Di Marvel Universe, hanya ada sedikit orang saja yang mampu mengangkat atau bisa menggunakan palu ajaib Mjolnir. Thor adalah salah satunya. Mjolnir sudah menjadi senjata andalan dari Thor sejak lama. Odin memang sengaja memberikan mantra sihir ke palu tersebut agar tidak disalahgunakan. Mantra tersebut membuat hanya orang-orang yang dianggap “pantas” yang bisa menggunakan Mjolnir.

Meskipun begitu, sudah ada beberapa orang selain Thor yang diperlihatkan mampu mengangkat Mjolnir, yang bisa diartikan mereka adalah orang-orang yang pantas. Diantaranya adalah Beta Ray Bill, Jane Foster, dan Captain America. Loki dan seorang manusia biasa bernama Adam Aziz juga diperlihatkan mampu mengangkat palu Mjolnir ini.

Dalam Avengers #36 kita akhirnya melihat ada sosok lain yang ternyata mampu menggunakan Mjolnir, yaitu Black Panther. Lalu, mengapa dan bagaimana Black Panther bisa mengangkat palu Mjolnir? Dalam cerita “Age of Konshu” di komik tersebut, diperlihatkan bahwa Moon Knight membantu sang dewa yang dia puja untuk mencuri kekuatan beberapa superhero terkuat di dunia, demi menghadapi serangan Mephisto.

Salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan tersebut adalah dengan mencuri palu Mjolnir milik Thor. Uru, yang menjadi material pembuatan Mjolnir, merupakan material yang memiliki kandungan batu bulan (moonstone) di dalamnya. Khonsu sendiri adalah dewa bulan, yang mana artinya dia bisa mengendalikan sampai level terkecil dari Mjolnir. Khonsu memang bukan sosok yang “pantas” tapi karena ada “faktor lain” sehingga Khonsu bisa mengendalikannya.

Dalam Avengers #36, T’Challa bertarung melawan Khonsu. Khonsu kemudian melemparkan  Mjolnir ke arah Black Panther. Namun, entah mengapa kemudian Black Panther bisa menggerakan palunya sehingga tidak mengenai dirinya. Setelah itu, Black Panther mencoba untuk mengambil/memanggil Mjolnir yang mana usaha tersebut berhasil. Artinya T’Challa juga bisa mengendalikan Mjolnir.

Khonsu pun kebingungan melihat hal ini. Black Panther pun menjawab kebingungan Khonsu, “Mjolnir mengenal sukuku, sangat mengenalnya.” Kemudian dalam volume ini sedikit diperlihatkan apa yang terjadi di zaman dahulu, saat Avengers 1.000.000 B.C. terbentuk. Di era pra-sejarah tersebut Black Panther pertama diperlihatkan juga mampu mengendalikan Mjolnir, terbukti dengan dia mampu memanggil petir dengan Mjolnir. Mjolnir tersebut masih digunakan oleh Odin, dan belum diberikan mantra apapun.

Berdasarkan hal ini, bisa disimpulkan bahwa bukan berarti T’Challa pantas atau tidak pantas untuk bisa mengangkat palu Mjolnir tersebut. Tapi, berkat statusnya sebagai penduduk Wakanda dan juga dia yang merupakan “keturunan” dari Black Panther yang membuatnya mampu mengangkat Mjolnir. Jika memang begitu, artinya Shuri juga memiliki peluang untuk bisa mengendalikan Mjolnir.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.