dan para kru lainnya ikut membantu dalam pertarungan tersebut, tapi ada kemungkinan jika Kaido ikut terlibat dalam peristiwa itu.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2