Dalam semesta Naruto, Juubi merupakan sosok monster yang sangat mengerikan dengan kekuatan chakra besar di dalamnya. Jika sebelumnya, kita hanya mengenal sosok Kurama atau siluman ekor sembilan sebagai yang terkuat. Tapi, kini kita akhirnya diperkenalkan dengan Juubi yang jauh lebih kuat, yaitu Juubi ekor sepuluh (Ten Tails).

Juubi sendiri merupakan perwujudan dari gabungan Kaguya Otsutsuki dan God Tree, yang sengaja di ciptakan untuk mengambil kembali chakra yang diturunkan kepada mereka melalui kedua anaknya, Hagoromo Otsutsuki dan Hamura Otsutsuki. Saking kuatnya dan mengerikannya monster berekor sepuluh ini, Madara dan Obito berusaha untuk membangkitkan kembali dan mencoba membuat monster tersebut sebagai cara untuk mewujudkan tujuannya.

Gabungan Dari Dua Makhluk

Jauh sebelum desa Konoha ditemukan, sebuah era dimana peperangan antara manusia tidak pernah berhenti, God Tree, sebatang pohon yang berubah menjadi makhluk hidup, menghasilkan buah chakra yang muncul setiap seribu tahun sekali. Ternyata diketahui bahwa klan Otsutsukilah yang menanamkan monster ekor sepuluh tersebut di bumi, lalu tumbuh menjadi God Tree demi menguras seluruh chakra yang ada di planet ini.

Meskipun sebenarnya dilarang untuk memakan buah tersebut, Kaguya Otsutsuki justru memakannya. Hasilnya adalah Kaguya memiliki chakra yang sangat dahsyat, bahkan bisa mengentikan seluruh peperangan yang terjadi di bumi. Kaguya kemudian melahirkan dua anak, Hagoromo dan Hamura, dan mereka menjadi orang pertama yang memiliki chakra.

Kaguya kemudian menyatakan bahwa kekuatan chakra yang ada di kedua anaknya tersebut adalah miliknya. Akhirnya, bekerja sama dengan God Tree (dewa pohon) mereka pun menyatu dan menjadi makhluk yang disebut Ten-Tails atau monster ekor sepuluh. Monster ini benar-benar menghadirkan kekacauan di bumi, demi mendapatkan kembali chakra yang ada di kedua anaknya tersebut.

Dengan menggabungkan kedua kekuatan mereka, Hagoromo dan Hamura akhirnya berhasil menyegel monster tersebut di bulan. Sebagian chakra lainnya kemudian disegel di dalam tubuh Hagoromo, yang membuatnya menjadi Jinchuuriki pertama dalam cerita Naruto. Hal inilah yang kemudian membuat Hagoromo disebut sebagai Sage of Six Paths.

Sadar jika Hagoromo mati maka monster ekor sepuluh akan membuat kekacauan kembali, akhirnya ia memutuskan untuk membagi atau memisahkan chakra dari monster tersebut ke sosok monster lainnya yang dia ciptakan yaitu monster ekor sembilan. Tanpa diketahui yang lain, ternyata Kaguya juga menciptakan Black Zetsu agar bisa kembali membangkitkan dirinya.

Butuh waktu ribuan tahun untuk mengumpulkan kembali chakra dari anak-anak Hagoromo, Indra dan Asura, untuk membangkitkan Rinnegan. Berkat Black Zetsu, Rinnegan kembali digunakan oleh penerus Hagoromo yaitu Madara Uchiha. Madara kemudian membangkitkan kembali wadah kosong dari monster ekor sepuluh yang diberi nama Demonic Statue of the Outer Path.

Bekerja sama dengan Obito, Madara berhasil menyatukan kembali tubuh atau wadah monster ekor sepuluh ke wujud aslinya. Dengan menggunakan monster ini, Madara bisa menjalankan tujuan utamanya.

Koneksi Dengan Kurama

Menurut Kurama (monster ekor sembilan yang ada di dalam diri Naruto), monster ekor sepuluh tidak bisa dideteksi keberadaannya melalui emosi negatif. Hal ini dikarenakan monster tersebut memang tidak mempunyai perasaan atau hal apapun. Meskipun begitu, ketika monsternya merasakan keberadaan chakra dari Kurama dan mengingat kembali sosok Hagoromo, dengan otomatis monster ekor sepuluh akan memperkuat dirinya sendiri.

Banyak yang mempercayai jika monster tersebut merupakan inkarnasi dari dewa pohon (God Tree) yang memang bertujuan untuk mengumpulkan Chakra yang dicuri oleh Kaguya, tapi sebenarnya monster tersebut mengikuti keinginan Kaguya yang ingin semua chakra tersebut kembali kepadanya.

Kemampuan

Monster ekor sepuluh disebut-sebut sebagai awal mula dari semua yang ada di bumi ini. Dialah tuhan yang menciptakan berbagai negara, dan memiliki kekuatan untuk membalikan gunung atau membuat seluruh daratan tertutupi oleh air. Kurama sendiri mengakui jika dia sendiri tidak akan sanggup menghadapinya sendiri. Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, jika dia kembali muncul monster ini akan menyebabkan kekacauan.

Dianggap sebagai sumber dari segala chakra, wajar jika kemudian monster ekor sepuluh memiliki kekuatan chakra yang sangat dahsyat, yang bisa memberikan kehancuran bagi seluruh dunia. Monster ini juga bisa menciptakan jutsu yang disebut sebagai Tailed Beast Ball. Kemampuan ini tidak dimiliki oleh Juubi lainnya, karena monster ekor sepuluh adalah Juubi yang asli.

Jika ekor Kurama bisa menghancurkan gunung, maka raungan dari monster ekor sepuluh bisa menghadirkan sebuah bencana alam yang mengerikan. Untuk mempertahankan diri, monster ini bisa membangkitkan berbagai ciptaannya, mulai dari huimanoid ataupun makhluk berbentuk binatang. Mereka kemudian akan maju dengan senjata mereka dan melawan, demi melindungi monster ini.

Yang lebih mengerikan adalah ketika form terakhirnya bisa dilakukan, maka monster ini bisa menyerap chakra musuh mereka, dan mengubah manusia menjadi jasad hanya dalam waktu beberapa detik. Jinchuurikinya bisa membentuk akar yang ada dalam diri monster ini, sesuai dengan keinginannya. Infinite Tsukuyomi juga menjadi salah satu kelebihan dan kemampuan yang dimiliki oleh monster berekor sepuluh.