Konspirasi, teori, dan segala macam rupanya adalah hal yang selalu menarik untuk dibahas, terlepas apakah konspirasi atau berbagai “fakta” yang disuguhkan benar adanya. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh para sineas film untuk membuat sebuah cerita layar lebar yang berkaitan atau mengangkat tema tentang konspirasi, baik yang memang terjadi di dunia nyata atau pun cerita yang mereka buat sendiri. Ada banyak film-film bertema konspirasi yang menarik untuk kita saksikan, dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Syriana (2005)

Syriana merupakan film bertema konspirasi geo-politik, yang menghadirkan cerita dimana Amerika Serikat berusaha untuk menguasai seluruh sumber daya alam yang ada di dunia, terutama ladang minyak yang ada di teluk persia yang diketahui memiliki cadangan terbesar. Pihak Amerika tentunya menggerakan instrumen-instrumen mereka untuk mewujudkan impian tersebut, salah satunya adalah dengan menggerakan perusahaan multi-nasional, Connex Oil.

Selain perusahaan multi-nasional, di film ini juga diperlihatkan bagaimana Amerika mencoba menggerakan CIA untuk menghabisi siapapun pihak-pihak yang mencoba menghalangi langkah mereka untuk menguasai ladang minyak tersebut. Ironisnya, apa yang terjadi dalam film ini sejalan dengan apa yang terjadi dalam dinamika politik Amerika dan dunia saat ini.

Area 51 (2015)

Geeks tentunya mengenal area 51, area paling terlarang di seluruh dunia ini yang berada di wilayah Nevada, Amerika. Menurut berbagai teori konspirasi yang ada, Area 51 dipercaya menjadi tempat penyimpanan berbagai bukti-bukti nyata kemunculan alien atau makhluk luar angkasa lainnya. Kepopuleran area 51 ini membuat banyak orang mengadaptasinya dalam berbagai cerita, bahkan dalam film.

Salah satunya adalah sebuah mockumentary berjudul Area 51, yang dirilis pada 2015 dan disutradai oleh Oren Peli. Ceritanya sendiri berkisah tentang sekelompok anak muda berjumlah tiga orang yang sangat terobsesi dengan sosok alien. Karena hal inilah, mereka mencoba untuk menerobos wilayah area 51, dan mengumpulkan semua bukti-bukti yang bisa mereka temukan tentang keberadaan alien di wilayah tersebut.

JFK (1991)

Momen kematian presiden Amerika, John F. Kennedy, pada 1963 silam benar-benar membuat seluruh dunia gempar. Pasalnya, tidak ada yang menyangka bahwa hal tersebut akan terjadi. Tersangka penembakan sendiri sudah ditangkap oleh pihak pemerintah yaitu Lee Harvey Oswald. Meskipun, pelaku penembakan sudah tertangkap, banyak yang meragukan bahwa Oswald bergerak sendiri.

Hal inilah yang kemudian memunculkan sebuah teori konspirasi (yang sudah muncul sejak lama) bahwa ada kelompok rahasia yang memang ingin menggulingkan presiden JFK. Ini juga yang ditampilkan dalam film JFK karya Oliver Stone. Filmnya sendiri berkisah tentang seorang jaksa, Jim Garrison, yang mencoba untuk menggali semua informasi yang ada tentang kematian sang presiden, bahkan dia berusaha untuk mencari tahu adanya keterlibatan kelompok rahasia dalam kejadian ini.

Invisible Empire: A New World Defined (2010)

Illuminati dan tatanan dunia baru (new world order) adalah hal yang sudah sejak puluhan tahun lalu muncul di kalangan para pecinta teori. Banyak yang percaya bahwa kelompok paling rahasia di dunia ini, menjadi dalang dari berbagai peristiwa yang terjadi di dunia, apalagi yang berkaitan dengan masalah perekonomian. Mereka mencoba mengatur semua perekonomian yang terjadi di dunia ini.

Sama halnya tentang area 51, kepopuleran Illuminati ini kemudian diangkat dalam sebuah film dokumenter berjudul Invisible Empire: A New World Defined yang disutradarai oleh Jason Bermas. Bermas sendiri mencoba untuk mengungkapkan berbagai teori konspirasi yang terjadi di dunia nyata melalui berbagai peristiwa yang terjadi. Dokumenter ini juga mencoba untuk menjelaskan bagaimana mereka berusaha menguasai dunia melalui penuturan yang logis dan ilmiah.

Zeitgeist: The Movie (2007)

Zeitgeist: The Movie merupakan sebuah film dokumenter karya sutradara Peter Joseph. Film dokumenter ini berisi narasi, video arsip, dan animasi yang menjelaskan mengenai berbagai teori-teori yang ada di dunia, dari sudut pandang ilmiah dan logis. Bukan hanya mengenai teori-teori konspirasi yang ada, film dokumenter ini juga membahas mengenai agama dari sudut pandang sejarah dan elemen lainnya.

Film ini juga membahas bagaimana para pemimpin dunia berusaha untuk membangun sebuah bank dunia, yang akan mengatur perekonomian seluruh negara. Dengan pembahasan dan tema yang “mendalam” inilah yang membuat Zeitgeist menjadi film yang sangat kontroversial di kalangan pecinta film dan banyak orang.  Meskipun begitu, film ini sendiri sudah ditonton sebanyak lebih 10 juta kali sejak dirilis secara daring di Google Video, Youtube, dan Vimeo.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.