Setelah sukses pada 2009 lalu, Watchmen kemudian diadaptasi kembali dalam format yang berbeda yaitu TV series yang ditayangkan di platform HBO. Selain dari segi format, seluruh cerita dan juga karakter dalam seriesnya sengaja dihadirkan dengan lebih menarik dan lebih segar. Musim pertama dari series Watchmen ini sendiri tayang pada 2019 kemarin dan sudah selesai dengan 9 episode yang sudah tayang.

Masih belum diketahui apakah pihak HBO akan memberikan musim terbaru untuk Watchmen, namun yang pasti ada banyak misteri di musim pertama yang masih belum terjawab. Salah satu misteri besar yang muncul adalah sosok Lube Man, yang ternyata adalah Agent Dale Petey. Satu misteri sudah terungkap, tapi masih ada yang lain yang msih menjadi misteri. Apa saja?

Dimana Dan Dreiberg

Dalam episode 3, Laurie Blake sempat menjelaskan tentang lelucon tiga mantan vigilante dari Watchmen – Owlguy, Smartypants, dan Blue God. Dan ketika dia melakukannya, Laurie juga sekaligus menjelaskan sedikit tentang sejarah cerita Watchmen, dimana dalam penjelasannya dia sempat menyinggung tentang Dan Dreiberg. Dreiberg sendiri merupakan sosok dibalik Nite Owl II.

Dan Dreiberg adalah pria yang menjalin hubungan dengan Laurie setelah dia meninggalkan Doctor Manhattan dalam cerita komiknya, dan juga Dan Dreiberg adalah satu-satunya karakter yang tidak muncul di series ini. Namun, di episode ketiga kemudian terungkap bahwa Dan berada di penjara, dan Senator Keene sendiri berkelakar bahwa jika dia terpilih menjadi presiden maka dia akan memiliki kekuatan untuk membebaskan Dan.

Meskipun kita kurang lebihnya tahu dimana dia dan bagaimana dia dipenjara, sayangnya tidak ada informasi lainnya yang menjelaskan tentang Dan Dreiberg. Apalagi, jika para penonton series ini tidak terlalu familiar dengan sosok Dan di komik atau di film sebelumnya. Mungkin di musim selanjutnya HBO akan memberikan penjelasan mengenai Dan Dreiberg.

Apa yang Terjadi Kepada Will Reeves Setelah Tahun 1940an dan 1950an?

Terlepas dari apa yang diperlihatkan dari sosok Will di episode keenam, masih banyak hal yang belum diketahui tentang sosok Will yang sempat memiliki nama panggilan Hooded Justice. Contohnya adalah mengapa dia bisa memasukan tangannya ke dalam sebuah panci berisi air panas untuk mengambil telur dan sama sekali tidak terluka? Bagaimana dia bisa melepaskan borgol Angela Abar dan membeli telur tersebut?

Namun, pertanyaan terbesarnya adalah apa yang kemudian dia lakukan setelah Will pensiun dari kepolisian New York dan “menghilang” di tahun 1950an. Dengan sedikitnya informasi mengenai superhero pertama di dunia ini, rasanya HBO perlu menampilkan adegan atau momen ketika Will masih muda, dan Jovan Adepo sendiri sukses memerankan karakternya seperti yang diperlihatkan di episode enam.

Apa yang Akan Terjadi Kepada Bian?

Mendekati episode terakhir musim perdana, setelah Angela dan Will akhirnya kembali saling berkomunikasi di Dreamland Theatre, Angela dan keluarganya kemudian berjalan melewati sisa-sisa Millenium Clock, Lary Treu dan juga hujan cumi-cumi beku. Lady Treu sendiri sudah tewas, sedangkan anaknya – yang merupakan kloning dari ibunya – ternyata masih hidup.

Bian kemudian kembali muncul untuk beberapa saat saja, dimana dia kemudian menatap dari kejauhan dari kursi belakang mobil patroli polisi, dengan kondisi trauma setelah melihat kematian ibunya. Bian sepertinya cukup muda dan pintar untuk bisa lolos dari kurungan polisi, tapi akankah dia memilih untuk meneruskan apa yang sudah dimulai oleh Lady Treu dan mencoba mencuri kekuatan Angela? Atau dia hanya kloning dari Treu dan memulai seluruh skenario dari awal lagi?

Dalam wawancaranya dengan Entertainment Weekly, Damon Lindelof, penulis sekaligus showrunner dari seriesnya, mengatakan bahwa dia sangat ini menggali lebih dalam tentang cerita Lady Treu. Dia sangat ingin menghadirkan masa lalu dari Lady Treu, karena di seriesnya sendiri banyak menyinggung tentang sosok Lady Treu.

Jika Bian kembali muncul di musim kedua, mungkin keinginan dari Lindelof ini bisa terwujud. Selain itu, kita juga mungkin akan disuguhkan apa yang terjadi kepada Bian saat dia berada di Vietnam dan juga Antartika.

Bagaimana Dunia Akan Menghadapi Fakta Kriminal dari Adrian Veidt?

Setelah fakta sebenarnya tentang peristiwa 11/2 disimpan selama 34 tahun, Adrian akhirnya harus menjawab semua pertanyaan mengenai kejahatannya – dan kali ini dia akan melakukannya di bumi. Laurie dan Wade Tillman memiliki bukti-bukti kuat dari berbagai catatan dan rekaman dari Adrian kepada presiden Redford, dan Adrian sendiri akan coba untuk diseret kembali ke Wahington, dan pengadilan terhadap Adrian akan menjadi pengadilan yang paling bersejarah bagi umat manusia.

Pertanyaanya kemudian bagaimana dunia akan merespon terharap kebenaran tersebut? dalam cerita komiknya, pasca kejadian 11/2, Laurie, Dan, dan Doctor Manhattan kemudian mengakui bahwa mereka “terjebak” oleh skenario yang dibangun oleh Adrian. Jika mereka mengungkapkan fakta bahwa cumi-cumi raksasa yang muncul di atas New York adalah buatan manusia dan bukan serangan makhluk luar angkasa yang memaksa senjata nuklir untuk diluncurkan, maka kematian 3 juta orang akibat peristiwa ini akan sangat sia-sia.

Doctor Manhattan bahkan sampai harus membunuh Rorschach untuk menjaga kebohongan tersebut. Dalam cerita di HBO, buku catatan milik Rorschach sendiri terbukti tidak cukup efektif untuk membuktikan apa yang dilakukan oleh Adrian. Meskipun begitu, skema yang dibuat oleh Adrian untuk membuat sebuah dunia khayalan, hanyalah untuk menunda Doomsday Clock, dan bukan untuk menghentikannya.

Dan sekarang , dengan adanya video pengakuan dari Adrian sendiri mengenai apa yang sudah dia lakukan, mungkin akhirnya Adrian akan menerima ganjaran yang setimpal dari apa yang sudah dia lakukan selama ini, dan akhirnya perjuangan yang dilakukan oleh Rorschach sendiri tidak akan sia-sia. Mungkin di musim kedua nanti, kita bisa melihat bagaimana jalannya sidang dari Adrian atau munculnya karakter baru.

Apakah Angela Abar Adalah Doctor Manhanttan yang Baru?

Para penonton tidak diperlihatkan apa yang terjadi setelah Angela Abar menyentuh permukaan kolam dengan kakinya. Ada asumsi bahwa Angela tidak akan tenggelam begitu saja. Lindelof sendiri menjelaskan di berbagai media bahwa momen atau adegan tersebut sengaja dibuat dengan tujuan agar lebih sinematik dan bukan membuat para penonton bingung atau justru menghasilkan keambiguan.

Jika begitu, maka pertanyaan selanjutnya adalah apa yang akan dia lakukan dengan kekuatan barunya tersebut? Kekuatan dan apa yang akan dilakukan oleh kekuatan tersebut, adalah tema utama yang coba ditunjukan di akhir ceritanya. The Seventh Kavalry ingin mencuri kekuatan Doctor Manhattan untuk meneruskan apa yang sudah dimulai oleh Cyclops. Lady Treu sendiri ingin menggunakan kekuatan Doctor Manhattan untuk melakukan “mengubah dunia” dan melakukan apa yang tidak bisa atau tidak dilakukan oleh Doctor Manhattan.

Musim perdana dari Watchmen berhasil ditutup dengan cerita yang sangat kuat dan penuh dengan teka-teki. Mungkin akan lebih baik apa yang terjadi setelah credit tetap menjadi misteri yang tidak terselesaikan. Kita nantikan saja ya Geeks apakah HBO akan membuat musim keduanya, dan kita nantikan juga apa yang akan mereka suguhkan di musim kedua nanti.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.