Sejak pertama kali karakter Han Lue bergabung di franchise Fast & Furious pada 2006 lalu, karakter Han langsung mendapatkan perhatian dari penggemar franchise ini. Dia bahkan menjadi salah satu karakter favorit para fans selain Dominick Toretto dan juga Brian O’Connor. Han sendiri diceritakan tewas dalam film Fast & Furious 6, namun dia akan kembali di film F9.

Jauh sebelum Hobbs and Shaw, sebenarnya franchise Fast & Furious sudah memiliki spinoff melalui film Tokyo Drift. Dalam filmnya, kita melihat bagaimana petualangan Han di negaranya sendiri. Dia menjadi mentor bagi sosok Sean Boswell, remaja yang pindah dari Amerika ke Jepang. Han juga menjadi orang yang melatihnya untuk mahir dalam melakukan drift.

Meskipun Han selalu melakukan hal-hal berbahaya, seperti mencuri dari Yakuza, Han memiliki sifat baik yaitu selalu rela mengorbankan nyawanya bagi orang lain. Bagi para pembalap di Tokyo, Han sudah seperti kakak mereka sendiri. Tapi, sebenarnya, konsep karakter Han berbeda pada awalnya dengan apa yang kita ketahui sekarang.

Dalam sebuah wawancara dengan Mandatory pada 2013 lalu, Han sendiri sebenarnya bukanlah sosok karakter berwajah Asia, melainkan Afrika-Amerika dan memiliki nama samarana “Phoenix”.  Sun Kang (pemeran Han) menjelaskan bahwa Bow Wow kemudian ditunjuk untuk berperan sebagai Twinkie, dan hal ini memberikan Justin Lin ide untuk merubah karakter Han. Pada awalnya Universal sendiri tidak yakin dengan ide Lin, karena dianggap tidak meyakinkan.

Better Luck Tomorrow Mengubah Opini Universal Studios

Demi mengubah pandangan para eksekutif di Universal, Lin kemudian memutarkan film Better Luck Tomorrow. Film ini disutradarai oleh Lin pada 2002 lalu, dan juga dibintangi oleh Kang. Dia berperan sebagai salah satu anak muda yang ingin mencoba melakukan berbagai tindakan kriminal kecil karena mereka sudah bosan dengan rutinitas yang harus dilakukan setiap hari.

Dan ternyata film tersebut akhirnya berhasil mengubah opini para petinggi Universal, dan akhirnya karakter Han pun muncul dalam franchise Fast & Furious. Better Luck Tomorrow pun kemudian secara tidak langsung menjadi cerita origin dari Han sebelum kemudian dia bergabung dengan tim Dom. Sampai sejauh ini, Sun Kang sendiri sudah muncul di empat film Fast & Furious.

Meskipun masih belum diketahui bagaimana Han bisa kembali setelah kematiannya akibat Deckard Shaw, kembalinya Justin Lin ke kursi sutradara membuat semuanya terasa pas. Dialah yang berhasil memperjuangkan karakter Han, dan bahkan memiliki “film solonya” sendiri di franchise ini. Jika saja pada saat itu film Better Luck Tomorrow tidak mampu menggugah para petinggi Universal, mungkin kita hanya akan melihat sosok karakter sampingan bernama Phoenix, yang tidak memiliki peran atau pengaruh apapun.