Dalam seri Naruto dahulu, para fans diperkenalkan dua jutsu dahsyat yang juga sangat populer bahkan sampai saat ini. Pertama adalah Rasengan, dan yang kedua adalah Chidori. Rasengan sendiri digunakan oleh Uzumaki Naruto dan diajarkan oleh Jiraiya. Sedangkan Chidori diciptakan oleh Hatake Kakashi – yang juga guru dari Naruto – dan teknik ini digunakan oleh Sasuke.

Jika Rasengan adalah kemampuan untuk mengumpulkan chakra di telapak tangan, Chidori adalah kemampuan untuk mengumpulkan elemen petir di telapak tangan. Baik Chidori maupun Rasengan, sampai saat ini sudah menjadi jutsu yang khas bagi kedua karakter utama tersebut. Dan di episode terbaru animasi Boruto: Naruto Next Generation, kita bisa melihat bagaimana Boruto berpeluang untuk memiliki kemampuan Chidori.

Ada beberapa petunjuk mengapa Boruto kemungkinan bisa mempelajari Chidori. Pertama, Boruto dilatih oleh Sasuke. Sebagai seorang Hokage, Naruto terpaksa tidak bisa melihat bagaimana anaknya berkembang. Meskipun begitu, Naruto mempercayakan hal ini terhadap sahabatnya, Uchiha Sasuke. Karena Boruto berlatih Bersama Sasuke, otomatis apa yang dia pelajari akan diajarkan kepada Boruto.

Kakashi - Purple Lightning ! - YouTubeSalah satu contohnya adalah Boruto memiliki sebuah teknik Rasengan yang menggabungkan elemen listrik/petir ke dalamnya. Elemen tersebut biasanya digunakan oleh Sasuke. Kemudian yang kedua adalah, Hatake Kakashi adalah guru dari Boruto. Di episode terbaru kemarin, Boruto meminta Kakashi untuk mengajarinya teknik Rasengan agar dia bisa bertambah kuat, setelah kalah dari Deepa.

Meskipun sempat menolak, Kakashi akhirnya mau mengajari Boruto Rasengan. Yang dahsyatnya adalah Boruto bahkan menciptakan Rasengannya sendiri yang kemudian disebut sebagai Futon Rasengan. Ada sebuah koneksi dalam peristiwa ini. Sasuke pernah dilatih oleh Sasuke. Sasuke sekarang menjadi guru Boruto. Boruto sendiri sekarang menjadi murid dari Kakashi karena telah mengajarkannya Rasengan.

Melihat potensi yang dimiliki oleh Boruto, bukan tidak mungkin Kakashi (atau mungkin Sasuke) nanti akan mengajari Boruto teknik Chidori. Hal ini juga kemudian diperkuat dalam novel Sasuke Shinden, novel spinoff terbaru dari seri Naruto. Dalam novelnya diperlihatkan bagaimana Sasuke berpetualang di desa Konoha dan menghabiskan waktunya disana. Salah satu kegiatan yang kemungkinan besar dilakukan adalah melatih Boruto.

Leaks Reveal Kakashi Will Be Teaching Boruto Purple LightningBahkan, dalam novelnya juga diceritakan bahwa Sasuke bukan hanya melatih Boruto, melainkan juga mengikut sertakan Sarada dalam latihannya. Dan di buku ini pula kemudian dijelaskan bahwa Boruto mampu menggunakan kilat atau petir atau listrik berwarna ungu. Warna ini mirip seperti yang digunakan oleh Kakashi ketika memperlihatkan teknik listrik miliknya di episode lalu.

Seseorang yang mampu menggunakan teknik listrik berwarna ungu, menandakan bahwa dia bukanlah seorang shinobi biasa. Teknik Chidori dengan listrik berwarna ungu ini merupakan hasil pengembangan dari Kakashi, setelah dia kehilangan kemampuan Sharingannya. Kakashi sengaja membuat sebuah teknik yang sangat mirip dengan Chidori. Dan teknik ini diperlihatkan di animenya dalam episode kemarin, ketika mendemonstrasikannya kepada Boruto.

Manganya juga sempat menyebutkan bahwa Boruto bisa menggunakan teknik elemen listrik berwarna ungu. Jadi, yang bisa kita lakukan saat ini adalah menunggu apakah Ukyo Kodachi kemudian memang akan memberikan kemampuan Chidori kepada Boruto. Jika hal ini benar terjadi, level kekuatan Boruto mungkin akan setara dengan Kakashi dimana dia bisa menggunakan Rasengan dan Chidori. Kita nantikan saja ya Geeks apakah kemudian Boruto memang akan menguasai teknik chidori seperti Sasuke dan Kakashi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.