Dalam cerita One Piece, kita mengenal istilah kekuatan tekad/semangat yang biasa juga disebut sebagai Haki. Haki adalah salah satu kemampuan lainnya yang dimiliki oleh banyak karakter di ceritanya. Haki sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, pertama adalah Armament Haki atau Haki Warna Persenjataan, Observation Haki atau Haki Pengamatan, dan terakhir adalah Conqueror Haki atau Haki Penguasa.

Haki merupakan salah satu sumber kekuatan selain buah iblis, yang menjadi elemen menarik dalam cerita One Piece. Haki bisa diaktifkan dengan menggunakan emosi dari seseorang, yang kemudian membuat orang tersebut akhirnya mendapatkan atau memiliki kekuatan yang sebelumnya tidak mereka miliki.

Hal inilah yang kemudian menjelaskan bagaimana Luffy mampu mengalahkan orang-orang yang mungkin seharusnya tidak bisa dia kalahkan. Kekuatan yang dia miliki dialirkan melalui emosi dalam dirinya yang kemudian dimunculkan dalam bentuk kekuatan tekad, itulah yang dimaksud dengan Haki. Menurut salah satu teori yang berkembang di kalangan fans, kekuatan Haki sendiri memiliki keterkaitan dengan buah iblis dan juga klan D, serta kerajaan kuno.

Semua orang mungkin mengetahui bahwa kekuatan Haki dimiliki oleh para makhluk hidup, sepert manusia. Namun, yang masih belum banyak orang-orang ketahui adalah selain makhluk hidup, benda mati pun memiliki kekuatan Haki. Inilah yang kemudian bisa menjelaskan mengapa Roger mampu “mendengar” Poneglyphs atau ketika Zoro mendengar batu yang jatuh di Alabasta.

Buah iblis sendiri bekerja dengan berdasarkan kekuatan Haki dari sebuah benda mati, yang kemudian disatukan dengan kekuatan Haki dari sang pengguna, dengan menciptakan sebuah tekad atau semangat. Ada salah satu teori lama yang mencoba menjelaskan tentang berkaitan dengan klan D.

Dalam teori tersebut disebutkan bahwa ada kaitannya huruf “D” dari klan D dengan senyuman (dalam emoji :D). Hal ini juga didukung dengan petunjuk bahwa semua orang dengan nama D mati dalam keadaan tersenyum. Bahkan Luffy, yang saat itu hendak akan dieksekusi mati di Logutown pun “tewas” dalam keadaan tersenyum, seakan dia tidak menyesali apa yang sudah dia lakukan.

Ada sesuatu yang misterius tentang buah iblis yang berkaitan dengan energi emosional seseorang, dan emosi positif, dan seluruh klan D tahu akan hal ini sehingga membuat mereka mampu berinteraksi dengan alam. Konsep ini kemudian didukung oleh kisah Joy Boy dan Laugh Tale. Dan fakta bahwa Roger hampir selalu terlihat tersenyum, karena adanya buah iblis sintetis atau buatan bernama SMILEs, dan efek buah iblis tersebut yang membuat pemakannya untuk terus tersenyum dan tidak memiliki ekspresi lain, menunjukan bahwa klan D memang selalu berkaitan dengan energi positif.

Untuk saat ini, para fans memang hanya bisa berspekulasi dan berteori. Namun, mudah-mudahan saja sebelum cerita One Piece selesai, kita bisa mengetahui tentang adanya koneksi dari ketiga hal tersebut. Pada intinya, klan D adalah kelompok yang berpengaruh di dunia. Tapi, sebesar apa pengaruhnya masih harus kita nantikan. Kita tunggu saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!