Salah satu TV series produksi Marvel Studios yang akan tayang di Disney Plus, Hawkeye, dikabarkan akan segera memulai proses produksi. Seperti biasa, dengan semakin dekatnya jadwal produksi maka akan lebih banyak informasi bocoran yang beredar tentang proyeknya. Kabar terbaru menyebutkan bahwa salah satu villain klasik perempuan Marvel, Madame Masque, akan muncul di series ini.

Tapi, Geeks mungkin bertanya-tanya tentang siapa sebenarnya sosok Madame Masque.  Sosok wanita yang kemudian dikenal sebagai Madame Masque memiliki nama Giuletta Kristina Nefaria, putri dari salah satu villain klasik Marvel lainnya Count Luchino Nefario. Sang ayah sengaja “mengusir” anaknya ketika dia masih berusia sangat kecil dan tinggal bersama orang tua angkat.

Orang tua angkat tersebut bernama Whitney Frost. Seiring Kristina tumbuh, dia mulai mencari tahu tentang keluarganya yang asli dan setelah mengetahuinya, dia kemudian kembali ke keluarganya dan bekerja untuk ayahnya. Bahkan, Kristina juga kemudian mengambil alih kekuasaan kelompok Maggia dari ayahnya.

Pada suatu ketika. Kristina mengalami sebuah kecelakaan yang cukup berat dimana sebagian wajahnya rusak secara permanen. Kecelakaan tersebut membuatnya harus menggunakan sebuah topeng emas untuk menutupi bekas lukanya. Dan karena hal inilah Kristina kemudian memiliki julukan atau nama panggilan baru, yaitu Madame Masque.

Sebelum menjadi musuh bebuyutan dari Hawkeye, Madame Masque sendiri juga pernah memiliki urusan dengan Tony Stark. Madame Masque sempat mendapatkan perubahan dari Marvel Comics pada 2000an, dimana dalam versi modern ini Madame Masque sempat terlibat dalam sebuah peristiwa besar. Beberapa diantaranya adalah Civil War, Secret Invasion, Dark Reign, dan Siege.

Baru pada 2012 Madame Masque menjadi villain utama dalam komik Hawkeye karya Matt Fraction. Madame Masque cukup banyak memberikan kesulitan dan masalah bagi Barton, ketika dia merekam aksi “pembunuhan” dari salah satu pemimpin dunia (namun, sebenarnya Barton tidak benar-benar melakukannya). Barton dan penerusnya, Kate Bishop berusaha sekuat tenaga agar video tersebut tidak tersebar kemana-mana.

Dan pada akhirnya rencana Madame Masque berhasil digagalkan oleh mereka berdua. Namun, bukannya mengarahkan pada Clint Barton, Madame Masque justru mengincar Kate Bishop sebagai rencana balas dendamnya. Madame Masque terus memberikan teror-teror kepada Kate Bishop, bahkan mengikutinya sampai ke Los Angeles. Madame Masque bahkan beberapa kali terlibat pertarungan dengan Kate.

Sejauh ini, masih belum diketahui bagaimana caranya Madame Masque bisa diperkenalkan ke dalam cerita Hawkeye. Bukan tidak mungkin jika dia melakukan hal yang sama seperti apa yang dia lakukan di komiknya. Untuk saat ini, para fans hanya bisa berspekulasi dan berteori tentang Madame Masque. Kita nantikan saja ya Geeks pertarungan antara kedua Hawkeye (dan Ronin) ini melawan sosok Madame Masque.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.