Ada beberapa villain Marvel Comics yang sudah dirumorkan akan muncul dalam film Spider-Man 3 nanti. Spider-Man 3 sendiri sampai saat ini masih dijadwalkan akan dirilis pada Desember 2021 mendatang. Ini akan menjadi film solo ketiga Spidey di Marvel Cinematic Universe. Sejauh ini, Spidey sudah menghadapi tiga musuh besar selama dia muncul di MCU.

Pertama, Spidey bertarung melawan Shocker dan juga Vulture yang diperlihatkan dalam film Spider-Man: Homecoming. Kemudian dalam film Far From Home, Spidey diperlihatkan bertarung melawan Mysterio. Dengan masih banyaknya misteri terkait Spider-Man 3, banyak yang mulai berspekulasi siapa yang akan menjadi villain selanjutnya. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Kraven The Hunter

Salah satu nama yang paling santer dirumorkan akan muncul di film Spider-Man 3 adalah sosok villain Kraven the Hunter. Berbeda dengan kebanyakan villain Spidey lainya yang menggunakan teknologi canggih, serta peralatan yang mutakhir untuk bisa mengalahkan musuhnya, Kraven menggunakan kemampuan dan insting yang dia miliki sebagai seorang pemburu berpengalaman.

Kraven sendiri sudah mengincar nyawa Peter Parker sejak lama. Kraven merupakan musuh terbesar Spider-Man yang sampai saat ini belum pernah muncul di layar lebar. Nama Kraven sendiri sempat disinggung oleh sang sutradara, Jon Watts, saat ditanya siapa yang bisa menjadi musuh Spidey selanjutnya. Jika kemudian Kraven memang muncul di film Spider-Man 3, maka hal itu bisa menjadi set up cerita bagi film spin off Kraven yang dikembangkan Sony.

Chameleon

Supervillain pertama yang dihadapi oleh Spider-Man adalah Chameleon, seorang karakter yang bisa dengan mudah menyamar menjadi siapapun yang dia inginkan. Dia juga adalah sosok yang bertanggung jawab atas perselisihan yang terjadi antara Kraven dan Spidey. Chameleon menyarankan Kraven untuk mengincar nyawa Spider-Man dan memburunya.

Menurut rumor yang berkembang menyebutkan bahwa ada satu villain klasik lainnya yang akan muncul bersama dengan Kraven nantinya. Namun, ada juga yang kemudian berpendapat bahwa justru Chameleon yang akan menjadi villain utama dalam filmnya dan bukan Kraven. Kemunculan Chameleon sendiri sudah diperlihatkan dalam film Far From Home kemarin, dimana nama karakter yang diperankan oleh Numan Acar – sebagai bawahan Nick Fury – sama dengan nama asli Chameleon.

Doctor Octoopus

Rumor lainnya juga menyebutkan bahwa di Spider-Man 3 nanti kita akan melihat versi baru dari Doctor Octavius alias Doctor Octopus. Ini tentunya menjadi “debut” pertama Doc Oc muncul di MCU, jika rumor tersebut benar. Menurut rumornya, karakter Doc Oc ini akan berbeda dimana bukan pria yang akan memerankannya melainkan wanita.

Jika rumornya benar, maka hal ini tentu akan sangat mengejutkan mengingat Doc Oc adalah karakter villain yang ikonik. Perlu untuk diingat juga bahwa dalam komiknya, memang terdapat sosok Doctor Octopus versi wanita, bahkan dalam Spider-Man: Into The Spider-Verse pun memperkenalkan sosok Doc Oc versi wanita.

Norman Osborn

Berbeda dengan Kraven the hunter, sosok Norman Osborn adalah sosok yang sudah sejak lama diinginkan muncul di MCU oleh para fans. Dan sekarang, dalam persiapan untuk proses produksi Spider-Man 3, rumor tentang Norman Osborn pun muncul. Banyak para fans yang berspekulasi bahwa kemunculan Norman Osborn akan memberikan pengaruh besar bagi Spider-Verse, bahkan MCU.

Kemunculan rival dari Spider-Man ini banyak diprediksi bisa menjadi awal dimulainya cerita Dark Reign atau Secret Wars, dan beberapa arc ikonik lainnya. Marvel dan Sony bisa saja menghadirkan sosok Norman Osborn sebagai dirinya sendiri, atau bisa juga memperkenalkannya sebagai sosok dibalik Green Goblin. Yang pasti dengan teknologi dan sumber daya yang dia miliki, dia bisa merencanakan untuk membangun apa yang sudah sejak lama diinginkan, yaitu Sinister Six.

Scorpion

Dalam film Homecoming, salah satu villain yang berhasil ditaklukan dan dimasukan dalam penjara oleh Spidey adalah sosok pria bernama Mac Gargan, yang pada saat itu dia berniat untuk membeli beberapa teknologi Vulture. Seharusnya, teknologi yang dia beli dari Vulture bisa merubahnya menjadi sosok Scorpion. Dalam komik sendiri, Mac Gargan adalah nama asli dari Scorpion.

Scorpion sendiri adalah seorang villain yang sangat kuat, dengan mengenakan exoskeleton berwarna hijau yang semakin meningkatkan kemampuannya. Di akhir cerita Homecoming, kita kemudian melihat bagaimana Mac Gargan sangat ingin membalas dendam kepada Spider-Man. Sempat dikabarkan akan muncul di sekuel filmnya, tapi kemudian kabar tersebut salah dan justru Mysterio yang muncul.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.