Yonko adalah empat bajak laut terkuat di dunia yang ada dalam cerita One Piece. Bersama dengan angkatan laut dan SSG (yang menggantikan posisi Shichibukai yang dibubarkan), mereka menjadi tiga kekuatan besar di series ini. Para Yonko sendiri bisa dikatakan adalah para penguasa di wilayah New World, sebuah wilayah yang tidak tersentuh oleh hukum.
Para angkatan laut pun – bahkan Pemerintah Dunia – segan untuk bisa pergi ke New World dan berurusan dengan Yonko. Meskipun semua posisi Yonko sudah terisi, bukan berarti mereka tidak bisa tergantikan. Contohnya adalah Whitebeard yang digantikan oleh Blackbeard. Ada beberapa karakter “baru” yang bisa menjadi calon Yonko di masa depan. Siapa saja?

Monkey D. Luffy

Mungkin Geeks juga sudah sejak lama menduga dan mengetahui tentang hal ini, dimana Luffy menjadi sosok yang paling jelas dalam peluangnya menjadi seorang Yonko dalam cerita One Piece. Bahkan, para fans sendiri menganggap Luffy adalah Yonko kelima dengan nilai buruannya yang sudah mencapai 1,5 milliar Belly. Padahal, nilai buruan Luffy dulunya hanya ratusan juta, dan terus meningkat dalam waktu yang relatif singkat.

Luffy sendiri sudah sering memperlihatkan kualitasnya, seperti mengalahkan Rob Lucci, bertarung di perang Marineford, dan masih banyak lainnya. Kekuatan Luffy perlahan meningkat, dan hal ini dibuktikan dengan ambisi Luffy untuk mengalahkan Kaido di Onigashima. Pertanyaan besarnya kemudian, apakah Luffy akan mau menduduki posisi Yonko?

Eustass Kidd

Secara singkat, bisa dibilang Kidd merupakan sosok “kembaran” dari Luffy. Hanya saja sifatnya yang membedakan antara Luffy dan Kidd. Jika Luffy lebih senang membantu orang (terlepas dari dia adalah seorang bajak laut), Kidd justru lebih senang menghancuran apapun bersama krunya. Inilah yang membuat nilai buruan Kidd lebih besar (dulu) dibandingkan Luffy.

Terlepas dari sifatnya yang keras dan senang menghancurkan apapun, Kidd adalah sosok yang peduli terutama kepada para krunya. Dia tidak akan membiarkan siapapun menyakiti krunya. Dia tidak akan percaya siapapun selain krunya. Menurut Kaido, Kidd memiliki kemampuan Haki penguasa juga, yang artinya dia memiliki kualitas seorang pemimpin. Saat ini, Kidd memang belum mencapai level kekuatan Yonko, tapi di masa yang akan datang Kidd bisa berpotensi menggeser salah satu Yonko saat ini.

Trafalgar Law

Cerita masa lalu yang dimiliki Law mebuat para fans semakin bersimpati dan menyukai sosok Law. Masa lalunya yang tragis mirip dengan apa yang terjadi dengan para anggota dari klan D. Meskipun Law harus mengalami sebuah masa lalu yang buruk, dia kemudian bisa bangkit melalui semua usahannya. Hasilnya adalah dia masuk sebagai salah satu bajak laut yang memiliki nilai buruan diatas 100 juta Belly, alias grup Supernova.

Selain dari kekuatannya fisiknya, Law juga memiliki kekuatan lain yang dia dapatkan dari mengkonsumsi buah iblis. Buah iblis milik Law dianggap sebagai salah satu buah iblis yang paling kuat dalam series ini. Meskipun Law belum menguasai sepenuhnya buah iblis tersebut, dan juga belum memperlihatkan kemampuan sesungguhnya, di akhir cerita kekuatan tersebut akan menjadi aset penting bagi Law. Bisa jadi juga dengan kekuatan tersebut, Law akan menjadi salah satu Yonko.

Edward Weevil

Edward Weevil adalah karakter yang mengaku bahwa dirinya merupakan anak dari Whitebeard dan juga salah satu mantan Shichibukai. Nilai buruannya adalah 480 juta Belly. Saat timeskip, Weevil bertarung dan menghancurkan 15 kru bajak laut yang berada di bawah nama Whitebeard. Dengan kekuatannya yang dahsyat, Weevil pernah menjadi salah satu anggota Shichibukai sebelum kemudian dibubarkan.

Menurut Kizaru, kekuatan yang diperlihatkan oleh Weevil mencerminkan kemampuan dan kekuatan yang dimiliki oleh Whitebeard ketika dia masih muda atau saat masa jayanya dulu. Itu artinya, Weevil memiliki potensi untuk menjadi salah satu Yonko di masa depan, kecuali jika Eiichiro Oda memutuskan untuk “membunuh” karakter ini sebelum dia menjadi Yonko.

Buggy

Buggy si badut merupakan karakter yang dianggap “cukup aneh” dibandingkan dengan karakter lainnya, berdasarkan pendapat para fans. Buggy terkadang merasa dirinya kurang percaya diri, padahal dia pernah menjadi bagian dari kru bajak laut Roger. Meskipun begitu, Buggy juga terkadang menikmati pujian dan sanjungan yang dia terima karena pernah menjadi kru Roger.

Setelah Roger membubarkan krunya, kita tidak mengetahui bagaimana petualangan Buggy. Saat pertama kali dia muncul, Buggy sudah memiliki krunya sendiri. Meskipun pada awalnya kru Buggy tidak terlalu besar, tapi pasca dia kabur dari penjara Impel Down dan memiliki banyak “pengikut” kekuatan bajak laut Buggy sekarang menjadi besar. Sejauh ini, kita masih belum pernah melihat bagaimana Buggy bertarung secara serius – setiap kali dia bertarung pasti selalu berakhir konyol. Namun, tentunya ada banyak perubahan kekuatan yang dialami oleh Buggy saat ini yang mana membuat dia bisa menjadi salah satu Yonko di masa depan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/