Ultraman adalah salah satu franchise terbesar di Jepang. Francisenya menceritakan saat pahlawan raksasa berupaya mengalahkan Kaiju yang mengancam Bumi. Ultraman sendiri telah memulai debutnya sejak tahun 1966. Saking besarnya franchise Ultraman, sampai-sampai franchise tersebut memiliki banyak sekali spinoff dan cerita sampingan. Berkat anime Ultraman di Netflix dan komik Marvel’s Rise of Ultramen, kini seluruh orang di dunia mendapatkan kesempatan untuk menikmati franchise Ultraman.

Tapi sebenarnya anime Ultraman di Netflix bukan satu-satunya anime yang menceritakan kisah Ultraman. Faktanya, ada banyak anime Ultraman yang berbeda. Beberapa ada yang mengikuti formula aksi dari versi Ultraman Tokusatsu, namun, ada sebagian yang membawa anime Ultraman ke arah baru. Nah berikut adalah beberapa anime Ultraman yang sangat berbeda dari sebelumnya.

Ultraman Graffiti: Liar! Ultra Country

Seri Ultraman Graffiti adalah OVA enam episode yang menampilkan pahlawan Ultraman klasik dan Kaiju yang digambar ulang dengan gaya yang lucu. Alih-alih menceritakan alur cerita Ultraman yang biasa, seri ini malah mengubah Ultraman sebagai pegawai kantoran. Mereka harus menghadapi semua cobaan dan kesengsaraan saat mereka bekerja di kantor. Yang menarik, para Ultraman memiliki keluarga.

Seri ini lebih menyoroti tentang kekuatan Ultraman dan Kaiju yang digunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Kita diperlihatkan saat Kaiju menggunakan cakarnya untuk merobek tiket kereta api atau saat Kaiju menyiapkan sayuran. Mungkin itu adalah pemandangan yang sangat menggemaskan. Serial ini lebih menonjolkan kelucuan yang dikombinasikan dengan humor konyol. Tentunya Ultraman Graffiti: Wild! Ultra Country merupakan salah satu serial Ultraman paling menarik.

Ultraman: Super Fighter Legend

Dirilis pada tahun 1996, Ultraman: Super Fighter Legend diadaptasi dari mainan Gashapon bernama sama. Deretan mainan tersebut memang terbukti sangat populer sehingga diadaptasi menjadi manga, yang kemudian diadaptasi menjadi OVA Ultraman: Super Fighter Legend. Seri Ultraman: Super Fighter Legend mengambil latar waktu di tahun 3026, di mana perdamaian telah menyebar ke seluruh antero dunia.

Untuk merayakan ulang tahun ke-100 setelah bergabungnya Galactic Federation, Bumi mengadakan turnamen khusus yang disebut Turnamen Terkuat Galaksi, dengan semua orang yang ingin menjadi Petarung Super baru. Tapi semuanya tidak seperti yang diharapkan dan Ultraman diajak ke dalam pertarungan untuk melindungi galaksi. Untuk mengatasi musuh baru ini, Ultraman harus menggunakan semua kekuatan serta memanfaatkan beberapa kekuatan baru yang turut dilibatkan.

Kaiju Girls

Kaiju yang merupakan musuh Ultraman memang sangat populer. Tak jarang kita melihat spinoff yang berfokus pada Kaiju. Salah satu contohnya adalah Kaiju Girls, yang merupakan seri anime pendek yang berlangsung selama dua musim. Seri ini menceritakan saat Jepang memasuki masa damai. Namun tiba-tiba sesuatu yang aneh terjadi. Sekelompok gadis menemukan fakta menarik bahwa dalam diri mereka, bersemayam jiwa Kaiju. Dan saat gadis-gadis tersebut menyalurkan jiwa-jiwanya, mereka bisa berubah menjadi Kaiju.

Gadis-gadis itupun kemudian direkrut dalam organisasi bernama GIRLS. Organisasi ini menggunakan kemampuan dari para gadis-gadis tersebut untuk menjaga perdamaian. Mereka harus segera beradaptasi dengan kekuatan baru, serta kehidupan baru. Kaiju Girls adalah versi lucu dan kiasan dari Kaiju klasik. Jika anda penggemar komedi lucu, maka seri ini sangat layak untuk anda simak.

Kaiju Sakaba Kanpai!

Anime lain yang berfokus pada Kaiju adalah Kaiju Sakaba Kanpai. Anime ini terdiri dari 13 episode yang berfokus pada Kaiju legendaris yaitu Baltan. Ceritanya, Baltan mencoba untuk mengelola barnya sendiri. Sebenarnya, bar ini dikelola oleh beberapa Kaiju Ultraman lainnya seperti Kanegon, Dada, dan Pigmon.

Menariknya, Kaiju Sakaba sendiri sebenarnya adalah tempat yang nyata. Pada 2014, Kaiju Sakaba terletak di Stasiun Kawaki, tetapi ditutup setelah setahun beroperasi. Namun, bar yang hampir sama dibuka di Kawasaki City beberapa bulan setelah yang lama ditutup. Baltan bahkan hadir untuk grand openingnya. Sama seperti Ultraman Graffiti dan Kaiju Girls, kita akan melihat para karakter yang mencoba untuk beradaptasi dengan masalah yang ada di dunia nyata.

The Ultraman

The Ultraman adalah anime Ultraman yang agak unik. Alih-alih menjadi spinoff, The Ultraman malah menjadi bagian dari kontinuitas cerita Ultraman utama. Seri ini juga pertama kali memperlihatkan saat Ultraman muncul dalam bentuk anime. Serialnya dianimasikan oleh studio Nippon Sunrise, yang pernah meroket berkat karyanya di Gundam.

The Ultraman menceritakan saat monster aneh mulai muncul di Bumi. Saat itu Choichiro Hikari akhirnya menjadi sosok yang terikat dengan Ultraman Joneus, sosok Ultraman yang dikirim untuk membantu melindungi Bumi dari ancaman mengerikan. Bersama-sama, Choichiro dan Ultraman Joneus melakukan yang terbaik untuk melindungi Bumi. Menariknya, serial ini juga pernah diperkenalkan di Inggris, namun dengan judul yang sedikit diubah.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/