Marvel Universe memang memiliki banyak AI (artificial intelligence) yang hebat. Dari mulai AI yang dapat mengoperasikan armor Iron Man, hingga superkomputer ISAAC yang menjalankan hampir semua hal di planet asal Thanos, Titan. Tapi dari semua AI di Marvel Universe, manakah yang paling kuat?

Dari semua AI di Marvel Universe, Ultron merupakan salah satu AI paling tangguh. Ultron dibuat oleh Hank Pym dalam versi komik. Dengan cepat, Ultron dapat berevolusi dan memberontak terhadap penciptanya, sampai-sampai, Ultron menjadi musuh terbesar Avengers. Ultron biasanya menggunakan tubuh robot humanoid yang memiliki kekuatan super, kecepatan, daya tahan, kemampuan terbang, dan proyeksi energi. Ultron juga dapat membuat dan mengontrol robot lain menggunakan sesuatu yang disebut Hive-Mind. Dengan Hive-Mind, Ultron dapat membuat pasukan Ultron. Dalam Avengers Vol. 3 #19, Ultron menggunakan pasukannya untuk meratakan seluruh kota.

Dalam seri komik Avengers: Rage of Ultron, Ultron secara singkat mengambil alih sistem ISAAC Titan, yang membuktikan bahwa Ultron dapat mengambil alih teknologi alien yang paling canggih. Selain itu, Ultron terus meningkatkan kecerdasan dirinya sendiri, yang menjadikannya sebagai AI yang cukup cerdas.

Bahkan Ultron juga berhasil menciptakan AI baru yaitu Vision, seperti yang terlihat dalam film Avengers: Age of Ultron. Vision diciptakan oleh Ultron untuk membalaskan dendam terhadap Avengers. Tetapi sama seperti Ultron, saat Vision hidup, Vision malah melawan sang penciptanya. Dengan kekuatan yang dimiliki Vision, Vision terbukti berperan penting dalam membantu Avengers mengalahkan Ultron. Tak lama setelah mengalahkan Ultron, Vision pun terlibat hubungan percintaan dengan Scarlet Witch. Keduanya diceritakan menikah dalam komik Giant-Size Avengers #4. Bahkan mereka diceritakan memiliki anak bersama. Vision jelas merupakan AI dari Marvel yang paling “manusiawi”.

Karena Vision “dibantu” Avengers dalam mengalahkan Ultron, dan mengingat fakta bahwa Vision diciptakan Ultron, maka dapat dikatakan jika Ultron lebih ungul dari Vision. Namun walau begitu, Ultron dan Vision adalah salah satu AI paling canggih di Bumi, tetapi manusia bukan satu-satunya ras yang menciptakan AI di alam semesta Marvel.

Ras alien yang dikenal sebagai Kree juga memiliki AI yang disebut dengan Supreme Intelligence, yang terbuat dari otak Kree paling pintar dalam sejarah. Karena Supreme Intelligence (juga dikenal sebagai Supremor) terus mengasimilasi pikiran Kree, akhirnya ia dapat mengembangkan kesadarannya sendiri, sehingga ia menjadi sangat cerdas dan menggantikan pemerintahan Kree. Dengan arahan dari Supreme Intelligence, bangsa Kree menjadi sangat maju, terutama saat Supreme Intelligence menggunakan Forever Crystal untuk mengembangkan Kree menjadi ras baru yang disebut Ruul dalam seri Avengers Forever.

Dengan kecerdasan tak terbatas, serta kekuatan psikis seperti telepati dan telekinesis, Supreme Intelligence akan sangat sulit dikalahkan. Dari ketiga AI yang disebutkan diatas, masing-masing memiliki kelebihannya sendiri. Dalam hal pengetahuan, Supreme Intelligence menjadi yang terpintar karena satu-satunya tujuannya adalah mengumpulkan informasi untuk kemajuan Kree. Namun, Vision adalah AI yang paling mirip dengan makhluk hidup yang sebenarnya. Sementara itu Ultron sepertinya menjadi yang terbaik diantara mereka semua karena Ultron memiliki kemampuan untuk berkembang (menjadi banyak), dan juga pintar.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/