Dalam film Godzilla vs. Kong yang akan datang, kita memang akan melihat bagaimana pertarungan diantara dua titan kuat ini. Tapi, bisa jadi keduanya justru bekerja sama untuk melawan musuh yang sama yaitu Mechagodzilla dan Mecha-King Ghidorah. Godzilla dan Kong memang memiliki sejarah panjang di dunia para monster, khususnya dalam berbagai film produksi Toho.

Pertarungan pertama keduanya terjadi pada 1962, dalam film King Kong vs. Godzilla. Para fans harus menunggu sekitar 50 tahun untuk bisa kembali menyaksikan pertarungan antara kedua monster ini di MonsterVerse. Ghidorah mungkin memang sudah mati dalam film Godzilla: King of the Monsters, tapi sama halnya seperti film Toho lain, bukan tidak mungkin monster tersebut kembali muncul.

Kemunculan Mecha-King Ghidorah

Dalam pertarungan Godzilla melawan Ghidoran dalam film KOTM, Godilla berhasil memotong salah satu kepala dari Ghidorah. Tapi, bagian tersebut kembali mampu menumbuhkan kepala baru berkat adanya kemampuan regenerasi dan penyerapan energi yang dimiliki Ghidorah. Kepala Ghidorah yang terlepas kemudian berhasil ditemukan dan dijual kepada para teroris lingkungan.

Kemudian dalam credit filmnya, terlihat salah satu artikel koran menulis bahwa para ilmuwan Monarch sedang berada di Skull Island. Mereka sedang mengerjakan proyek “mechanized giant” atau robot raksasa. Disebutkan juga bahwa mereka sudah melakukan uji coba untuk menciptakan titan organik, atau titan mereka sendiri.

Dengan konsep tersebut, maka bisa diasumsikan bahwa Jonah memiliki akses terhadap hak cipta teknologi dan sumber daya Monarch, yang mana hal itu bisa membantunya untuk memperbaiki dan menumbuhkan bagian dalam dan organ dari Ghidorah. Sedangkan bagian tubuh Ghidorah lainnya Jonah buat dalam bentuk mekanik alias robot. Sehingga, terwujudlah Mecha-King Ghidorah.

Hal ini sendiri sebenarnya pernah terjadi pada 1991 silam dalam film Godzilla vs. King Gidorah, dimana Godzilla berhasil membunuh Ghidorah, namun para ilmuwan manusia berhasil menggunakan sisa-sisa tubuh Ghidorah untuk “membangun kembali” sosok Ghidorah dalam bentuk robot. Berbeda dengan Ghidorah, Mecha-King Ghidorah adalah raksasa yang bisa dikendalikan oleh manusia untuk bertarung melawan Godzilla.

Mechagodzilla Akan Muncul di Godzilla vs. Kong?

Dalam film ini, Mecha-King Ghidorah mungkin bukan hanya satu-satunya robot monster yang akan muncul dalam cerita. Dalam bocoran merchandise berupa mainan yang sempat beredar beberapa waktu lalu memperlihatkan bahwa film ini kemungkinan akan juga menghadirkan sosok Mechagodzilla.

Singkatnya, Mechagodzilla adalah tiruan dari sosok Godzilla dalam bentuk robot dan sudah pernah bertarung selama lima kali sampai sejauh ini. Selain Ghidorah, Mechagodzilla juga selalu menjadi lawan yang tangguh bagi Godzilla. Dan karena hal inilah, banyak fans memprediksi bahwa villain sebenarnya dalam film Kong vs. Godzilla adalah Mechagodzilla.

Kemunculan Mechagodzilla juga sesuai dengan deskripsi mengenai proyek yang dikerjakan oleh Monarch di Skull Island. Mechagodzilla kemungkinan sengaja dibangun oleh Monarch sebagai sebuah senjata rahasia yang sengaja disiapkan, entah untuk kembali berhadapan dengan Godzilla atau menghadapi Titan lainnya yang mengancam bumi.

Karena dikendalikan oleh manusia, bisa jadi Mechagodzilla kemungkinan akan dibajak oleh para teroris lingkungan yang dipimpin oleh Jonah. Dan Mechagodzilla ini nantinya akan diarahkan untuk bertarung melawan Kong dan Godzilla. Hal inilah yang kemudian akan memaksa kedua titan tersebut untuk bekerja sama.

Godzilla dan Kong vs. Mechagodzilla dan Mecha-King Ghidorah

Banyak yang sebelumnya menduga bahwa film KOTM akan menjadi set up untuk kemunculan Mecha-King Ghidorah. Namun, dengan adanya bocoran Mehcagodzilla banyak yang meragukan kemunculan Mecha-King Ghidorah. Kemunculan Mechagodzilla sendiri sebenarnya tidak merusak peluang Mecha-King Ghidorah untuk muncul. Sejauh ini tidak ada alasan atau bukti bahwa Kong dan Godzilla tidak akan melawan dua musuh sekaligus.

Artinya, selain bertarung melawan Mechagodzilla, ada juga kemungkinan jika Kong dan Godzilla akan bertarung melawan Mecha-King Ghidorah. Dalam MonsterVerse selalu digaungkan bahwa jangan macam-macam dengan alam, karena alam akan selalu menang. Pertarungan Godzilla dan Kong melawan Mechagodzilla dan Mecha-King Ghidorah bisa menjadi perwujudan hal ini, meskipun teknologi yang dipakai manusia mungkin lebih maju dan modern.

Dalam beberapa film, memang ada cerita yang memperlihatkan bagaimana Godzilla membutuhkan bantuan kaiju lainnya untuk melawan Mechagodzilla. Tapi, ada juga film yang justru memperlihatkan sebaliknya. Dan ketika situasi itu terjadi, Mechagodzilla akan dibantu oleh Mecha-King Ghidorah. Kekuatan dua robot/kekuatan manusia melawan dua kekuatan alam.

Satu hal yang membuat pertarungan “tag team” ini sangat menarik dan patut ditunggu adalah fakta bahwa selama 60 tahun sejarah Godzilla, kaiju tersebut belum pernah menghadapi dua robot monster sekaligus.  Dan jika hal ini benar terwujud, maka ini akan menjadi pengalaman pertama juga bagi King Kong. Kita nantikan saja ya Geeks pertarungan antara dua kekuatan ini pada 2021 mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.