Marvel Cinematic Universe merupakan sebuah jagat sinematik yang penuh dengan berbagai karakter yang menarik dan sangat kuat. Tapi, memang tidak semua kekuatan yang muncul disana sama antara satu karakter dengan karakter lainnya. Para pahlawan (dan villain) di MCU memiliki berbagai kemampuan mulai dari memanah dengan tepat sampai dengan mampu memanipulasi sebuah realita.

Selama ini, banyak pertanyaan mengenai siapa yang terkuat diantara semua karakter yang pernah muncul, dan apa kekuatan paling hebat yang pernah muncul di MCU? Dan melihat sejauh ini, sepertinya Doctor Stephen Strange menjadi karakter yang memiliki kekuatan super paling hebat di jagat sinematik tersebut. Stephen Strange atau yang biasa dikenal sebagai penyihir agung, pertama kali muncul pada 2016 lalu, membuka Phase 3 MCU.

Ceritanya sendiri dimulai ketika Strange harus mengalami sebuah kecelakaan hebat, yang berakibat dia harus kehilangan refleksnya. Berbagai cara dia lakukan, sampai kemudian dia menemukan cara untuk kemudian pergi ke Kamar-Taj dimana disana dia belajar tentang ilmu sihir dari sang Ancient One. Perlahan, Strange mulai menguasai seluruh ilmu yang dipelajari dan diberikan kepadanya.

Namun, pencapaian terbesar Strange adalah ketika dia mampu mengendalikan Eye of Agamotto yang di dalamnya terdapat Time Stone. Strange kemudian mampu mengendalikan waktu, mulai dari mengulangnya atau memajukannya. Semuanya bisa dilakukan oleh Strange. Bahkan, dia melakukan ramalan sebanyak 14 juta kali, sebelum menemukan satu cara untuk bisa menemukan cara terbaik mengalahkan Thanos.

Dengan kemampuan yang dimiliki, rasanya wajar jika Time Stone adalah kekuatan terbesar di MCU. Hal ini bisa dibuktikan dalam filmnya, dimana Strange membuktikan nilai dari manipulasi waktu, dimana dia berhasil secara terus menerus mengulang kejadian yang sama saat bertarung melawan Dormamu. Selain mengalahkan Dormamu, kemampuan manipulasi waktu ini juga bisa mengembalikan semua kekuatan yang menghancurkan dari Dark Dimension.

Apa yang dilakukan oleh Strange ini adalah sebuah kemampuan dan pencapaian yang mana belum pernah ada satupun karakter yang bisa melakukannya. Wanda Maximoff juga bisa memanipulasi realita, tapi hal itu tidak benar-benar membangkitkan kembali mereka yang sudah mati. Tidak ada kekuatan lainnya – untuk saat ini – yang bisa menandingi kedahsyatan dari manipulasi waktu Time Stone di MCU.

Scarlet Witch mungkin bisa menghapus atau memanipulasi pikiran milik orang lain, tapi Strange sendiri bisa mengubah waktu dan tidak perlu takut akan apa yang kemudian terjadi. Ketika misalnya Strange melakukan kesalahan, yang hanya perlu dia lakukan adalah kembali memutar waktu dan memperbaiki kesalahannya dengan tidak melakukan hal yang sama. Pada dasarnya, Time Stone membuat Doctor Strange menjadi karakter yang tidak bisa dikalahkan.

In the movie Doctor Strange, what makes manipulating an Apple dangerous? - QuoraTentunya ada yang mungkin berpendapat bahwa semua kemampuan dan kelebihan tersebut adalah berkat Time Stone itu sendiri. Hal itu tidak salah, tapi kemampuan Strange dalam menguasai teknik atau ilmu untuk memanipulasi waktu dan pengetahuan mengenai bagaimana sistem multiverse bekerja membuat Strange sendirilah yang sebenarnya memiliki kecerdasan tersebut.

Thanos sempat memiliki Time Stone dan Infinity Stones lainnya, tapi karena Thanos tidak mengetahui apapun tentang multiverse dan dia tidak secerdas Strange, maka Thanos tidak pernah menggunakan secara maksimal kemampuan dari Time Stone. Berkat kitab Cagliostro yang Strange pelajari, dia menjadi sosok yang kuat seperti sekarang. Dia menjadi ahli dalam memanipulasi waktu. Bahkan, sebenarnya ada juga teori yang menyebutkan bahwa sebenarnya Strange tidak butuh Time Stone untuk melakukan apapun yang berkaitan dengan manipulasi waktu, untuk saat ini.

Hal ini dibuktikan dengan para para penyihir yang mampu pergi ke dimensi lain atau ke universe lainnya hanya dengan menggunakan Sling Ring. Artinya, tanpa Time Stone pun sepertinya Strange masih bisa untuk memanipulasi waktu. Yang paling penting dari semuanya adalah dengan memiliki kemampuan untuk memanipulasi waktu, Strange kini berubah drastis dari sosok yang arogan menjadi seorang pahlawan terhebat. Dia belajar untuk bisa menghilangkan egonya dan mulai belajar peduli terhadap orang lain. Dan juga Strange menjadi contoh bahwa dengan belajar atau mempelajari suatu hal, kita bisa menguasai hal yang tadinya tidak kita ketahui.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.