Bermain game atau permainan adalah salah satu cara yang bisa membuat kita menjadi rileks, dan mampu melepaskan stress yang menumpuk dan ada di tubuh kita. Bermain game juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu luang, dan menjadi aktivitas di sela-sela kesibukan kita sehari-hari. Tujuan utamanya tentu untuk bersenang-senang, tapi bagaimana jika bermain game justru membuat kita stress?

Adalah cheat atau cara curang yang membuat semuanya berantakan. Hampir semua game (baik online maupun offline) selalu memiliki cheat yang digunakan oleh orang-orang tertentu untuk membantu mereka menang. Hal ini juga nampaknya terjadi dalam game yang sedang naik daun, Among Us. Menjadi populer baru-baru ini, nyatanya ada banyak pemain yang menggunakan cheat dalam permainan ini. Lalu, apa saja cheat yang muncul di game ini?

Membunuh Terus Menerus

Jika Geeks menjadi impostor, tentunya sudah menjadi kewajiban untuk menghabisi semua crewmate. Tapi, ada aturan yang harus dipatuhi, terutama ketika membunuh crewmate. Akan selalu ada jeda (cooldown) dalam setiap aksi yang dilakukan, biasanya sekitar 15-30 detik. Namun, ketika menggunakan cheat, impostor tersebut bisa membunuh crewmate tanpa adanya jeda.

Sebenarnya, aturan mengenai jeda atau cooldown ini bisa diatur di costumize oleh si room master. Terdapat tulisan “Kill Cooldown” yang bisa diatur sesuai yang kita inginkan, tapi tentunya ada batas terendah untuk settingan tersebut yang mana tetap ada jeda yang harus ditunggu oleh sosok impostor tersebut. Ketika cheat ini diaktifkan, sang impostor bisa menghabisi dua crewmate sekaligus dalam waktu yang berdekatan.

Membunuh Secara Serempak

Sebenarnya cheat ini mirip dengan cheat di atas. Namun, jika cheat di atas masih perlu usaha dari sang impostor, untuk mencari keberadaan crewmate, lain halnya dengan cheat ini. Ketika diaktifkan cheat ini akan mampu membunuh seluruh crewmate dalam waktu yang bersamaan. Biasanya cheat ini akan aktif sejak awal permainan dimulai, sehingga tidak sampai 10 detik permainan sudah selesai (bahkan begitu ronde dimulai semua crewmate akan tewas).

Penggunaan cheat ini memang sangat jarang terlihat atau digunakan, karena memang terlalu “jelas”. Para pemain yang menemukan cheat ini pun kemungkinan akan langsung memilih pergi dari room tempat mereka bermain – jika sang cheater tidak pergi terlebih dahulu. Bisa dibilang, ini adalah cheat yang paling menyebalkan.

Membunuh Dari Jarak Jauh

Sama halnya dengan jeda atau cooldown dalam setiap aksi membunuh seorang impostor, terdapat juga jarak jangkauan dari serangan impostor tersebut yang bisa kita atur di costumize. Setidaknya ada tiga pilihan jangkauan serangan yang bisa dipilih oleh room master. Namun, yang perlu menjadi catatan adalah meskipun sudah dipilih yang paling jauh, tetap ada batas untuk jangkauan serangan tersebut.

Sayangnya, ketika ada seseorang yang mengaktifkan cheat ini, maka dimanapun lokasi kita sang impostor tetap akan bisa membunuh crewmate. Jika Geeks harus tewas disaat tidak ada siapapun di dekat kalian, maka bisa dipastikan sang impostor menggunakan cheat untuk membunuh semua crewmate.

Bergerak Dengan Cepat

Cheat yang juga tidak kalah menyebalkan bagi para pemain Among Us adalah mampu bergerak dengan sangat cepat, terlepas dia adalah seorang impostor atau crewmate. Lagi-lagi, sebenarnya pengaturan tentang bergerak dengan cepat bisa diatur oleh room master di costumize. Ada banyak pilihan kecepatan, mulai dari 1.75x sampai bahkan 3.00x.

Untuk hal ini Geeks perlu teliti, karena bisa jadi itu bukan cheat melainkan memang settingannya. Yang harus diperhatikan adalah settingan room tersebut yang nampak dibagian kiri layar sebelum permainan dimulai. Cheat ini sendiri tentunya membuat pelaku bisa berlari lebih kencang dari apa yang sudah ditetapkan. Jika pengguna cheat ini adalah impostor, tentunya akan menjadi sebuah kerugian bagi semua crewmate, dan begitu juga sebaliknya.

Bisa Melihat Siapa Impostornya

Salah satu elemen yang mengasyikan dan menjadi ciri khas dari Ampng Us adalah unsur kejutan di dalam gamenya, dimana kita harus menebak siapa diantara para pemain yang merupakan impostor. Lalu, bagaimana jika kemudian kita sudah mengetahui siapa sebenarnya impostornya? Padahal kita adalah crewmate, yang mana kita tidak bisa tahu siapa impostornya.

Salah satu cheat yang muncul adalah mampu melihat atau mengetahui siapa impostornya, meskipun kita adalah crewmate. Menggunakan cheat ini tentunya membuat permainan menjadi tidak mengasyikan, karena bisa dipastikan para crewmate (atau mereka yang menggunakan cheat) akan terus mengikuti sang impostor tersebut – meskipun ada juga cara lain, misalnya dengan bermain bersama teman dan kemudian bekerja sama.