Deadline melaporkan bahwa film The Lion King 2 sedang dalam tahap pengembangan. Kabarnya, filmnya nanti akan disutradarai oleh Barry Jenkins yang sebelumnya sukses menggarap film Moonlight. Penulis The Lion King, Jeff Nathason, dikabarkan kembali menulis naskah filmnya. Filmnya akan menjadi prekuel yang menceritakan origin dari Mufasa. Saat ini, belum diketahui kapan The Lion King 2 akan mulai diproduksi, juga masih belum diketahui kapan filmnya akan rilis.

Mengingat kesuksesan besar pada film The Lion King pertama, tidak mengherankan Disney ingin melanjutkan franchise The Lion King dalam kapasitas tertentu. Film The Lion King pertama rilis tahun lalu. Walau film tersebut mendapat respon yang beragam, tetapi filmnya berhasil memecahkan rekor box office dengan meraup lebih dari 1 miliar dolar di seluruh dunia. Film tersebut adalah salah satu film yang mendapat keuntungan besar pada tahun 2019.

Yang sedikit mengejutkan adalah keterlibatan Jenkins sebagai sutradara dalam The Lion King 2. Jenkins sendiri adalah sutradara yang terkenal dengan film-film drama berskala kecil, seperti Moonlight dan If Beale Street Could Talk. Walau berskala kecil, namun film Moonlight hasil garapannya berhasil mendapatkan 3 penghargaan Oscar, dalam kategori Best Picture, Best Actor, dan Best Screenplay. Film The Lion King 2 akan menjadi film berbudget besar pertama yang akan ia tangani.

The Lion King 2 sendiri akan menjadi salah satu dari banyak proyek film yang akan Disney garap. Selain film tersebut, Disney juga akan menggarap film The Little Mermaid, Cruella, dan Peter Pan. Film Cruella sendiri akan rilis tahun depan, sementara untuk film The Little Mermaid dan Peter Pan, masih belum diketahui tanggal perilisannya. Mudah-mudahan saja ya Geeks Disney akan segera mengumumkan jadwal perilisannya dalam waktu dekat.