Tony Stark adalah karakter yang selalu memasukan teknologi paling mutakhir dalam armor Iron Man yang ia buat. Tentu saja teknologi tersebut dapat membantunya saat dibutuhkan. Walau armor buatan Tony stark sangat kuat, tetapi villain Scorpion ternyata memiliki armor yang jauh lebih mematikan daripada armor milik Tony Stark.

Scorpion sendiri memulai debutnya pada tahun 1964 lewat komik Amazing-Spider-Man #19 garapan Stan Lee dan Steve Ditko. Scorpion memiliki nama asli Mac Gargan. Gargan pertama kali diperkenalkan sebagai seorang penyelidik yang sederhana, yang disewa oleh J. Jonah James dari Daily Bugle untuk menyelidiki bagaimana cara Peter Parker mendapatkan foto-foto Spider-Man yang begitu bagus. Jameson kemudian meminta Gargan untuk menjadi subjek eksperimentalnya, di mana Gargan akan diubah menjadi pemangsa alami laba-laba yaitu Scorpion. Gargan saat itu tidak mengetahui bahwa proses tersebut akan merusak pikirannya, yang menyebabkan dia akhirnya menjadi gila dan beralih menjadi orang jahat.

Setelah Gargan menjadi jahat, Gargan percaya bahwa dirinya adalah monster, hingga akhirnya ia tidak pernah melepaskan armor Scorpionnya. Karena itu, Gargan hampir selalu memakai armornya tersebut, dan ia sama-sama membenci Spider-Man dan Jameson. Awalnya, Gargan mengenakan armor biasa yang memiliki ekor panjang seperti tongkat. Namun armor Scorpion pada akhirnya terus mendapatkan peningkatan selama beberapa tahun, setelah ia diperkejakan oleh organisasi jahat yang ingin memanfaatkan bakatnya.

Sosok yang memanfaatkan Scorpion misalnya adalah saingan lama Tony Stark yaitu Justin Hammer. Justice Hammer sempat berkontribusi dalam memodifikasi armor Scorpion. Selain itu ada Tinkerer yang memberikan modifikasi yang lebih baik pada ekor Scorpion di komik Alpha Flight #79. Kemudian armor Scorpion juga mendapatkan peningkatan dan modifikasi dari Norman Osborn, perusahaan korup Roxxon, serta negara Latveria. Baru-baru ini, Scorpion menerima peningkatan yang cukup signifikan dari Alistair Smythe, di mana Scorpion mendapatkan penjepit besar untuk disandingkan dengan ekornya yang tajam. Ia juga memiliki perangkat mekanisme baru yang baru diperlihatkan di komik Ravencroft #5.

Dari armor yang sederhana, kini armor Scorpion jauh lebih canggih dan mematikan. Sekarang, ekornya dapat mencambuk musuh dengan kecepatan 90 mil perjam. Ia juga dapat menembakkan berbagai proyektil seperti zat asam atau energi plasma. Armornya juga memiliki penjepit baru yang sangat kuat, yang memungkinkan Scorpion bertarung dari jarak dekat. Armornya juga dilindungi oleh medan energi dan armornya terhubung dengan pikiran Gargan, yang memberinya semacam pengalaman menjadi kalajengking untuk mengalahkan Spider-Man.

Berkat semua peningkatan dan modifikasi yang sangat banyak tersebut, armor Scorpion menjadi sangat canggih sekaligus mematikan, bahkan dibandingkan dengan armor Iron Man. Memang Iron Man masih memiliki segudang armor yang lebih canggih, dan bahkan armor tersebut akan memenangkan Iron Man saat melakukan pertempuran dengan Scorpion. Tetapi yang harus dicatat bahwa Tony selalu mengupgrade armornya dengan fitur-fitur yang membantunya untuk urusan penyelamatan, pencarian, bergerak lebih lincah, dan menambahkan fitur pertempuran yang bukan untuk mematikan musuhnya.

Dalam armor standarnya, Tony Stark hanya memasukan sedikit persenjataan. Repulsor dengan kekuatan penuhnya bahkan bukan untuk dijadikan sebagai alat pembunuh. Singkatnya, armor Scorpion dibangun oleh berbagai villain hebat yang memiliki kecerdasan dan sumber daya yang sangat banyak. Para villain tersebut berkolaborasi dalam menciptakan armor Scorpion yang tujuannya untuk membunuh. Tentunya karena hal tersebut, armor Scorpion jauh lebih mematikan ketimbang armor Iron Man.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/