Klan Otsutsuki adalah klan yang misterius, dimana sampai saat ini kita masih belum mengetahui banyak hal mengenai klan tersebut. Kita masih belum mengetahui darimana asal mereka, berapa banyak jumlah mereka, dan yang paling penting siapa pemimpin klan ini. Sejak akhir cerita Naruto, kita sudah diperkenalkan beberapa karakter yang berasal dari klan ini.

Dalam cerita Boruto: Naruto Next Generation, Amado menjelaskan apa sebenarnya tujuan dari klan Otsutsuki. Mereka adalah klan dari sebuah planet di luar bumi yang memang memiliki tujuan untuk menanam dan memanen sebuah pohon suci, yang kemudian pohon tersebut akan menghasilkan buah chakra, buah yang berisi seluruh energi kehidupan dari planet tersebut.

Karena belum ada konfirmasi atau informasi pasti, bisa diasumsikan bahwa klan Otsutsuki ini sudah melakukannya sejak ribuan tahun yang lalu dan mungkin sudah ada ratusan atau bahkan ribuan planet yang hancur akibat mereka. Pemimpin klan ini biasanya mengirimkan sepasang atau lebih anggotanya untuk memanen buah chakra tersebut. Dan untuk memanen buah chakra di bumi sendiri, ditunjulkan sosok Kaguya.

Eating the Chakra fruit - YouTubeNamun, Kaguya sendiri gagal untuk menanam buah chakranya, dan juga dia harus disegel oleh kedua anaknya. Menurut informasi yang ada, ketika seorang Otsutsuki dianggap gagal dalam menjalankan misi, maka klan ini akan mengirimkan Otsutsuki lainnya untuk menyelesaikan tugas tersebut. Sebagian Otsutsuki belum tahu apa yang membuat Kaguya sangat lama menyelesaikan misinya. Karena itulah, pemimpin klan ini mengirimkan Urashiki, Kinshiki, dan Momoshiki.

Sayangnya, sama seperti Kaguya, nasib mereka tidak jauh berbeda. Namun, yang menariknya adalah salah satu dari mereka, Momoshiki, justru sekarang berada di dalam tubuh Naruto. Momoshiki sengaja “memilih” Boruto karena dia merasa Boruto adalah karakter yang menarik, terutama dengan doujutsu Jogan miliknya. Sebelum Momoshiki benar-benar menghilang, dia sempat mengatakan bahwa mata tersebut akan membawa kesengsaraan dan kehancuran bagi dia dan seluruh orang.

Sampai saat ini, masih belum diketahui apa maksud dari Momoshiki tersebut. Tapi, ada sebuah teori yang menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan kehancuran oleh Momoshiki ada kaitannya dengan Otsutsuki. Sejauh ini, memang Jogan sangat jarang untuk diperlihatkan dalam cerita. Jogan sendiri diketahui memiliki kemampuan teleportasi dan juga mampu memprediksi masa depan, seperti memprediksi dimana Otsutsuki akan muncul. Serta kemampuan Byakugan untuk melihat chakra musuh.

All Otsutsuki Clan Ultimate Jutsus, Abilities & Awakenings - Naruto Storm 4  Road to Boruto - YouTubeBerbicara mengenai teleportasi, hal ini sesuai dengan kemampuan Karma milik Otsutsuki dimana kemampuan ini mampu membawa penggunanya ataupun orang lain pergi ke dimensi yang lain, seperti yang dipraktikan oleh Boruto di chapter 50 kemarin. Teleportasi ini bisa jadi adalah jawaban dari misteri pernyataan Momoshiki terkait hancurnya dunia.

Seperti yang disebutkan di atas, klan Otsutsuki lain saat ini tidak mengetahui apa yang terjadi dengan Kaguya dan yang lain di bumi setelah mereka diperintahkan untuk memanen buah chakra. Mungkin, dengan batas waktu yang ditentukan masih belum juga ada kabar, bukan tidak mungkin pemimpin klan ini sendiri yang akan turun langsung pergi ke bumi.

Lalu, kapan pemimpin Otsutsuki tersebut dating ke bumi? Masih belum diketahui kapan dia akan dating. Namun, kemunculannya sendiri bisa jadi dikarenakan oleh Boruto, lebih tepatnya diakibatkan oleh Jogan milik Boruto. Saat ini, segel Karma miliknya pun masih belum bisa dikuasai sepenuhnya oleh Boruto. Dan hal ini juga sama dengan Jogan. Bahkan, Johan lebih jarang digunakan dibandingkan Karma.

Mungkin suatu hari nanti, karena ketikdak mampuan Boruto mengendalikan Jogan milinya dia tidak sengaja akan membuka portal antara dunia Otsutsuki dan bumi. Para klan Otsutsuki mungkin bisa dengan mudah untuk pergi dari satu tempat ke tempat yang lain. Tapi, dengan adanya portal yang diciptakan oleh Boruto ini, mereka akan “lebih cepat” untuk tiba di bumi.

Criticism of Boruto 01Yang muncul di bumi saat itu mungkin bukan lagi klan Otsutsuki biasa, melainkan pemimpinnya langsung. Dan ketika pemimpin Otustuki ini muncul di bumi, perang besar kembali muncul dan kehancuran pun tidak terhindarkan. Mungkin bisa jadi pemimpin Otsutsukilah yang menghancurkan Konoha, seperti yang diperlihatkan di awal seri Boruto dan bukan Kawaki atau Boruto.

Lalu, mengapa tidak ada Sarada, Sasuke, atau yang lainnya? Mungkin pada saat itu mereka sedang menghadapi ketua dari klan Otsutsuki tersebut bersama dengan para shinobi lainnya dari seluruh negara – dan Naruto sendiri bisa diceritakan tewas seperti yang diungkapkan oleh Kawaki saat bertarung melawan Boruto. Mengapa hanya Kawaki dan Boruto yang bertarung?

Karena kemampuan Kawaki yang sangat dahsyat, Naruto dan Sasuke mungkin tidak akan mampu untuk menghadapi Kawaki. Hanya Boruto yang dianggap memiliki level yang sama dengan Kawaki, karena itulah kita hanya melihat mereka berdua bertarung di atas reruntuhan Konoha. Teori ini mungkin bisa menjelaskan banyak misteri yang belum terjawab sampai saat ini. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan cerita dari seri ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.