Rasanya tidak perlu diragukan lagi bahwa Dracule Mihawk adalah salah satu bajak laut terkuat dalam seri One Piece saat ini. Meskipun Mihawk tidak memiliki kemampuan buah iblis, tapi kemampuan berpedangnya sangatlah dahsyat. Tidak ada yang bisa menandingi kemampuan berpedang dari Mihawk. Selain itu, dia juga sangat handal dalam sebuah pertarungan.

Mungkin Geeks semua sudah tahu bahwa Mihawk dulunya adalah rival terkuat dari Shanks, salah satu Yonko yang berkuasa di New World. Kabar mengatakan bahwa setiap kali mereka berdua bertarung, seluruh Grand Line akan terguncang. Whitebeard sendiri mengakui bahwa pertarungan antara Shanks dan Mihawk sangat legendaris dan menakjubkan. Mihawk juga sering kali mencari keberadaan Shanks untuk menantangnya bertarung.

Dengan kemampuan berpedangnya yang sangat luar biasa, Mihawk saat ini menyandang gelar ahli pedang terkuat di dunia. Tidak ada ahli pedang lain yang bisa menandingi kehebatan Mihawk, untuk saat ini. Hal inilah yang kemudian membuat Mihawk diasumsikan memiliki kemampuan yang setara dengan Shanks. Mihawk berpetualang mengelilingi dunia, bertarung melawan semua ahli pedang terkuat yang bisa dia temukan, sampai tidak ada lagi yang tersisa.

Kokuto Yoru (Dracule Mihawk Sword) - Anime Corner

Rintangan terakhir yang harus dihadapi oleh Mihawk adalah seorang ahli pedang dengan level Yonko, Shanks. Namun, setelah Shanks kehilangan tangan kirinya, Mihawk pun kemudian enggan untuk menantang kembali Shanks. Yang mana hal ini membuat Mihawk yang menduduki posisi ahli pedang terkuat di dunia. Meskipun kekuatannya setara seorang Yonko, sayangnya dia tidak bisa menjadi Yonko.

Ada dua alasan utama mengapa Mihawk tidak bisa menjadi Yonko. Pertama, Mihawk tinggal di Thriller Bark dan bukan di wilayah New World. Dan selama dia tinggal di Thriller Bark (bahkan jauh sebelum tinggal di Thriller Bark), Mihawk selalu sendiri. Dia tidak memiliki armada atau pasukan atau kru. Satu-satunya orang yang selalu dia andalkan adalah Perona, mantan anak buah dari Moriah.

Alasan kedua adalah Mihawk tidak memiliki teritori atau wilayah kekuasaan. Selain pasukan atau kru, salah satu syarat utama untuk bisa menjadi Yonko adalah memiliki wilayah kekuasaan. Seperti yang disebutkan di atas, Mihawk hanya tinggal sendiri di Thriller Bark bersama Perona. Mihawk bukanlah tipe bajak laut yang senang memiliki wilayah kekuasaan. Satu-satunya yang dia inginkan adalah bertarung dan bertarung.

Menurut One Piece Vivre Card Databook, sampai saat ini, Mihawk masih menunggu seseorang yang lebih kuat dan lebih hebat dari Shanks untuk muncul. Pernyataan ini dirasa sangat penting, karena bisa sedikit banyaknya menakar kemampuan Mihawk. Jika Mihawk lebih lemah dari Shanks, maka Mihawk akan menunggu sosok yang levelnya sama dengan Shanks dan Mihawk tidak akan mencari seseorang yang lebih kuat dari Shanks.

Kesimpulannya, informasi ini memang mengkonfirmasi bahwa Mihawk memang berada di level para Yonko. Informasi ini juga mensugestikan bahwa kekuatan Mihawk setara dengan Shanks. Dan ada kemungkinan jika suatu hari nanti, Zoro akan mampu melampaui Shanks dan kemudian mengalahkan Mihawk.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.