Untuk sebuah seri yang sudah berjalan selama lebih dari 20 tahun, One Piece tentunya lebih banyak menghadirkan pertanyaan dibandingkan dengan jawaban. Hal ini bukan berarti buruk. Dengan adanya misteri yang masih belum terjawab bisa menjadi salah satu cara agar seri ini masih tetap “hidup” diantara para penggemarnya. Dan tentunya dengan ada banyaknya misteri, para fans tentu akan merasa penasaran dengan jawabannya.

Dunia One Piece adalah sebuah dunia yang besar yang penuh konspirasi, fakta-fakta terpendam, dan juga intrik politik. Ada banyak misteri yang masih belum terjawab selama ini dalam cerita One Piece, yang meskipun mungkin tidak terlalu memberikan hal yang signifikan terhadap cerita tetap saja hal ini dianggap sebagai pertanyaan yang mengganjal. Lalu, apa saja pertanyaan tersebut?

Benda Memiliki Kekuatan Iblis

Memang, tidak ada yang mengatakan sebuah cerita seperti One Piece harus sesuai dengan realita yang ada. Namun, hal-hal yang “diluar masuk akal” itulah yang terkadang menjadi hal yang menarik dalam sebuah cerita.  Buah iblis adalah salah satunya. Dalam dunia nyata, tentunya tidak akan ada buah yang bisa memberikan seseorang yang memakannya kekuatan yang dahsyat.

Dalam dunia One Piece, ketika manusia ataupun hewan memakan buah ini tentu semuanya masuk akal. Tapi, bagaimana jika benda – dalam hal ini adalah senjata – yang justru memakan buah iblis? Inilah yang cukup mengejutkan banyak fans dimana Pemerintah Dunia memiliki program yang sangat unik untuk memberikan kekuatan buah iblis kepada senjata yang mereka gunakan. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Bagaimana Big Mom Mendapatkan Buah Iblis Soul Soul

Sebagian besar masa lalu dari Big Mom sampai saat ini masih belum diketahui. Darimana asal Charlotte Linlin? Mengapa dia bisa besar seperti saat ini? Mengapa dia selalu lapar? Tapi, satu hal yang membuat penasaran para fans adalah bagaimana dia mendapatkan kekuatan buah iblis miliknya. Buah iblis tersebut sebelumnya dimiliki oleh ibu asuhnya, Mother Caramel.

Tapi, setelah mengacaukan pesta ulang tahunnya sendiri dengan memakan semua benda dan orang di pestanya – termasuk Mothe Caramel – Big Mom tiba-tiba memiliki kemampuan buah iblis Soul Soul. Mungkin memindahkan kemampuan buah iblis ke buah biasa sebelum kemudian dikonsumsi oleh orang lain masih dirasa masuk akal. Tapi, memakan langsung penggunanya dan sekaligus mendapatkan penggunanya?

Pohon di Rusukaina

Ketika Luffy tidak sadarkan diri dan dibawa oleh Law pergi, mereka kemudian pergi ke sebuah pulau yang ada di luar Amazon Lilly yaitu Rusukaina. Di pulau tersebutlah Rayleigh mengajarkan banyak hal terhadap Luffy. Luffy sendiri kemudian menyimpan topi jerami miliknya di atas sebuah pohon misterius, yang mana menurut Rayleigh pohon itu akan membuat para binatang enggan mendekat. Buat Geeks yang hanya mengikuti cerita manga atau animenya, memang tidak ada informasi apapun mengenai pohonnya.

Tapi, dalam film One Piece: Strong World, muncul sebuah pohon yang sangat mirip dengan pohon di Rusukaina. Menurut penjelasannya, pohon tersebut adalah “Daft green”. Pohon ini akan mengusir para hewan di hutan tersebut yang mendekat ke pohonnya dengan cara mengeluarkan spora yang beracun. Oda sendiri mengatakan bahwa pohon di Rusukaina tidaklah beracun, tapi mereka kemungkinan mampu mengeluarkan spora beracun yang membuat hewan buas menjauh.

Siapa Yang Mengetahui Will of D

Will of D adalah salah satu misteri terbesar dari seri One Piece. Masih belum diketahui apa sebenarnya Will of D dan apa maksud serta tujuan dari Will of D ini. Yang pasti, sampai sejauh ini sudah ada banyak karakter yang diperkenalkan dan memiliki huruf ‘D’ di tengahnya. Memang masih terlalu “kabur” untuk menebak apa sebenarnya Will of D, tapi mungkin ada beberaoa orang atau karakter yang mengetahuinya.

Sejauh ini yang baru mengetahui tentang Will of D. dan rahasia dunia adalah Dr. Clover, Dr. Kureha, Crocus, dan tentunya Rayleigh. Sebenarnya, kita hampir saja mengetahui apa sebenarnya Will of D. dan rahasia dunia ketika Luffy dan yang lain ada di bar milik Shakkey. Rayleigh berniat menceritakan semuanya, namun Luffy kemudian menolak hal itu. Rayleigh sendiri mengapresiasi langkah Luffy, dan menurutnya semuanya harus berjalan sesuai dengan urutan.

Enel dan Alien

Buat Geeks yang belum mengetahui atau baru saja mengikuti seri One Piece, sebenarnya jauh sebelum Franky seri ini sudah mengenalkan robot dan alien di awal serinya. Hal ini diketahui dalam cover story cerita dari mantan pemimpin Skypie atau pulau langit, Enel. Dalam cover story tersebut diperlihatkan bahwa Enel pergi ke bulan setelah pergi dari Skypiea dan bertemu dengan koloni robot.

Pada saat itu, koloni robot ini bersembunyi karena ketakutan menghadapi perompak luar angkasa. Dengan kekuatannya, Enel dengan mudah mengalahkan perompak tersebut dan kemudian para koloni tersebut mengajaknya untuk mengetahui ramalan masa lalu terkait para makhluk robot kecil tersebut serta ramalan tentang bulan. Seperti halnya cover story, tidak diketahui secara jelas apa sebenarnya makna dari cerita tersebut. Mungkin Oda Sensei bisa memulai seri manga atau one-shotnya sendiri dari cover story ini.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.