Phase 4 MCU mungkin telah ditunda karena pandemi yang terjadi, tetapi proyek baru MCU masih menjanjikan banyak hal menarik. Salah satu hal yang paling menarik di Phase 4 MCU adalah serial WandaVision yang dibintangi oleh Elizabeth Olsen. Dalam trailer serialnya, kita diperlihatkan sebuah realitas alternatif yang dapat mengubah seluruh persepsi MCU. Tidak ada yang tahu persis apa yang terjadi di trailer WandaVision, tetapi gaya sitkom yang unik, dan kembalinya Vision membuktikan bahwa serial WandaVision bukanlah serial biasa.

Selain itu, ada bagian yang juga tak kalah menarik di Phase 4 yaitu film Thor: Love and Thunder. Film tersebut sekali lagi disutradarai oleh Taika Waititi, dan filmnya menampilkan Natalie Portman yang kembali sebagai Jane Foster. Dalam film tersebut, Jane Foster akan mewarisi kekuatan mantan pacarnya, Thor, dan Jane Foster akan menjadi Lady Thor.

Scarlet Witch sendiri dikonfirmasi tampil di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, namun kembalinya Scarlet Witch di MCU belum dikaitkan dengan film Thor: Love and Thunder. Tetapi tahukah kalian jika sebenarnya sosok Scarlet Witch bisa mennjadi sangat penting dalam proses transformasi Janes Foster sebagai Lady Thor?

Thor 4 Tidak Mengadaptasi Cerita Komik?

Dalam komik, ketika Thor Odinson menjadi tidak layak untuk mengangkat Mjolnir, Jane Foster lantas menggantikannya. Jane Foster memiliki semangat juang seorang pahlawan sejati, dimana dia selalu mengedepankan kepentingan orang lain dibandingkan dirinya sendiri, demi sesuatu yang lebih baik. Hal tersebut terbukti ketika dia tetap memutuskan berubah menjadi Thor, meskipun kondisinya lemah karena kanker yang menggerogoti tubuhnya akibat radiasi perubahan Thor. Untuk menjadi pengganti Thor, Jane Foster harus membayarnya dengan harga tinggi.

Namun tentunya, cerita tragis tersebut tidak terlalu cocok jika dimasukan ke film Thor: Love and Thunder. Apalagi, filmnya disutradarai oleh Taika Waititi, yang sebelumnya mendapatkan pujian berkat film Thor: Ragnarok yang dianggap sebagai sebuah film superhero dengan bumbu komedi. Seperti yang disebutkan diatas, kanker sepertinya tidak cocok dimasukan dalam sebuah film yang dibalut dengan komedi.

Lady Thor dari Multiverse

Meskipun Natalie Portman dipastikan kembali di Thor: Love and Thunder sebagai Jane Foster, namun karakter Jane Foster yang ia perankan belum tentu sama dengan karakter Jane Foster yang dulu muncul di MCU. Jane Foster sendiri hanya muncul dalam dua film solo pertama Thor. Bahkan pasangan Jane Foster dan Thor sempat diceritakan putus dalam film Avengers: Endgame. Karena jarangnya kemunculan Jane Foster di MCU, maka penonton tidak memiliki rasa emosional pada Jane Foster. Oleh karena itu membawa Jane Foster kembali ke MCU setelah 7 tahun menghilang bukanlah perkara mudah, dan perlu beberapa narasi yang diubah. Waititi sendiri dapat menceritakan sesuatu yang berbeda di mana ia dapat menceritakan bahwa Jane Foster baru ini datang dari multiverse.

Dalam film Thor (2011), Thor menjadi tidak layak dan terdampar di Bumi sebelum ditemukan oleh Jane Foster. Tentu saja, Jane akhirnya membantu Thor mendapatkan kembali kelayakannya, tetapi dalam realitas alternatif, mungkin Jane Foster lah yang berhasil menjadi Thor setelah mengangkat Mjolnir seorang diri, dan Thor Odinson tetap terperangkap di Bumi dan menjadi Donald Blake, dan tidak pernah bergabung dengan Avengers. Sementara itu Jane Foster menjadi Dewa Petir di semestanya sendiri.

Scarlet Witch Ubah Realita

MCU telah memperkenalkan berbagai jalan potensial untuk melintasi alam semesta. Quantum Realm adalah metode yang paling jelas untuk melakukan perjalanan lintas alam. Namun, Spider-Man: Far From Home menggoda bahwa perjalanan waktu yang dilakukan di Avengers: Endgame meruntuhkan penghalang antar alam semesta, dan membuatnya lebih mudah bagi karakter untuk melintasi setiap dunia. Namun apa yang diungkapkan oleh Mysterio tersebut terbukti palsu, sehingga hal yang paling masuk akal untuk membuka gerbang multiverse adalah Scarlet Witch dengan kemampuannya.

Dalam trailer WandaVision, kita diperlihatkan sebuah realita alternatif yang kemungkinan besar dibuat oleh Scarlet Witch untuk kembali bertemu dengan Vision. Beberapa berspekulasi bahwa serial WandaVision terjadi di Dream Dimension, atau dunia di mana pikiran dari orang-orang akan terwujud. Hal itu menjelaskan bagaimana keinginan Wanda untuk membangkitkan Vision. Diserang oleh rasa kesedihan, Wanda alias Scarlet Witch menggunakan sihirnya untuk mengakses sebuah dunia baru yang memungkinkannya bertemu kembali dengan Vision, yang kemudian menghubungkan alam semesta utama dengan Dream Dimension.

Scarlet Witch Buka Gerbang Multiverse 

Dengan membuka jalur menuju Dream Dimension maka memberi Lady Thor dua jalur potensial untuk menuju alam semesta utama. Pertama, Jane Foster yang baru bisa jadi merupakan ciptaan dari dunia mimpi Scarlet Witch yang dibuat secara tidak sengaja. Jane asli sangat menginginkan hubungan yang baik dengan Thor, tetapi budaya dan latar belakang mereka sangat berbeda sehingga membuat hubungan mereka menjadi tidak mungkin. Kemungkinan Jane sering berharap agar dirinya menjadi Asgardian, agar Jane dapat hidup bersama Thor tanpa masalah. Jika Jane memiliki kedekatan dengan Wanda, Jane bisa meminta kepada Wanda agar membuatkan sebuah realitas baru. Jane meminta agar Wanda menciptakan versi Asgardian darinya dengan kekuatan yang hampir sama dengan Thor. Ini juga menjelaskan mengapa karakter di film Thor yaitu Darcy kembali dalam serial WandaVision.

Di sisi lain, campur tangan Wanda dengan Dream Dimension dapat memiliki konsekuensi yang lebih parah, yaitu dapat membuka sebuah lubang di multiverse yang dapat dilalui oleh siapa pun. Ini bisa mengarah langsung ke Doctor Strange in the Multiverse of Madness, serta menjelaskan judul filmnya, dengan Doctor Strange yang berusaha untuk memperbaiki kesalahan Wanda dan melawan Nightmares.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/