Selain cerita yang menarik, Avengers: Endgame juga menjadi cerita yang sangat menyedihkan bagi para fans Marvel dan MCU. Bagaimana tidak, film ini menghadirkan cerita dimana Tony Stark mengorbankan nyawanya untuk melakukan decimation terakhir, demi mengalahkan Thanos. Sayangnya, dengan kekuatan kosmik yang terlalu dahsyat, Tony Stark harus tewas dalam prosesnya.

Kematian Tony Stark benar-benar menjadi sebuah kehilangan besar bagi para fans, bahkan kabarnya ada sekelompok penggemar yang membuat sebuah petisi untuk menghadirkan kembali Tony Stark ke MCU. Meskipun belum ada konfirmasi, dunia buku komik tidak mengenal kata tidak mungkin. Artinya MCU bisa saja menghadirkan kembali Tony Stark di film selanjutnya. Bagaimana caranya?

Kecerdasan Buatan

Salah satu skenario yang banyak dispekulasikan oleh para fans adalah melihat Tony Stark dengan cara bantuan teknologi kecerdasan buatan. Mungkin, akan ada orang yang kemudian membuat program kecerdasan buatan seperti JARVIS atau FRIDAY, namun kali ini yang menjadi kecerdasan buatannya adalah Tony Stark. Mungkin namanya adalah TONY atau STARK.

Tony Stark Hidup Lagi? Ini Cara Iron Man Balik Lagi ke MCU! | Jalantikus.com | LINE TODAYSosok yang paling memungkinkan untuk membuat program kecerdasan buatan ini adalah Riri Williams. Dalam komiknya, Riri adalah sosok wanita jenius yang dilatih oleh Tony Stark. Dia adalah sosok yang ada dibalik armor Iron Heart. Dengan kecerdasannya, Riri bisa saja membuat program ini untuk dia gunakan sendiri. Lagipula, Riri adalah pengagum berat sosok Tony Stark. Teknologi ini juga pernah diperllihatkan di akhir film Endgame, dimana sebuah tayangan sebelum Tony Tewas direkam dan ditonton di depan Morgan Stark dan Pepper Potts.

Realita Alternatif

Skenario lainnya yang dirasa masuk akal dan juga menjadi salah satu skenario yang populer di kalangan para fans adalah realita alternatif. Seperti yang kita ketahui, MCU sekarang sedang getol mengeksplor multiverse dan realita alternatif, yang mana hal ini memungkinkan Marvel Studios untuk menampilkan Tony Stark yang berasal dari realita/universe lain.

The Complex History of Comic Tony Stark and the MCU | The Mary Sue“Permainan” realita alternatif ini sudah diperlihatkan juga di film Endgame, tepatnya di akhir filmnya. Kita melihat Steve Rogers yang tidak kembali setelah dia mengembalikan semua Infinity Stones. Tapi, sosok Steve tua muncul di dekat mereka. Yang berbeda adalah Steve yang muncul sudah sangat tua. Hal ini memunculkan teori bahwa adanya dua Steve berbeda di MCU ini.

Dibangkitkan Sementara

Mungkin diantara yang lain, skenario ini yang paling buruk dimana sosok Tony Stark memang berhasil muncul kembali, tapi hanya sementara. Contohnya dalam cerita  Chaos War: Dead Avengers #3, dimana Grim Reaper berhasil membunuh hampir semua Avengers seperti Vision, Doctor Druid, dan Captain Marvel. Tapi, Vision kemudian berhasil bangkit kembali.

What happened on set during Iron Man's death in Avengers: Endgame | EW.comVision kemudian kembali tewas setelah dia berhasil mengalahkan Grim Reaper. Namun, ada satu masalah besar jika Marvel mau menggunakan skenario ini. Masalahnya adalah Marvel belum pernah menggunakan konsep ini selama satu dekade terakhir. Jika berbicara mengenai komik, bangkit dari kematian adalah hall umrah. Tapi, dalam cerita di layar lebar? Hal ini akan menjadi petaruhan besar bagi MCU.

Kebangkitan Dengan Syarat

Kembali, dalam cerita komik hal ini pernah terjadi. Dalam Fantastic Four #587, Johnny Storm mencoba menghadang serangan alien yang masuk ke Baxter Building sendirian. Meskipun Johnny awalnya berhasil melakukan hal tersebut, dan mengembalikan mereka ke Negative Zone, pada akhirnya Johnny diperlihatkan tewas karena serangan ini terlalu banyak dan terlalu kuat.

Did Tony Stark Predict The MCU's Next Big Bad Villain In 'Avengers: Endgame'?Uniknya, dalam Fantastic Four #600, kemudian Johnny dibangkitkan kembali oleh para makhluk Negative Zone tersebut dengan tujuan untuk disiksa. Namun, pasca Johnny berhasil mengalahkan Annihilus, dia pun kemudian berhasil kembali ke dunia nyata. Negative Zone memang belum diperkenalkan di MCU, tapi para fans meyakini bahwa Dunia Quantum sebenarnya adalah Negative Zone. Pada sat itu, MCU belum bisa menggunakan nama Negative Zone karena hak ciptanya dipegang Fox.

Tranfusi Darah

Buat fans casual Marvel, mungkin akan skeptis mendengar skenario ini. Bagaimana mungkin sebuah proses transfusi darah bisa membangkitkan kembali mereka yang sudah mati? Namun, buat Geeks yang memang fans Marvel, khususnya Marvel Series, pasti sudah paham maksudnya. Dalam film The Avengers, salah satu agen SHIELD, Phil Coulson, harus tewas setelah dibunuh oleh Loki.

Review Avengers Endgame : Epilog yang Epic dan MemorableYang tidak banyak orang tahu, sebenarnya pasca kejadian tersebut Coulson berhasil dibangkitkan kembali berkat Level 9 program SHIELD yang bernama TAHITI, seperti dalam series Agent of SHIELD. Program ini sengaja dibuat oleh Nick Fury, dengan tujuan untuk membangkitkan kembali para Avengers yang terluka dan mati. Dengan menggunakan cairan kimia yang ada di tubuh alien Kree, Coulson berhasil kembali hidup.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.