Buah iblis adalah salah satu elemen menarik dalam cerita One Piece. Buah iblis adalah sumber kekuatan bagi sebagian besar karakter dalam ceritanya. Contohnya adalah Monkey D. Luffy, sang protagonist utama dalam serinya, yang memiliki kemampuan buah iblis Gomu Gomu dimana tubuhnya kini bisa menjadi fleksibel seperti karet. Atau contoh lainnya adalah Law yang memiliki buah iblis untuk “mengoperasi” apapun.

Jumlah pasti buah iblis sendiri masih belum diketahui secara jelas. Namun, yang pasti semuanya harus ada persetujuan dari pihak Eiichiro Oda. Entah disengaja ataupun tidak, Oda Sensei pernah menghadirkan buah iblis yang justru membuat para fansnya bingung. Hal ini dikarenakan namanya, jenisnya, atau bentuknya. Lalu, apa saja buah iblis yang bikin bingung tersebut?

Mochi Mochi no Mi

Pengguna kekuatan buah iblis ini mampu untuk menciptakan, mengendalikan, dan berubah wujud menjadi mochi. Buah iblis ini sendiri dimiliki oleh Charlotte Katakuri. Dengan merubah tubuhnya atau sebagian tubuhnya menjadi mochi, penggunanya bisa menggunakan kekuatan tersebut untuk berlindung, menghindari serangan, atau sebagai senjata.

Buah iblis Mochi Mochi sendiri seringkali disebut sebagai buah Paramecia spesial, karena penggunanya bisa berubah wujud menjadi mochi yang mana biasanya kekuatan tersebut hanya ada di jenis Logia. Hal inilah yang sempat membuat para fans One Piece merasa kebingungan dengan buah iblis ini. Nama Mochi sendiri diambil dari makanan manis tradisional Jepang yaitu mochi.

Hie Hie no Mi

Aokiji alias Kuzan memiliki kekuatan dari buah iblis Hie Hie no Mi, dimana dia mampu untuk membuat, mengendalikan, dan berubah menjadi es. Dalam pertarungan, dia menggunakan kemampuan ini untuk melumpuhkan musuhnya dan menghadang musuh, dengan membekukan tubuh mereka hanya dengan menyentuhnya saja.

Buah iblis ini membuat para fans bingung karena memiliki efek yang sama dengan sosok karakter Monet. Monet sendiri memiliki kemampuan buah iblis Yuki Yuki dimana dia bisa menurunkan atau mengendalikan salju sesukanya. Meskipun secara sekilas sama, Yuki Yuki no Mi tidak lebih kuat dari Hie Hie no Mi. Yuki Yuki no Mi belum tentu mampu membekukan orang atau benda seperti Hie Hie no Mi.

Buki Buki no Mi

Buah iblis Buki Buki no Mi atau Weapon-Weapon Fruit ini memberikan penggunanya kemampuan untuk mengubah bagian tubuh penggunanya atau seluruh tubuh menjadi sebuah senjata yang dahsyat. Buah iblis tersebut dimiliki oleh salah satu mantan petinggi dari kelompok bajak laut Donquixote, Baby 5.

Lalu, mengapa buah iblis ini membingungkan? jika diperhatikan, dengan kemampuan Baby 5 yang bisa merubah seluruh anggota tubuhnya menjadi senjata, sangat mirip dengan buah iblis Supa Supa no Mi milik Daz Bones, dimana Daz Bones juga bisa merubah tubuhnya menjadi senjata. Namun, berbeda dengan Baby 5, tubuh Daz Bones hanya bisa berubah menjadi pisau atau pedang saja.

Gasu Gasu no Mi

Gasu Gasu adalah salah satu buah iblis yang paling berbahaya. Dengan kemampuan buah iblis ini, seseorang bisa dengan mudah berbuat kejahatan. Namun, dengan perpaduan ilmu pengetahuan, kemampuan dari buah iblis ini bisa menjadi sebuah senjata pemusnah massal. Itulah yang dilakukan oleh Caesar Clown. Dia menggunakan kemampuan buah iblis ini dan kecerdasannya untuk menjadi seorang ilmuwan nomor satu di dunia.

Lalu, mengapa buah iblis ini membingungkan? Secara efek, buah iblis Gasu Gasu ini mirip dengan buah iblis milik Smoker, Moku Moku no Mi. Kedua buah iblis ini sama-sama berbentuk asap. Meskipun begitu, gas dan asap sendiri merupakan dua hal yang berbeda. Singkatnya, di dalam asap terdapat gas. Sedangkan di dalam gas tidak ada asap.

Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu

Sengoku the Buddha atau Sengoku sang Buddha merupakan pemimpin pasukan angkatan laut sebelum timeskip terjadi. Sengoku merupakan penerus Kong dan kemudian setelah timeskip, jabatannya diberikan kepada Sakazuki. Sengoku mengkonsumsi buah iblis Hito Hito no Mi, sama seperti Chopper. Bedanya adalah Sengoku memakan buah iblis dengan model yang berbeda dan langka yaitu Daibutsu.

Buah iblis tersebut memberikan kekuatan bagi Sengoku untuk berubah wujud menjadi patung emas Buddha raksasa dan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Yang membuat bingung dari buah iblis ini adalah jika pada karakter lainnya berubah menjadi binatang buas atau mitologi, Sengoku justru berubah menjadi wujud raksasa. Perdebatan di kalangan fans sempat muncul ketika mereka mempertanyakan apa yang terjadi jika manusia biasa memakan Hito Hito no Mi. Apakah efeknya akan sama dengan Sengoku atau tidak. Buah ibllis ini mungkin bisa dibilang adalah buah iblis paling membingungkan yang pernah ada.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.