Sama halnya seperti seri manga populer pada umumnya, seri One-Punch Man karya ONE sendiri juga memiliki banyak misteri yang masih belum terpecahkan. Contoh yang paling nyata adalah bagaimana Saitama bisa menjadi sangat kuat, bahkan lebih kuat dari apapun, dengan hanya berlatih fisik setiap hari? Banyak teori yang mencoba untuk menjawab terkait dengan permasalahan ini, namun sampai sekarang masih belum ada jawaban pastinya.

Contoh lainnya yang masih menjadi bahan diskusi hangat sampai saat ini adalah rahasia tentang sosok Blast, pahlawan paling kuat dan pahlawan nomor 1 di kelas S Asosiasi Pahlawan. Sejak awal seri manganya, kita sudah dijelaskan bahwa Blast adalah sosok yang misterius. Disebutkan bahwa Blast adalah pahlawan terkuat, dan pahlawan nomor 1. Namun, sayangnya kita belum pernah diperlihatkan bagaimana sosok dari Blast.

Selama ini, kita hanya diperlihatkan siluet dari sosok Blast. Tidak hanya di versi manga, dalam versi webcomic pun ONE hanya menggambar sosok Blast dengan siluet saja. Menurut mitosnya, Blast menghilang dan hanya akan muncul jika bumi berada dalam situasi bahaya atau keselamatan umat manusia dalam bahaya. Namun, akhirnya rasa penasaran para fans mengenai sosok Blast akhirnya terjawab di chapter terbaru One-Punch Man.

Dalam chapter 188, diperlihatkan bagaimana Drive Knight mendapatkan suplai tenaga tambahan untuk ikut membantu Tatsumaki menghadapi Psykos. Dijelaskan bahwa Drive Knight mengambil “sedikit” kekuatan Psykos yang ada di dalam akar yang menjalar ke seluruh kota di City Z. Cerita kemudian berpindah ke sosok Sweet Mask, dimana dia masih shock dengan dirinya sendiri.

Sweet Mask merasa dirinya tidak berguna dengan kekuatan yang dia miliki, dan juga bagaimana dia tidak tahan dengan kejelekan yang ada dalam dirinya. Seperti yang kita tahu, Sweet Mask dulunya adalah salah satu monster, sebelum kemudian dia mendapatkan kekuatan dan berubah menjadi sosok manusia tampan, dan kemudian bergabung dengan Asosiasi Pahlawan.

Di tengah-tengah depresi yang dialami oleh Sweet Mask, dia tiba-tiba teringat dengan apa yang terjadi kepada sosoknya dahulu. Dalam chapter ini terlihat bahwa Amai Mask ditolong oleh seorang pahlawan, yang jika Geeks perhatikan mungkin bisa kalian simpulkan siapa dia sebenarnya. Meskipun belum ada konfirmasi, tapi sosok yang menolong Amai Mask saat itu kemungkinan adalah Blast.

Mengapa sosok tersebut adalah Blast? Hal ini dilihat dari ciri-ciri sosok tersebut dengan siluet Blast. Silet tersebut mengenakan jubah putih (mirip seperti Saitama) memiliki rambut bergaya spike dan mengenakan armor yang sangat mirip dengan siluet Blast. Dalam momen tersebut sosok pahlawan yang kemungkinan adalah Blast tersebut mencoba untuk menenangkan sosok Amai Mask.

Dalam momen tersebut, memang tidak disebutkan apakah sosok tersebut adalah Blast atau bukan, tapi dengan ciri-ciri yang sangat mirip maka kemungkinan besar itu adalah sosok blast. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apa yang terjadi pada saat itu? Apakah artinya Amai Mask memiliki koneksi dengan sosok Blast?

Dari apa yang diperlihatkan di gambar, sepertinya Blast baru saja mengalahkan satu monster yang kemungkinan sangat kuat. Dan dilihat dari ekspresi yang diperlihatkan oleh Amai Mask, mungkin dia mengalami frustasi yang sama dengan apa yang dia alami saat ini, yaitu dia tidak percaya diri dengan kekuatannya – entah karena dia kalah dalam pertarungan tersebut atau ada faktor lain.

Dan dari momen tersebut bisa disimpulkan bahwa Sweet Mask/Amai Mask merasa bahwa Blast adalah “pahlawannya”. Tapi, sepertinya dia membenci momen tersebut. Jika dibandingkan dengan Tatsumaki, mungkin koneksi pribadi antara Sweet Mask dan Blast sangat berbeda jauh. Kita nantikan saja ya Geeks konfirmasi mengenai sosok Blast Ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.