Jika ada diantara Geeks yang belum tahu, karakter dalam cerita One Piece sebenarnya terinspirasi dari sosok bajak laut atau tokoh penting lainnya di dunia nyata. Memang, mungkin sebagian besar dari Geeks belum pernah mendengar siapa sosok nyata yang menginspirasi karakter tersebut, tapi buat fans yang memang mencari tahu lebih dalam mungkin sudah tahu tentang sosok tersebut.

Kebanyakan sosok nyata yang menjadi inspirasi dari para karakter di One Piece ini memanglah seorang bajak laut. Tentunya Oda Sensei melakukan riset panjang dan lama terlebih dahulu sebelum kemudian dia membuat sosok karakter tersebut. Berikut adalah penjelasan mengenai sosok nyata bajak laut yang menginspirasi karakter One Piece.

Blackbeard

Dulu Blackbeard hanyalah kru biasa di kapal Whitebeard, sampai kemudian dia berkhianat dan membuat kru bajak lautnya sendiri. Krunya sendiri berisikan para penjahat level 6 Impel Down, dan beberapa lainnya merupakan bajak laut yang berbahaya. Dengan kekuatan yang dia miliki saat ini, Blackbeard menjadi salah satu pesaing berat untuk Luffy dalam menjadi raja bajak laut.

Blackbeard sendiri merupakan julukan yang sama yang disematkan kepada seorang bajak laut bernama, Edward Teach. Edward Teach adalah sosok yang menginspirasi Oda untuk kemudian menciptakan Marshall D.Teach. Oda menggunakan nama akhir dan julukannya, namun mengganti nama depannya dengan ‘Marshall’.

Roronoa Zoro

Salah satu anggota dari topi jerami dan merupakan calon ahli pedang terbaik di dunia. Zoro merupakan salah satu anggota Worst Generations yang bukan berposisi kapten, setelah Killer. Zoro ahli dalam menggunakan tiga pedang sekaligus. Dia memiliki pedang Wado Ichimonji, Sandai Kitetsu, dan Enma. Dengan pedangnya, dia sudah banyak mengalahkan musuh dan bersama dengan Luffy namanya terus dikenal oleh angkatan laut.

Meskipun dari segi desain karakter Zoro sangat lekat dengan nuansa Jepang (bahkan Oda sensei sendiri menyebutkan bahwa Zoro berasal dari Jepang), tapi yang mengejutkannya adalah karakter Zoro terinspirasi dari seorang bajak laut dari Perancis bernama Francois l’Ollonais. Nama ‘Roronoa” sendiri diadaptasi dari nama depan sosok tersebut dengan pelafalan dalam bahasa Jepang. L’Ollonais sendiri adalah seorang bajak laut yang aktif di tahun 1660an.

Charlotte Linlin/Big Mom

Charlotte Linlin atau biasa dikenal sebagai Big Mom, merupakan kapten dari bajak laut Big Mom dan merupakan satu-satunya Yonko wanita dalam cerita One Piece. Big Mom juga memiliki pengaruh yang sangat kuat di seluruh dunia. Seperti yang diungkapkan oleh Sengoku, nilai buruan dari seorang Big Mom saat ini adalah 4,388 milliar Belly.

Dengan kekuatan yang sangat luar biasa, Big Mom merupakan salah satu ancaman serius bagi Pemerintah Dunia. Nama Charlotte Linlin sendiri terinspirasi dari dua nama yang berbeda. Pertama adalah Chalotte de Berry, seorang bajak laut yang berasal dari Inggris dan yang kedua adalah Charlotte Badger.

Jewelry Bonney

Kapten dari bajak laut Bonney. Jewelry Bonney merupakan bajak laut yang selalu lapar. Ketika dia makan, porsi makannya pun benar-benar sangat banyak.  Hal ini dikarenakan kemampuan buah iblis yang dia konsumsi, dimana dia mampu merubah seseorang menjadi lebih tua atau lebih muda ketika melakukan kontak fisik. Contohnya, dia bisa mengubah pasukan angkatan laut yang menyerangnya menjadi anak kecil.

Bonney sendiri terinspirasi dari sosok nyata bajak laut bernama Anne Bonney. Anne Bonney adalah seorang bajak laut wanita yang aktif pada abad ke 18. Anne Bonney sebenarnya terlahir dari keluarga bangsawan, tapi sepertinya hal itu tidak membuat hidupnya nyaman. Sehingga dia memutuskan untuk menjadi seorang bajak laut.

Edward Newgate/Whitebeard

Edward Newgate alias Whitebeard sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu Yonko, selain Big Mom, Shanks, dan Kaido. Dia adalah bajak laut yang selalu mengumpulkan bajak laut yang “tersesat” dan diangkat menjadi anaknya contohnya adalah Ace. Sejak beberapa chapter kemarin, kita mengetahui bahwa ada alasan mengapa Whitebeard menjadi salah satu orang yang ditakuti.

Menurut angkatan laut, nilai buruan Whitebeard menyentuh lebih dari 4 Milliar Belly. Nilai itu lebih tinggi dibandingkan Yonko yang lain. Uniknya dari karakter ini adalah nama Edward sendiri terinspirasi dari sosok Edward Teach (Blackbeard). Edward Lowe juga merupakan sosok bajak laut yang populer, yang bisa jadi juga adalah inspirasi bagi karakter ini.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.