Activision dan Naughty Dog kembali membawa para fans untuk bernostalgia dengan seri game terbaru untuk seri Crash Bandicoot yaitu Crash Bandicoot 4: It’s About Time. Crash Bandicoot 4 ini benar-benar menyajikan cerita baru untuk gamenya yang bisa dinikmati oleh para pemain. Gamenya sendiri akan menghadirkan kembali Crash, Coco, dan para karakter lainnya yang tentunya sudah tidak asing lagi, untuk berpetualang menyelamatkan Quantum Masks.

Selain menyelamatkan Quantum Mask, mereka juga harus berjuang demi menyelamatkan dunia dari tangan Doctor Neo Cortex dan Doctor Nefarious Tropy. Para pemain akan bisa mengendalikan lima karakter berbeda, sambil menjelajahi empat puluh tiga level yang sudah disediakan. Selain adanya tambahan kekuatan baru, elemen baru lainnya juga semakin menambah “kesegaran” dari game ini. Sama seperti game Crash Bandicoot lainnya, game ini juga sangat menantang. Dan berikut adalah berbagai tips dan trik untuk bermain Crash Bandicoot 4.

Pilih Mode Game yang Sesuai

Sebelum memulai permainan, Geeks harus terlebih dahulu menyesuaikan gaya bermain. Ada dua mode permainan yang disiapkan oleh game ini, Retro dan Modern. Masing-masing mode game memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Untuk mode Retro, pemain akan merasakan nostalgia seperti layaknya game Crash Bandicoot lainnya. Pemain akan memiliki nyawa yang terbatas dan harus kembali mengulang levelnya jika nyawa tersebut sudah habis.

Sebaliknya, untuk pilihan modern, para pemain tidak akan memiliki nyawa seperti dalam mode Retro. Dan berapa kalipun para pemain gagal dan mati, mereka tidak akan mengulang level tersebut karena di mode ini menggunakan sistem checkpoint. Mode ini bisa menjadi pilihan buat Geeks yang baru mencoba bermain game Crash Bandicoot, atau untuk Geeks yang tidak terlalu senang dengan kesulitan yang tinggi.

Berputar dan Melompat

Kunci untuk mendominasi game Crash Bandicoot 4 ini adalah pergerakan yang sangat luwes. Dengan menggunakan teknik berputar dan melompat (slide jump and slide spin) kita bisa menghindari berbagai rintangan dan bisa melewati level dengan mudah. Untuk melakukan sebuah gerakan slide jump, pemain harus menekan tombol “lompat/jump’ dengan cepat setelah melakukan sliding atau meluncur.

Ketika hal itu dilakukan, ketinggian lompatan dari Crash akan meningkat, yang mana hal itu bisa menjangkau apapun yang sulit untuk diraih oleh lompatan biasa. Slide spin pun sama, segera tekan tombol “berputar/spin” setelah melakukan sliding. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kecepatan putaran dari Crash untuk menghadapi musuh-musuh yang mengejarnya.

Penting Untuk Bergerak

Mungkin buat para pemain yang sudah memiliki pengalaman bermain seri game Crash Bandicoot tidak akan terlalu sulit untuk melakukan pergerakan dan segala hal lainnya. Namun, buat mereka yang baru mencoba game ini tentunya akan terasa sangat sulit untuk bisa bergerak dan menyelesaikan gamenya. Meskipun menggunakan analog bisa menjadi cara yang baik, tapi menggunakan tombol d-pad atau tombol arah akan membuat pergerakan lebih presisi.

Masing-masing karakter juga akan memiliki sebuah tanda kuning dan bayangan yang muncul di bawah kaki mereka. Fitur ini bisa dimatikan di options menu, dan rasanya fitur ini tidak akan diperlukan bagi mereka yang sudah familiar dengan seri gamenya. Namun, buat para pemain baru, hal ini tentunya diperlukan dan direkomendasikan agar bisa mengetahui kemana lompatan atau pergerakan selanjutnya. Selain untuk mempermudah, fitur ini juga untuk mengurangi kesalahan yang menyebabkan kita harus mengulang dari awal.

Jangan Lewatkan Level Bonus

Dalam masing-masing level pasti ada level bonus yang bisa dimainkan. Level bonus tersebut akan lebih baik jika tidak dilewatkan, karena terdapat banyak sekali hadiah yang menarik. Dan di game ini, hadiah-hadiah tersebut bisa membantu kita untuk melengkapi semua bagian demi mendapatkan semua kotak misteri. Semakin tinggi kesulitan sebuah level, maka semakin sulit juga bonus level tersebut.

Tapi, jangan khawatir. Meskipun kita gagal dalam bonus level ini kita masih bisa terus mencobanya sebanyak yang kita mau. Jika kita gagal, tidak akan mengurangi jumlah nyawa dari karakter kita. Karena itulah level bonus sebaiknya jangan pernah dilewatkan dalam setiap level yang ada.

Kumpulkan Semua Permatanya

Menemukan dan melengkapi semua permata adalah sesuatu yang menjadi tantangan tersendiri, baik di game Crash Bandicoot 4 ataupun di seri game Crash Bandicoot sebelumnya. Para pemain harus benar-benar teliti dan santai untuk bisa menjelajahi setiap jengkal dari level yang disediakan. Masing-masing level sendiri memiliki enam permata biasa dan empat permata berwarna.

Dalam game sebelumnya, beberapa permata akan diberikan kepada para pemain yang berhasil menjalankan misi seperti menghancurkan kotak dalam jumlah tertentu, yang sebagian kotaknya terdapat di lokasi tersembunyi. Mengumpulkan semua permata ini akan membuat Geeks mendapatkan berbagai skin baru, fitur unik yang ada di Crash Bandicoot 4.