Dalam cerita Naruto, tentunya ada banyak sekali jurus-jurus atau teknik ninja yang menarik yang diperlihatkan dalam cerita. Berbagai teknik-teknik ninja tersebut biasanya digunakan untuk menghadapi musuh, mempertahankan diri, atau bahkan menyelamatkan nyawa orang lain. Pada intinya teknik ninja ini menjadi hal yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh para shinobi manapun.

Namun, tentunya seperti yang kita tahu, berbagai teknik ninja ini juga memiliki tingkatan atau level kekuatan mulai dari yang paling mudah sampai yang paling sulit. Ada berbagai teknik ninja yang bisa ditirukan atau dilakukan juga oleh orang lain, namun ada juga teknik kemampun ninja yang tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut. Dan salah satu teknik yang paling sulit untuk dikuasai adala Sage Mode, khususnya Senjutsu Sage Mode.

Senjutsu sendiri merupakan kemampuan shinobi untuk menggunakan teknik alam sebagai dasar kemampuan mereka. Contohnya adalah Tobirama yang memiliki keahlian dalam elemen air atau Hashirama yang memiliki kemampuan elemen kayu. Kemampuan Senjutsu sendiri merupakan salah satu senjata andalan para shinobi, khususnya para shinobi Konoha dalam menghadapi musuh-musush mereka.

Memang tidak mudah untuk bisa menguasai teknik Senjutsu ini, karena dibutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi dan juga tekad yang kuat. Karena hal inilah, wajar jika kemudian tidak bisa sembarangan orang memiliki atau menguasai teknik Senjutsu ini. Dan dalam dunia shinobi pun teknin ninja Senjutsu adalah salah satu teknik yang sangat luar biasa.

Selain senjutsu, teknik lainnya yang juga tidak kalah istimewa dan sulit untuk dipelajari adalah Sage Mode.  Sage Mode merupakan teknik ninja level tinggi yang hanya bisa dilakukan oleh para shinobi terpilih. Dan untuk bisa mengakses atau memiliki teknik Sage Mode, ada tiga tempat yang bisa didatangi oleh seorang Shinobi. Pertama adalah gunung Myoboku.

Gunung Myoboku adalah gunung suci dimana tempat para petapa Katak berada. Bisa dibilang, inilah “kerajaan katak” dalam cerita Naruto. Jiraiya dan Naruto sendiri berlatih dan bertapa di gunung Myoboku untuk mendapatkan Sage Mode milik mereka.  Namun, ada perbedaan antara Naruto dan Jiraiya pasca mereka bertapa dan berlatih di gunung Myoboku.

Perbedaan terbesar yang paling menonjol adalah Jiraiya tidak mampu mengakses Sage Mode miliknya secara sempurna. Lain halnya dengan Naruto, dimana dia mampu mengakses Sasg Mode dengan sempurna, bahkan dalam waktu yang relatif lebih singkat dari Jiraiya. Hal ini memang sedikitnya menjelaskan bagaimana kualitas kemampuan dan kekuatan dari Naruto.

Tempat kedua yang jadi tempat untuk mendapatkan Sage Mode adalah gua Ryuchi. Jika gunung Myoboku adalah tempat para katak, maka gua Ryuchi merupakan tempat para ular bersemayam. Tempat ini merupakan tempat dimana Orochimaru dan Kabuto mendapatkan kemampuan Sage Mode mereka. Dan yang terakhir adalah hutan Shikkotsu. Ini adalah tempat dimana Katsuyu berada.

Sejauh ini, baru gua Ryuuchi dan Myoboku saja yang sudah diperlihatkan dalam ceritanya. Sedangkan hutan Shikkotsu sendiri masih belum. Banyak para fans yang kemudianberasumsi bahwa Hashirama Senju mendapatkan Sage Mode miliknya dari hutan Shikkotsu ini. Meskipun Naruto dan Sasuke memiliki kemampuan Sage Modenya sendiri, namun kemampuan Sage Mode milik Hashirama rasanya jauh lebih rumit dan unik.

Kemampuan Sage Mode Hashirama dibilang unik karena bisa dibilang hanya dia satu-satunya orang yang memiliki kemampuan ini, sampai sejauh ini. Dan bisa disimpulkan juga ini adalah teknik Sage Mode tersulit yang ada di dunia Konoha, karena Hashirama menjadi satu-satunya orang yang menyatuka Kekkei Genkai Mokuton atau Wood Release dengan kekuatan Sage Mode.

Mokuton sendiri adalah salah satu teknik yang bahkan bisa menyegel kemampuan Susanoo dan bahkan seluruh bijuu manapun. Menariknya, setelah era Hashirama, Naruto digambarkan sebagai sosok yang sempurna dimana dia mampu mencapai level tertingginya dengan cepat seperti yang dilakukan oleh Hashirama. Dan dari generasi baru sendiri ada sosok Mitsuki, yang berhasil mengakses kemampuan Sage Mode sempurna. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah Sage Mode Senjutsu ini adalah teknik Sage Mode tersulit?

 

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.