Pasca latihan selama dua tahun di pulau Rusakaina, Luffy benar-benar mengalami peningkatan yang sangat signifikan terutama dalam hal kekuatannya. Berkat latihan Bersama Rayleigh, Luffy kini mampu untuk menguasai ketiga Hakinya dengan sangat luar biasa. Luffy bahkan mampu mengendalikan ketiga Hakinya seperti halnya sosok Rayleigh. Tapi, selain kemampuan Haki, Luffy juga memiliki peningkatan dalam segi kemampuan bertarung.

Luffy kini memiliki Gear baru, setelah selama ini dia memanfaatkan tiga Gear yang selalu menjadi andalannya, yaitu Gear 4. Gear 4 terbukti mampu menghadapi berbagai musuh-musuh kuat yang sulit dikalahkan oleh tiga Gear andalannya. Bisa dibilang, Gear 4 adalah Gear terkuat Luffy saat ini. Sebelum pertarungan di Onigashima, Luffy tidak pernah menggunakan Gear 4 dengan mudah.

Luffy selalu menggunakan Gear 4 miliknya sebagai usaha terakhir, yang sengaja dia simpan untuk skenario terburuk dalam pertarungan yang dia alami. Gear 4 hanya akan dia gunakan setelah  ketiga Gear sebelumnya dianggap tidak mampu untuk mengatasi musuhnya. Namun, kini ada hal yang berbeda di babak ketiga arc Wanokuni dalam pertempuran puncak di Onigashima.
Setelah berlatih keras di penjara Udon Bersama Hyogoro, Luffy kini mulai menggunakan Gear 4 dengan lebih santai, tanpa harus memikirkan bahwa Gear 4 digunakan sebagai usaha terakhir. Hal ini benar-benar sangat berbeda dibandingkan dengan Gear 4 sebelum Luffy berlatih di penjara Udon. Dalam praktiknya saat ini, Luffy menggunakan Gear 4 untuk mengalahkan musuh yang sebenarnya bisa saja dikalahkan oleh kekuatan dari Gear 3.

Dengan melihat semua ini, ada kemungkinan bahwa Oda Sensei mencoba untuk menyampaikan sebuah fakta bahwa Luffy sekarang sudah “menguasai” Gear 4 miliknya. Jika di awal Gear 4 sangat menguras tenaganya, sehingga tidak bisa digunakan sembarangan dan hanya digunakan dalam keadaan terdesak, sekarang Luffy sudah bisa menggunakannya kapanpun tanpa perlu khawatir kelelahan.

Jika dilihat dari dua chapter terakhir, bisa dilihat bahwa Gear 4 Luffy sekarang seolah-olah sudah seperti Gear 2/3. Kita juga bahkan melihat Luffy menggunakan Haki Observasi untuk melihat ke masa depan, setelah dia menggunakan Gear 4 pada chapter 991. Hal ini seolah menunjukan bahwa Luffy sekarang tidak harus berhadapan dengan masalah stamina lagi setelah dia menggunakan Gear 4.

Peristiwa ini sebenarnya sama ketika Luffy berhasil menguasai Gear 3 miliknya. Pada awalnya, setelah mengakses Gear 3 ini tubuh Luffy akan menciut seperti anak kecil. Butuh waktu beberapa lama sebelum kemudian tubuhnya kembali ke ukuran normal. Dan setelah sekian lama harus mengalami hal tersebut,di arc Sabaody kita melihat bagaimana Luffy kemudian bisa menggunakan Gear 3 tanpa kelelahan dan tanpa harus tubuhnya menciut.

Dengan melihat pencapaian ini, ada sebuah prediksi yang muncul. Jika kemudian kini Luffy mampu menggunakan Gear 4 miliknya tanpa mengalami kelelahan, mungkin di akhir atau saat pertarungan melawan Kaido/Big Mom nanti, Luffy akan mengerahkan semua kemampuan dan tenaganya untuk sebuah teknik baru yang sengaja dia simpan ketika scenario terburuk terjadi. Mungkin saja teknik baru itu adalah Gear 5 atau form baru untuk Gear 4 yang selama ini santer dirumorkan, yaitu Tiger Man.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.