Monkey D. Luffy adalah pengguna buah iblis Paramecia, yaitu Gomu Gomu no Mi, yang mana kekuatannya adalah mampu merubah wujud si penggunanya menjadi elastis seperti karet. Meskipun secara kasat mata nampaknya buah iblis karet ini terlihat biasa saja, atau tidak ada yang spesial, tapi Luffy berhasil menemukan bagaimana caranya untuk memaksimalkan potensi buah iblis miliknya.

Cara yang paling sering Luffy gunakan dalam meningkatkan kemampuan tersebut adalah mengaktifkan mode “Gears”, yang membuatnya bisa bertarung dengan menggunakan seluruh kemampuannya. Saat ini, Gear Fourth atau Gear Empat menjadi Gear terkuat Luffy. Dan bahkan Gear ini sudah pernah digunakan untuk mengalahkan Doflamingi di arc Dressrosa. Berikut adalah berbagai fakta menarik tentang Gear 4 ini.

Memiliki Soundtrack Sendiri

Luffy mungkin sudah memiliki berbagai form dari tiga gear sebelumnya di series One Piece, namun form yang ada di gear 4 menjadi satu-satunya gear yang memiliki sountrack orisinalnya sendiri yang dikerjakan oleh tim kreatif yang mengerjakan animenya. Nama lagunya sendiri menggambarkan dari form tersebut yaitu ‘Gear Fourth’. Lagu tersebut juga menjadi bagian dari One Piece New World Original Soundtrack.

Sedikit perbedaan versi dari temanya juga ditampilkan ketika Luffy mengakses form Snakeman, saat Luffy bertarung melawan Charlotte katakuri di akhir arc Whole Cake Island. Bisa dibilang bahwa kedua soundtrack original gear 4 tersebut benar-benar sangat luar biasa bagus.

Sistem Kerjanya

Setiap gear yang Luffy lakukan dalam sebuah pertarungan terlihat memiliki peran signifikan dari kekuatan buah Gomu Gomu. Untuk gear 4 sendiri, Luffy benar-benar bergantung pada kekuatan elastisitas dan juga tekanan dari buah Gomu Gomu. Setelah meniupkan angin yang dialirkan ke ototnya, Luffy kemudian memadukan kemampuan buah iblisnya dengan menggunakan Armament Haki yang dahsyat.

Hal tersebut memberikan Luffy efek lainnya yaitu tingkat elastisitas yang sangat tinggi dan juga memberikannya kecepatan yang lebih tinggi, lebih gesit, dan juga kekuatan yang lebih besar. Menurut Rayleigh, hal itu meruapakan cara cerdas untuk digunakan melawan musuh. Dengan memadukan kedua kemampuan Luffy ini, bisa dibilang Luffy berubah menjadi bola karet yang sangat kuat.

Sumber Kekuatannya

Setiap Gear form yang dilakukan oleh Luffy bersumber dari penggunaan elastisitas karet yang ada di tubuhnya. Dalam hal Gear kedua, tubuh karet Luffy akan membuatnya untuk memompa darahnya secara lebih cepat. Dan karena dia adalah karet, dia bisa selamat dari peningkatan tekanan darah tersebut tanpa banyak kendala. Gear ketiga bekerja dengan cara meniupkan tulangnya, sehingga berukuran sangat besar.

Dan kembali, sama seperti Gear kedua, Luffy tidak memiliki kendala apapun ketika melakukannya – kecuali efek sampingnya dia berubah menjadi kecil, tapi hal ini terjadi sebelum timeskip. Gear empat memiliki cara kerja yang berbeda, dimana form ini tidak mengandalkan kemampuan melebar (stretch) dari tubuh Luffy. Sebaliknya, form ini mengandalkan kompresi dan elastisitas tubuhnya. Haki sengaja digunakan untuk menekan bagian tubuhnya dan dengan jumlah tekanan yang dahsyat tersebut, akan menghasilkan damage yang luar biasa.

Perbedaan Tipe Haki

Dalam ceritanya One Piece diketahui ternyata ada beberapa sub-tipe dari Armament Haki, dan salah satu jenis Haki yang digunakan oleh Luffy yang digabungkan dengan Gear empat miliknya sangat berbeda dengan Haki pada umumnya. Jika dengan menggunakan Haki biasa tubuh Luffy akan dilapisi oleh semacam armor, Haki di Gear empat membuat Luffy bisa menjaga bentuk karetnya.

Perbedaan ini digambarkan oleh Hakinya sendiri dengan memunculkan pola tribal. Katakuri, yang menggunakan Zangiri Mochi, juga menunjukan pola Haki yang sama. Dan hal ini juga terjadi kepada Big Mom ketika dia berhasil mengalahkahkan Luffy dengan mudah.

Berbagai Form Gear Empat

Berbeda dengan gear lainnya yang dimiliki Luffy, gear 4 memiliki beberapa bentuk  yang bisa digunakan dalam berbagai form. Contohnya ketika Luffy bertarung melawan Donquixote Doflamingo, Luffy memperlihatkan salah satu form dari gear 4 yaitu Boundman. Pada awalnya, para fans percaya bahwa Boundman merupakan satu-satunya hal yang bisa dilakukan oleh gear 4.

Namun, hal tersebut kemudian terbukti salah ketika Luffy menggunakan form lainnya ketika menggunakan gear 4 yaitu Tankman ketika dia bertarung menggunakan Charlotte Cracker. Ketika Luffy bertarung melawan Charlotte Katakuri, Luffy menggunakan form baru lainnya dari gear 4 yaitu Snakeman.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2