Jika wilayah lain dikuasai oleh pihak angkatan laut dan juga Pemerintah Dunia, lain halnya dengan sebuah wilayah yang disebut sebagai New World. New World adalah lautan yang sangat berbahaya dimana hanya ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, mereka kalah, hancur, atau bahkan tewas. Kedua mereka selamat, namun mereka harus menjadi bawahan salah satu Yonko.

Yonko adalah bajak laut yang bekuasa di wilayah tersebut. Sesuai namanya, Yonko merupakan empat bajak laut terhebat di lautan. Mereka berada di sebuah wilayah yang sama dengan daerah “jajahan” yang berbeda-beda. Big Mom menjadi Yonko dengan daerah kekuasaan yang lebih besar dibandingkan para Yonko lainnya.

Uniknya, tidak ada lagi wilayah di luar New World yang menjadi daerah kekuasaan Yonko (kecuali pulau manusia ikan). Padahal, mereka bisa saja melewati clam belt dengan mudah. Mereka memiliki kekuatan fisik untuk melakukan hal itu, dan mereka juga memiliki kekuatan finansial untuk membeli batu laut dan memasangkannya di kapal mereka.

Lalu, mengapa mereka hanya membagi wilayah di satu lautan kecil tersebut saja? Selain membiarkan para Yonko memiliki daerah kekuasaan, Pemerintah Dunia juga sepertinya membiarkan para Yonko untuk bertndak sesukanya. Peristiwa di Marineford sendiri semuanya adalah tentang Ace, bukan tentang Whitebeard. Jika mereka ingin menghabisi Whitebeard, Pemerintah Dunia bisa saja menyerang salah satu kru Whitebeard.

Memang kemudian dijelaskan bahwa mereka lebih tertarik mengenai garis keturunan dari sang raja bajak laut yang ada di tubuh Ace. Tapi, tetap saja menarik unguk memperhatikan bahwa WG (World Goverment) lebih peduli untuk menghentikan Ace dibandingkan menghentikan Yonko. Dengan menggabungkan kekuatan, WG dan angkatan laut bisa saja menghancurkan Whole Cake Island milik Big Mom dengan posisinya yang terbuka dan diketahui oleh siapa saja.

Lain halnya dengan Pasukan Revolusi, dimana mereka justru menyembunyikan markas mereka karena kekhawatiran akan adanya serangan yang datang. Bukan berarti Pasukan Revolusi lebih lemah dari Yonko, bahkan justru bisa dibilang mereka jauh lebih kuat. Pasukan Revolusi bahkan berhasil memiliki daerah “kekuasaan” mereka yang ada di luar New World. Mereka bisa melakukan apapun, tapi mencoba meraih daerah kekuasaan lain di luar New World adalah sesuatu yang mustahil bagi para Yonko.

Berdasarkan semua itu, pertanyaanya kemudian adalah mengapa para Yonko tersebut terkesan diberi kebebasan untuk melakukan apapun? Apakah artinya pihak WG tidak mampu mengatasi mereka? Memang, bisa jadi  salah satu alasannya adalah mereka tidak akan mampu menghadapi para Yonko. Tapi, ada kemungkinan lainnya mengapa WG melakukan hal tersebut.

Bisa jadi pihak WG memang sengaja membiarkan para Yonko untuk bertindak seenaknya dan memiliki daerah kekuasaan di New World karena ada tujuan yang mereka sembunyikan. Lalu, keuntungan apa yang diraih dengan adanya sistem Yonko ini? jawabanya adalah terkunci. Keempat bajak laut hebat ini “terkunci” di wilayah mereka masing-masing.

Jika ada salah satu Yonko lebih kuat dari Yonko lainnya atau mencoba mengambil secara paksa daerah kekuasaan milik Yonko lain, mereka akan berhadapan dengan angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Jika para Yonko mencoba untuk menyerang pihak WG, Marineford bisa menjadi cerminan akan apa yang terjadi jika kekuatan angkatan laut berkumpul dalam satu tempat. Jika tidak ada Shanks, mungkin semuanya sudah tewas atau ditangkap.

Deadlock atau penguncian ini memiliki tujuan, yaitu mencegah salah satu dari mereka untuk bisa pergi menuju Laugh Tale. Pemerintah Dunia sengaja didirikan 800 tahun lalu untuk menyerang kerajaan kuno. Dan butuh waktu 800 tahun untuk menghancurkan seluruh barang bukti dan menghilangkan jejak mereka dari sejarah.

Tujuan dari penyerangan tersebut bukanlah untuk menjadi penguasa dunia atau membuat sebuah hukum yang berlaku. Melainkan menciptakan apa yang mereka yakini sebagai sebuah ‘keseimbangan.’ Kerajaan kuno adalah musuh bagi Pemerintah Dunia, bukan Yonko atau bajak laut. Keseimbangan kekuatan tidak sama dengan hasil hitung-hitungan matematika. Semuanya tergantung dari bagaimana keputusan dan anggapan pihak WG.

Pemerintah Dunia sepertinya lebih peduli tentang bagaimana mencegah orang-orang untuk bisa pergi ke Laugh Tale, dan mencari tahu tentang bukti-bukti apa yang terjadi sebelum abad yang hilang terjadi. Pemerintah Dunia sepertinya menciptakan sistem Yonko sebagai “gembok” bagi mereka siapapun yang mencoba untuk pergi menuju Laugh Tale. Semuanya demi menjaga rahasia besar yang sudah tersimpan selama ratusan tahun. Bisa jadi inilah alasan mengapa Roger menjadi buronan yang paling dicari, bahkan semua keturunan atau orang yang memiliki hubungan dengan Roger pun harus dimusnahkan.

Selain Yonko, sistem Shichibukai juga sengaja mereka buat. Semua kejahatan mereka akan diampuni dan sebagai balasannya, mereka harus mencegah para bajak laut baru untuk bisa pergi menuju New World. Yonko diberikan kebebasan oleh pihak Pemerintah Dunia selama mereka tetap berada di teritori mereka, dan saling bertarung satu sama lain.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.