Kekuatan Fisik

Gear Empat adalah salah satu form terkuat yang dimiliki oleh Luffy dilihat dari segi fisik, dimana Gear Empat mampu membuat Luffy cukup kuat untuk bisa bertarung dengan berbagai karakter yang sangat dahsyat di dunia One Piece. Ketika digunakan Luffy untuk menghadapi Doflamingo, Doffy tidak bisa berbuat banyak untuk bisa menghentikan serangan Luffy tersebut yang mana akhirnya dia pun terhempas sangat jauh.

Bahkan, seseorang yang sangat kuat seperti Katakuri pun tidak mampu menahan serangan dari form Gear Empat Luffy, terlepas dari Katakuri yang memiliki kemampuan Armament Haki tingkat tinggi. Bukti lainnya dari kemampuan Gear Empat adalah kekuatan ini mampu meenghempaskan Kaido dengan serangan Kong Organ, saat keduanya bertarung. Meskipun Kaido sama sekali tidak terluka akibat serangan Luffy ini, setidaknya ini menjadi bukti bahwa Gear Empat Luffy memang sangat kuat sampai bisa menghempaskan Kaido.

Rokushiki

Rokushiki adalah kekuatan yang hanya dimiliki oleh beberapa karakter saja di dunia One Piece. Pertama kali diperkenalkan oleh CP-9 dalam Water 7 Saga, kekuatan ini masih relevan dengan ceritanya dan sebenarnya memiliki beberapa pengguna di kelompok Topi Jerami, termasuk Luffy. sama seperti Gear Kedua, Gear Empat membuat Luffy untuk bisa bergerak dengan cepat.

Kecepatan Luffy ini hampir mirip seperti teleportasi atau kemampuan Hiraishin milik Minato dalam cerita Naruto. Dalam cerita One Piece, kecepatan ini mirip dengan Soru seperti yang dipraktikan oleh Coby dulu. Selain itu, Luffy juga memiliki kekuatan untuk menggunakan Geppo, dimana teknik ini membuatnya untuk bisa menendang, bertarung, dan terbang dengan memanfaatkan elastisitas yang dia miliki.

Kelemahannya

Gear 4 memberikan Luffy kekuatan dan kecepatan yang sangat luar biasa, berkat kompresi atau tekanan dari buah iblis yang dia miliki. Sayangnya, ada kelemehan dari kemampuyan tersebut, terutama ketika Luffy sedang menggunakan form Boundman. Jarak jangkauan Luffy menjadi menurun karena pusat serangannya lebih kepada kekuatan ototnya dibandingkan kelenturan.

Tapi, Luffy tentunya memiliki jawaban dari masalah tersebut dengan form lainnya di gear 4 yaitu Snakeman. Dengan menggunakan form tersebut, Luffy mampu menutupi kekurangan dari form Boundman. Namun, tentu saja Snakeman juga memiliki kelemahan yaitu kekuatan yang tidak sebesar formasi Boundman.

Kekuatan (Hampir) Tanpa Batas

Kekuatan dari Gear Empat bergantung kepada seberapa banyak udara yang Luffy tiupkan ke otot-ototnya. Ketika menggunakan Gear Empat, dia bisa meniup lebih besar lagi tubuhnya untuk bisa melakukan serangan yang lebih kuat, contohnya adalah King Kong Gun. Tapi, tentunya serangan tersebut bukanlah Batasan bagi kekuatan dahsyat di form Gear Empat.

Dalam film One Piece: Stampede, Luffy bahkan mampu untuk menggunakan form Bounceman dengan lebih dahsyat lagi, yang bahkan sampai-sampai hal itu membentuk sebuah form baru dimana dia bisa menggunakan power dengan lebih besar, seperti King King Kong Gun.

Guardian Deity

Penampilan dari Gear Empat Luffy diadaptasi dari sosok Guardian Deity, sosok dewa penjaga dalam ajaran agama Buddha. Hal ini dikonfirmasi oleh Eiichiro Oda dalam kolom SBS Vol. 79 dan kemudian kembali dikonfirmasi oleh Hyogoro dalam chapter 990. Menurut Hyogoro, Luffy memiliki kemiripan dengan sosok Myoo ketika dia menggunakan Gear Empat, dan sosok tersebut adalah sosok yang pas untuk mengalahkan Kaido.

Bagi penduduk Wano, mereka melihat Luffy sebagai sosok dewa penjaga yang akan menyelamatkan mereka dari kekacauan dan kemalangan yang mereka alami selama 20 tahun. Di akhir arc nanti mungkin kita akan melihat bagaimana Luffy benar-benar berubah menjadi sosok dewa penjaga Wano dengan mengembalikan kedamaian yang ada.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.