Geeks tentunya sudah tahu siapa sosok legendaris dalam cerita One Piece, Joy Boy. Joy Boy merupakan seorang figur penting dalam sejarah pulau manusia ikan dan bagi sejarah dunia. Suatu hari, Joy Boy pernah tiba di sebuah pulau terakhir di Grand Line – yang kemudian diberi nama Laugh Tale oleh Gold D. Roger – dan meninggalkan harta karunnya di pulau tersebut.

Selain sosok penting bagi sejarah pulau manusia ikan, Joy Boy juga merupakan sosok penting ketika era abad yang hilang. Hal tersebut dibuktikan dengan perkataan Roger di chapter 967 kemarin, jika dirinya berharap bisa hidup di era yang sama dengan Joy Boy ketika mempelajari rahasia dunia yang sebenarnya di pulau Laugh Tale.

Jadi, rasanya masuk akal jika kerajaan kuno, Joy Boy, senjata kuno dan tekad D. semuanya saling terhubung. Bahkan hal itu juga dikonfirmasi di chapter 967 kemarin. Sosok Joy Boy sendiri banyak diasumsikan oleh sebagian fans sebagai sosok penting di kerajaan tersebut, yang kemungkinan adalah pemimpin atau rajanya.

Orang-orang dari klan D. merupakan klan yang paling penting di kerajaan kuno tersebut (bisa jadi mereka adalah pemimpinnya) dan ketiga senjata kuno diciptakan, atau setidaknya pernah dimiliki, oleh kerajaan tersebut. Ada kemungkinan bila Joy Boy merupakan orang yang menggunakan topi jerami besar, yang sekarang tersimpan di sebuah ruangan tertutup di Mary Geoise.

Sebuah teori yang sangat populer di kalangan fans menyebutkan bahwa kerajaan kuno tersebut memiliki rencana untuk menghancurkan Red Line, dimana mereka mencoba untuk menyatukan keempat lautan yang sebelumnya terpisah menjadi satu (one piece). Teori tersebut juga menyebutkan tentang kehancuran Mary Geoise dan ramalan “hancurnya” pulau manusia ikan, yang mana perihal “hari yang dijanjikan” akhirnya terwujud, dan para manusia ikan bisa hidup berdampingan dengan manusia dan ras lainnya di daratan yang sama.

Chapter 967 juga seolah mengkonfirmasi bahwa One Piece sebenarnya sudah berada di pulau terakhir ketika Roger tiba di pulau Laugh Tale. Kemungkinan Joy Boy dan kerajaan kuno tersebutlah yang menyimpan One Piece dan berbagai Poneglyph berisi rahasia dunia disana (meskipun ada juga kemungkinan Roger menyimpan sesuatu).

Untuk mengaktifkan One Piece atau agar One Piece bisa bekerja dengan baik, banyak fans percaya bahwa dibutuhkan ketiga senjata kuno yang sebelumnya sudah diperkenalkan. Mungkin itulah mengapa Roger tidak bisa memenuhi keinginan atau wasiat dari kerajaan kuno, karena dia tidak memiliki cukup waktu untuk mencari ketiga senjata tersebut. Lagipula, Shirahoshi (yang ternyata adalah salah satu senjata kuno yaitu Poseidon) masih belum lahir ketika Roger mencapai Laugh Tale.

Dari apa yang diketahui sejauh ini, setidaknya kita mendapatkan konfirmasi bahwa One Piece merupakan sebuah benda yang berwujud (tangible), yang artinya bukan hanya sebuah penghargaan, trofi, piagam atau apapun semacamnya. Apakah One Piece berbentuk Poneglyph atau bukan, masih harus kita nantikan. Yang pasti, siapapun yang menemukannya akan mengetahui tentang sejarah dunia yang sebenarnya dan menjadi raja bajak laut.

Ada juga teori lainnya yang menyebutkan jika kerajaan kuno merupakan sebuah kerajaan yang seluruh masyarakatnya adalah seorang bajak laut,. Dengan kata lain kerajaan kuno adalah sebuah kerajaan bajak laut. Mereka menyebar ke seluruh dunia untuk menjelajah lautan dan menyebarkan  “ideologi” dari kerajaan tersebut , yaitu tentang kebebasan dan persamaan kepada seluruh ras yang ada di seluruh dunia.

Mungkin inilah alasannya jika kerajaan kuno menjalin banyak kerja sama, contohnya dengan para manusia ikan atau dengan suku Minks. Apa yang dilakukan oleh para penduduk kerajaan kuno kemungkinan sama dengan apa yang dilakukan oleh Luffy saat ini, dengan membangun banyak sekutu dan mencoba memiliki banyak “teman.” Banyak cara Luffy untuk membangun kerja sama tersebut, mulai dari membebaskan tahanan, membebaskan sebuah negara dari serangan kelompok jahat (Alabasta), dan masih banyak lainnya.

Tidak heran jika kemudian kebebasan menjadi salah satu tema yang paling sering digaungkan dalam cerita One Piece. Bahkan, Dragon dengan pasukan revolusinya pun bertujuan untuk menciptakan kebebasan di sebuah negara dengan menggulingkan kekuasaan yang ada. Meskipun belum ada bukti kuat, tapi bisa diasumsikan bahwa kerajaan kuno adalah Laugh Tale itu sendiri atau berada di pulau tersebut.

Asumsi tersebut didukung oleh pernyataan Roger yang memberi nama pulau itu, yang artinya Laugh Tale sebenarnya bukanlah nama asli dari pulau/kerajaan yang ada disana. Professor Clover hampir menjelaskan tentang kerajaan kuno, sebelum akhirnya dia ditembak ketika akan menyelesaikan kalimatnya.

Apa yang terjadi kepada Professor Clover bisa diartikan bahwa kerajaan kuno adalah sebuah nama yang sangat signifikan, bukan hanya bagi para karakter di dalamnya tetapi juga bagi kita para pembaca. Selama bertahun-tahun, para fans sudah sering berspekulasi tentang nama kerajaan yang dimaksud oleh Professor Clover. Dan untuk sementara jawabannya adalah: One Piece merupakan kerajaan kuno (the Ancient Kingdom).

Siapapun yang bisa menemukan One Piece akan menjadi raja bajak laut, dan jika kerajaan kuno adalah sebuah kerajaan bajak laut, maka hal tersebut dirasa masuk akal. Hal tersebut menjelaskan mengapa Clover ditembak sebelum dia menyebutkan nama kerajaan tersebut, karena hal itu akan mengungkapkan semuanya.

Siapapun yang menemukan kerajaan kuno tersebut akan menjadi rajanya, dan ketika seseorang tersebut sudah berhasil mengumpulkan ketiga senjata kuno dan mengumpulkan para sekutu yang ada mereka bisa mulai menghancurkan pemerintah dunia dan menciptakan sebuah era yang baru. Era tersebut akan kembali menghadirkan kerajaan yang dulu sempat berkuasa dan seluruh ras di dunia akan menjadi bagian dari kerajaan tersebut.

Persatuan dan kesatuan dari seluruh negara, pulau, dan kerajaan yang ada kemudin akan membentuk satu dunia, One Piece. Luffy sendiri sebenarnya bukan sebuah karakter yang senang untuk menaklukan apapun dengan gelar “raja bajak laut” yang mungkin dia terima suatu hari nanti. Jadi, menarik untuk dinantikan dan disimak apa yang akan dia lakukan setelah berhasil menemukan One Piece dan menjadi raja bajak laut.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/