Seperti yang sudah kita ketahui, Yonko merupakan istilah untuk menyebutkan empat orang penguasa di lautan. Mereka adalah penguasa wilayah di New World, dan bajak laut terkuat. Yonko sendiri memiliki wilayah kekuasaannya masing-masing di New World, dan mereka adalah ancaman terbesar bagi Pemerintah Dunia.

Satu hal yang spesial dari seorang Yonko adalah level kekuatan mereka sangat dekat dengan sang raja bajak laut, Gol D. Roger. Banyak yang berteori bahwa Yonko sendiri adalah sebuah sistem yang dibuat oleh Pemerintah Dunia, yang mana artinya bisa jadi adanya pergantian (rolling) dari titel ini.  Sama halnya seperti Shichibukai, yang mana sudah ada beberapa orang yang mengisi titel tersebut. Dan berikut adalah kemungkinan sosok bajak laut yang pernah mengisi titel Yonko dari berbagai generasi.

Generasi Lama

Whitebeard

Dalam sejarah One Piece, Whitebeard merupakan bajak laut terkuat kedua di dunia setelah Gol D. Roger dan krunya. Selama beberapa dekade, dia berhasil menguasai beberapa wilayah di lautan dan tidak ada yang berani melukai salah satu krunya. Whitebeard memang sudah dari dulu menjadi sosok yang kuat, apalagi kekuatannya ditambah dengan buah ibis Gura Gura no Mi.

Dengan kekuatannya dia bisa saja menghancurkan dunia ini. Dia juga bisa saja membuat sebuah kekacauan besar di dunia kapan pun yang dia inginkan. Tapi, hal itu tidak dia lakukan karena dia memilih untuk menjadi seorang ayah yang baik bagi anak-anaknya. Itulah mengapa Whitebeard menjadi salah satu karakter yang paling difavoritkan dan paling dihargai dalam sejarah anime.

Gol D. Roger

Sang raja bajak laut, Gol D. Roger, merupakan salah satu karakter yang paling kuat di sepanjang seri ini. Roger diceritakan sudah berhasil menaklukan semua pulau di Grand Line. Petualangannya yang terakhir membawa dia ke sebuah pulau bernama Laugh Tale, tempat dimana Poneglyph terakhir berada dan harta karun One Piece.

Roger dianggap sebagai bajak laut yang paling sukses dalam sejarah. Dari segi kekuatan, Roger bisa menandingi berbagai karakter kuat, seperti Whitebeard, dalam sebuah pertarungan. Hal ini pernah diperlihatkan dalam flashback kisah Kozuki Oden, dimana pertarungan Roger dan Whitebeard berlangsung selama tiga hari dan berakhir imbang.

Shiki

Shiki the Golden Lion merupakan salah satu bajak laut legendaris dalam cerita One Piece selain Whitebeard dan merupakan seseorang yang level kekuatannya berada di taraf yang sama dengan Gol D. Roger. Bahkan, Shiki juga mampu menyamai kekuatannya dengan sosok seperti Whitebeard, Garp, dan Sengoku. Shiki juga adalah bajak laut yang ahli menggunakan pedang, meskipun posisinya ada di bagian kaki dan bukan di tangan.

Selain kemampuan berpedang, Shiki juga memiliki kemampuan buah iblis Fuwa Fuwa. Berkat kemampuan buah iblis Fuwa Fuwa no Mi, dia memiliki kemampuan untuk membuat benda di sekitarnya terbang, dan bahkan dia sendiri pun bisa terbang. Dalam pertarungannya melawan angkatan laut, Shiki bisa dengan mudah menghancurkan setengah dari Marineford, yang mana pulau Marineford terhitung sebagai pulau yang sangat besar.

Big Mom

Charlotte Linlin atau yang dikenal sebagai Big Mom, adalah sosok lainnya yang memiliki titel Yonko dalam cerita One Piece dari generasi lama. Dia merupakan kapten dari bajak laut Big Mom dan menguasai banyak wilayah di Grand Line. Kekuatan Linlin benar-benar sangat luar biasa, dimana dia diketahui pernah membunuh seorang raksasa hanya ketika usianya masih 5 tahun.

Ketika dewasa, dia mampu menghabisi siapapun yang menghalangi jalannya. Dia bahkan mampu menandingi kekuatan dari Kaido, meskipun dia tidak menggunakan kekuatannya 100% yang mana hal tersebut membuktikan bahwa Big Mom bukanlah karakter yang patut diremehkan. Big Mom sendiri bisa dibilang adalah “Yonko Terakhir” dari generasi lama, setelah Whitebeard tewas.

Generasi Baru

Kaido

Kaido dikenal sebagai makhluk paling kuat yang ada di dunia One Piece. Dia merupakan kapten dari bajak laut Beast, dan saat ini menjadi pemimpin dari negara Wano. Sebagai salah satu dari empat penguasa samudera, tentunya kekuatan Kaido tidaklah main-main. Selama ini, Kaido tidak bisa dibunuh atau tidak bisa dilukai. Satu-satunya orang yang pernah melukai Kaido adalah Kozuki Oden.

Kekejaman Kaido sebagai seorang bajak laut juga menjadikannya sebagai sosok yang berbahaya. Dan kemampuannya untuk hidup kekal juga menjadi sebuah kemampuan yang mengerikan. Meskipun mungkin dia tidak lebih kuat dari Whitebeard, setidaknya dia mampu menandingi kekuatannya. Dia juga memiliki kemampuan buah iblis yang mampu membuatnya berubah menjadi naga.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.