Gol D. Roger adalah bajak laut terhebat yang pernah hidup di dunia One Piece. Ia pernah merasakan ketenaran, kekuasaan, dan ia telah mencapai sebuah gelar yang paling ditakuti, raja bajak laut. Saat kematian Roger yang tragis, kematiannya telah memicu sebuah era bajak laut baru, di mana pada era tersebut, kita diperkenalkan sosok Luffy. Di akhir cerita One Piece, Luffy akan menjadi seorang raja bajak laut dan melampaui Roger dalam beberapa hal. Berikut adalah berbagai tanda saat Luffy melampaui Roger sebagai raja bajak laut.

Luffy Miliki Kekuatan Berbahaya

Luffy memang memiliki cita-cita untuk menjadi raja bajak laut. Namun Luffy menyadari bahwa untuk menjadi raja bajak laut, ia tidak dapat melakukannya sendiri. Luffy memiliki teman-teman yang rela membantunya mencapai puncak. Namun tak hanya itu, Luffy memiliki kekuatan untuk mengubah musuhnya menjadi sekutunya. Hal tersebut pernah diucapkan langsung oleh Mihawk. Menurut Mihawk, Luffy memiliki kemampuan paling berbahaya di seluruh dunia, yaitu mengubah musuh menjadi sekutu. Dengan dukungan semua orang, Luffy pasti akan mencapai puncak. Yang menarik, kemampuan tersebut di dapat oleh Luffy secara alami.

Orang Terpilih

Roger adalah orang pertama yang mencapai Pulau Terakhir dalam 800 tahun terakhir, dan ia kemudian menamakan pulau tersebut dengan nama Laugh Tale. Setelah menemukan Laugh Tale, Roger lantas mendapatkan gelar raja bajak laut dan ia berhasil membawa perubahan besar bagi dunia. Namun setelah mengemban gelar tersebut, Roger dieksekusi mati oleh Pemerintahan Dunia. Setelah kematian Roger, belum ada sosok pengganti yang membawa perubahan besar bagi dunia. Lalu kemudian munculah Luffy, sosok pria yang dipercayakan Shanks untuk menggunakan Topi Roger. Luffy adalah orang terpilih yang akan membebaskan Wano dan membawa perubahan besar di dunia One Piece. Dengan melakukan itu, Luffy pasti akan melampaui Roger.

Memenuhi Janji Joy Boy

Sea King pernah menyebut bahwa Luffy adalah salah satu penguasa lautan. Sebutan itu memang tidak salah karena Luffy memang berhasil membawa para manusia ikan ke daratan, untuk tinggal dan bekerja bersama. Salah satu contoh manusia ikan yang Luffy ajak bekerja sama adalah Jinbe. Bahkan Jinbe sekarang merupakan bagian kru Topi Jerami. Sebelumnya, Joy Boy, karakter legendaris di One Piece pernah berjanji membawa manusia ikan ke daratan, namun janji tersebut tidak pernah terpenuhi. Itu berarti Luffy dapat memenuhi janji Joy Boy. Roger meskipun menjadi raja bajak laut, tetapi ia tidak dapat memenuhi janji Joy Boy untuk membawa perdamaian antara manusia ikan dan manusia.

Mengalahkan Tenryuubito

Para penguasa dunia yang dikenal sebagai keturunan dari 20 raja, atau juga disebut Tenryuubito adalah musuh terbesar di dunia One Piece. Mereka adalah musuh yang sering mengusik kerajaan Kuno lebih dari 800 tahun yang lalu, seperti yang dijelaskan oleh Clover. Luffy, sebagai orang yang akan membawa sejarah baru dipundaknya akan menjadi sosok yang mengalahkan Tenryuubito yang korup, dan dengan melakukan itu, Luffy akan  melampaui Roger.

Menjadi Manusia yang Bebas

Roger percaya bahwa orang yang paling bebas di dunia adalah seorang raja. Luffy yang  menjadi “penerus” Roger juga memiliki keyakinan yang sama. Walau Roger menjadi orang yang paling bebas di lautan pada zamannya, namun Roger tidak bisa berbuat banyak untuk melawan sistem dunia yang korup dan melawan Naga Langit. Sementara itu Luffy akan menjadi sosok yang bebas seperti Roger, namun di saat yang sama, Luffy akan menghentikan para pemerintahan dunia dan Naga Langit, dan itu akan membuatnya lebih hebat dari Roger.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/