Pandemi COVID-19 benar-benar menjadi mimpi buruk bagi semua pihak, termasuk industri perfilman Hollywood. Berbagai rencana produksi dan pengambilan gambar film harus tertunda akibat adanya pandemi ini, dan akibatnya tidak banyak kabar yang beredar mengenai proyek-proyek film yang ada, termasuk proyek film Eternals yang akan menjadi bagian dari Phase 4 MCU.

Sebelumnya, muncul bocoran dimana para cast melakukan pengambilan gambar di sebuah tempat dengan mengenakan wardrobe mereka masing-masing. Kabar terbaru dari film Eternals kembali muncul pada hari ini, dimana muncul bocoran dari merchandise filmnya, berupa action figure, dari salah satu karakter yaitu Kro. Kro sendiri diketahui adalah salah satu villain di film ini. Tapi, siapa sebenarnya Kro?

Siapa Kro

Seperti yang kita ketahui, bahwa villain yang akan dihadapi para Eternals di filmnya adalah para Deviants. Mereka sebenarnya sama-sama hasil ciptaan dari Celestials, namun banyak yang menganggap bahwa Deviants adalah “produk gagal”.  Pada dasarnya Deviants adalah kebalikan dari para Eternals – sosok monster, dan ras yang tidak sempurna yang berambisi untuk menguasai bumi.

Kro sendiri adalah salah satu pemimpin dari pasukan Deviants. Dalam komiknya sendiri, Kro sudah memimpin banyak sekali pertarungan melawan para Eternals. Meskipun begitu, dia juga terkadang bergerak dibalik bayang-bayang untuk memberikan hasutan demi melancarkan peperangan terhadap para manusia. Salah satu contohnya adalah dia pernah menyamar menjadi Rudolph Hendler, karakter fiksi tiruan dari Adolf Hitler di dunia nyata. Hendler sendiri digambarkan sebagai diktator di Eropa pada era 1940an dalam Marvel Universe.

Pemimpin Para Deviants

Kro sendiri sering disebut sebagai “Warlord Kro” atau panglima perang Kro, sebuah julukan yang menjadi bukti bagaimana keahliannya dalam hal taktik dan memimpin pasukan militer. Kemampuan tersebut membantu Kro untuk tetap berada di posisinya selama 20.000 tahun lebih. Sayangnya, kemampuannya untuk bisa hidup selamanya yang seharusnya menjadi kelebihan dari Kro, juga menjadi salah satu titik lemahnya.

Kro selalu takut bahwa orang-orang atau Deviants lainnya mengetahui tentang kemampuan yang dia miliki, dan kemudian dia dijadikan sebagai kelinci percobaan. Karena hal itulah, Kro selalu memalsukan kematiannya. Setiap kali dia muncul, dia selalu menggunakan identitas lainnya yang mana identitas tersebut memang masih memiliki koneksi atau hubungan dengan sosok Kro.

Sayangnya, Kro sendiri bukan hanya menjadi wajah bagi musuh terbesar para Eternals. Ada cerita menarik juga dari sosok Kro, dimana dia dulunya adalah mantan kekasih dari Thena – karakter yang akan diperankan oleh Angelina Jolie. Bahkan, Kro adalah ayah dari dua anak Thena. Namun, tentunya kebaikan tidak bisa menyatu dengan keburukan, Eternals tidak bisa selamanya bersatu dengan Deviants. Bahkan, seharusnya mereka tidak boleh melahirkan keturunan atau bahkan saling jatuh cinta.

Kemampuan dan Kekuatan Kro

Meskipun dia adalah pemimpin dari para Deviants, Kro sebenarnya memiliki kesamaan fisik dengan musuhnya yaitu para Eternals. Sama seperti mereka, Kro adalah makhluk abadi dan memiliki kekuatan super, stamina yang luar biasa dan mampu sembuh dari luka dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan manusia biasa. Semua kemampuan tersebut berasal dari dalam dirinya sendiri, dimana dia mampu mengendalikan secara mental agar molekul-molekul dalam tubuhnya bisa sembuh atau meregenerasi lebih cepat.

Dengan kemampuan tersebut juga membuat Kro tidak bisa menjadi tua dan akan tetap terus kuat. Layaknya seorang Deviants, Kro juga memiliki kemampuan untuk berubah wujud (shapeshifting) dan berubah menjadi siapapun.

Apakah Kro Adalah Villain?

Salah satu hal yang menyenangkan dari film Eternals ini adalah kita masih belum mengetahui seberapa banyak villain yang akan muncul di filmnya. Kita juga belum tahu siapa lagi karakter ikonik dalam komiknya yang akan muncul di filmnya nanti. Untuk saat ini, para fans hanya bisa menduga-duga dan berspekulasi mengenai film ini, khususnya seberapa banyak villain yang akan muncul.

Bisa jadi memang Kro adalah satu-satunya villain yang akan muncul dalam cerita, tapi bisa jadi juga ada villain ikonik lain yang akan muncul untuk membantu Kro. Tentunya akan sangat disayangkan jika kemudian hanya Kro yang ditampilkan dalam cerita sebagai villainnya. Masih harus kita nantikan apakah akan ada villain lain dalam cerita Eternals yang akan ditambahkan di ceritanya.

Perbedaan Dengan Versi MCU

Berdasarkan bocoran action figure yang beredar hari ini, Marvel Studios sepertinya sudah memberikan perubahan terhadap penampilan Kro secara menyeluruh. Marvel merubah warna kulit dari Kro yang umumnya berwarna merah muda atau pink, kemudian dirubah menjadi warna hijau, emas, dan ungu. Untuk bagian wajahnya, memang tidak terlalu ada perubahan signifikan, kecuali pada bagian mata dan rahang.

Dalam versi komiknya, Kro mengenakan sebagai jubah, namun dalam versi MCU Kro sepertinya tidak mengenakan apapun. Dan Kro juga memiliki fisik yang berlendir, mirip para Symbiote. Menurut rumor yang beredar juga, karakter Kro ini akan diciptakan dengan menggunakan bantuan teknologi komputer. Masih belum diketahui secara pasti siapa aktor yang akan memerankan sosok Kro.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.