Melalu film Spider-Man: Homecoming dan Spider-Man: Far From Home, MCU telah memperkenalan sejumlah anggota Sinister Six. Sinister Six adalah gerombolan villain dari Spider-Man. Sinister Six sendiri diciptakan oleh Stan Lee dan Steve Ditko. Mereka memulai debutnya di komik Amazing Spider-Man Annual #1 – The Sinister Six yang rilis tahun 1964. Nah dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa anggota Sinister Six yang sejauh ini muncul di MCU. Siapa saja mereka? Yuk simak dibawah ini.

Vulture

Adrian Toomes alias Vulture adalah villain Spider-Man pertama yang memasuki MCU. Vulture awalnya adalah CEO perusahaan Bestman Salvage. Namun, setelah invasi Chitauri pada tahun 2012, perusahaan miliknya berkonflik dengan perusahaan Damage Control. Setelah konflik yang terjadi, Vulture memutuskan menempuh jalur kriminal. Adrian sebenarnya adalah ayah dari Liz, love interest Peter Parker saat berada di sekolah menengah. Adrian akhirnya mengetahui bahwa Peter adalah Spider-Man. Pada akhir Spider-Man: Homecoming mereka sempat bertarung, dan setelah berhasil dikalahkan, Vulture dikirim ke sebuah penjara. Sosok Vulture sendiri diperankan oleh Michael Keaton, dan yang menarik, ia juga muncul dalam film Morbius.

Tinkerer

Anggota Sinister Six lainnya yang diperkenalkan dalam film Spider-Man: Homecoming adalah Phineas Mason alias Tinkerer. Sama seperti buku komik, Phineas adalah insinyur berbakat dan ia bekerja dengan Adrian Toomes dibawah perusahaan Bestman Salvage. Setelah perusahaan tersebut kehilangan kontrak untuk membereskan kekacauan yang disebabkan serangan Chitauri, Phieas masih terus bekerja untuk Toomes. Saat bekerja dengan Toomes, Phineas ditugaskan untuk membuat armor Vulture dan senjata lainnya. Saat ini, masih belum diketahui bagaimana nasibnya pasca Spider-Man: Homecoming. Tetapi kemungkinan besar ia dipenjara. Namun, meskipun Phineas pernah menjadi anggota Sinister Six di komik, tetapi ada kemungkinan jika seseorang yang lebih besar akan menggantikannya sebagai anggota Sinister Six.

Shocker

Dalam film Spider-Man: Homecoming, Vulture dan Tinkerer bukanlah satu-satunya anggota Sinister Six yang diperkenalkan ke MCU. Satu lagi anggota Sinister Six yang diperkenalkan adalah Herman Schultz, yang lebih dikenal sebagai Shocker. Meskipun dia tidak memainkan peran utama dalam film Spider-Man: Homecoming, tetapi kisah awal Schultz sebenarnya telah diceritakan dalam film tersebut. Schultz akhirnya menjadi Shocker setelah rekannya, Jackson Brice, dieksekusi oleh Toomes. Spider-Man pada akhirnya menghadapi Shocker sebelum mengejar Vulture untuk pertarungan terakhir mereka. Besar kemungkinan jika MCU akan kembali memasukin Shocker di masa depan, meskipun kembalinya Electro semakin mengecilkan kemungkinan Shocker menjadi anggota Sinister Six.

Scorpion

Kejutan yang mungkin tidak diketahui oleh sebagian penggemar di film Spider-Man: Homecoming adalah kemunculan Marc Gargan. Dalam post-credit scene, kita diperlihatkan sosok Mac Gargan saat bertemu dengan Toomes. Mac Gargan sendiri lebih dikenal sebagai Scorpion, yang menjadi seteru abadi Spider-Man. Saat Gargan dan Toomes melakukan pertemuan di penjara, Gargan sempat mengungkapkan bahwa dia juga dipenjara setelah bertarung dengan Spider-Man. Walau penggemar tidak melihat Gargan dalam kostum Scorpion, tetapi tato dilehernya menunjukkan bahwa ia adalah Scorpion. Dalam post-credit scene tersebut, Gargan juga sempat menanyakan apakah Toomes benar-benar tahu siapa Spider-man atau tidak. Namun Toomes berbohong dengan mengatakan bahwa ia tidak tahu siapa sosok dibalik Spider-Man.

Mysterio

Quentin Beck alias Mysterio menjadi villain utama bagi Spider-Man dalam film Spider-Man: Far From Home. Ia merupakan mantan karyawan Tony Stark. Setelah bekerja sebagai ilmuwan yang menciptakan teknologi berbasis holografik, Beck akhirnya membenci Tony setelah Tony mencuri idenya dan memecatnya. Bersama dengan mantan karyawan Stark lainnya, Beck menyusun rencana untuk mengelabui seluruh dunia agar ia terlihat seperti pahlawan super dari universe lain. Melalui teknologi holografiknya, Beck memanipulasi semua orang termasuk Peter. Padahal Peter telah mempercayakan Beck sebagai Iron Man baru, sehingga Peter akhirnya memberi sistem E.D.I.T.H. pada Beck. Diakhir, Peter berhasil menghentikan Mysterio. Namun rupanya diakhir cerita, Beck berhasil memfitnah Peter Parker, dan mengungkap identitas asli dari Spider-Man. Walau Mysterio diceritakan mati di film Far From Home, tetapi ia bisa saja memalsukan kematiannya dan bergabung dengan Sinister Six.

Electro

Untuk karakter yang satu ini, ia baru akan diperkenalkan di MCU dalam film Spider-Man 3. Karakter tersebut adalah Max Dillon alias Electro. Informasi terkait Electro di MCU masih dirahasiakan. Masih belum diketahui apakah ia benar-benar menjadi antagonis utama atau ia akan menjadi salah satu villain dalam film tersebut. Mengingat bahwa Spider-Man: Far From Home berakhir dengan identitas rahasia Spider-Man yang terungkap ke seluruh dunia, mungkin itulah cerita utama yang dihadirkan dalam film Spider-Man 3. Mungkin Sony dan Marvel akan menggunakan sekuel Spider-man ini sebagai jalan untuk menghadirkan Spider-Verse. Jika hal tersebut terjadi, mungkin Spider-Man versi Andrew Garfield dan Tobey Maguire dapat muncul.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.