Dalam sebuah cerita fiksi ataupun cerita di kehidupan nyata, kematian merupakan sesuatu hal yang sangat menyakitkan maupun menyedihkan. Kematian tersebut bisa membawa seseorang pada sebuah kesedihan yang luar biasa. Meskipun merupakan sesuatu yang menyedihkan dan menyakitkan, terkadang kematian tersebut juga bisa mengubah jalan cerita yang sedang berlangsung, tidak terkecuali dalam cerita One Piece. Berikut adalah karakter yang kematiannya mengubah jalan cerita One Piece secara keseluruhan.

5Otohime

Cerita tentang permusuhan antara manusia dan manusia ikan sudah lama terjadi. Dalam cerita One Piece, perselisihan diantara kedua ras tersebut diakibatkan ketika suatu hari manusia tidak ingin menyumbangkan darahnya bagi seorang manusia ikan yang sekarat. Karena hal tersebut, manusia ikan akhirnya dendam dan tidak membenci sosok manusia yang dianggap sombong.

Namun, tidak semua manusia ikan setuju akan hal tersebut. Salah satunya adalah Otohime, ratu dari kerajaan Ryugu. Meskipun dia merupakan pemimpin wilayah manusia ikan, Otohime justru memiliki pikiran untuk bisa menyatukan manusia dan manusia ikan. Hal tentunya ditentang oleh banyak orang. Dia pun dibunuh oleh Howdy Jones dan memfitnah seorang bajak laut, yang membuat keadaan kedua ras semakin kacau. Tapi, masih ada yang percaya dengan mimpi Otohime untuk mendamaikan kedua ras tersebut salah satunya adalah sahabat Ace, Jinbei.

4Edward Newgate/Whitebeard

Penyerangan kelompok bajak laut Whitebeard ke Marineford merupakan salah satu event One Piece yang sangat monumental. Hampir ribuan kru bajak laut Whitebeard hadir dalam pertarungan besar antara angkatan laut dan Whitebeard tersebut. Mereka hadir disana demi membebaskan Ace yang sebelumnya ditahan di Impel Down. Luffy juga sempat hadir dan membantu Whitebeard untuk membebaskan Ace.

Sayangnya, dalam penyerangan ini Whitebeard harus tewas setelah hidup sekian lama dan menjadi salah satu Yonko. Dia ditusuk oleh salah satu anak buahnya Squard, karena dia dipengaruhi oleh Sakazuki. Tidak hanya itu, dalam satu serangan terakhir dimana Whitebeard “mengusir” anak-anaknya supaya mereka pergi, Whitebeard diserang oleh seluruh pasukan angkatan laut. Puluhan tusukan, ratusan peluru, dan wajah yang separuhnya hilang menjadi akhir cerita dari sosok Edward Newgate.

3Portgas D. Ace

Kematian Whitebeard membuat seluruh krunya terkejut dan sedih, namun kematian yang lebih mengejutkan lainnya di event tersebut adalah terbunuhnya Ace oleh Sakazuki. Saat Luffy sudah berhasil menyelamatkan Ace, mereka pun sempat menghabisi sebagian pasukan angkatan laut. Sakazuki yang melihat kejadian tersebut langsung bertindak untuk menghabisi Ace. Pertarungan keduanya sebenarnya cukup seimbang dan Ace mampu menangkis serangan Sakazuki.

Menyadari hal itu, Sakazuki akhirnya mengincar orang lain yaitu Luffy. Melihat adiknya diincar, Ace pun kemudian menahan serangan itu dengan tubuhnya. Tinju magma Sakazuki menembus tubuh Ace dan membakar organ dalamnya. Ace pun tewas. Melihat kematian kakaknya di depan matanya Luffy langsung tidak sadarkan diri. Jinbei dan kelompok Law pun kemudian membawa pergi Luffy ke tempat aman. Kematian Ace ini benar-benar sangat menyentuh hati para pembacanya dan sampai saat ini rasanya kematian Ace ini masih sangat membekas.

2Kozuki Oden

Kozuki Oden merupakan sosok “protagonis utama” dalam cerita Wano. Dia adalah mantan pemimpin Kuri, dan merupakan sosok yang sangat dihormati oleh seluruh penduduk Wano. Pada awalnya, mereka menganggap Oden hanyalah seseorang yang hanya menimbulkan kegaduhan. Tapi, dia kemudian membuktikan diri untuk mau menjadi pelindung orang-orang saat menghadapi Kaido dan Orochi. Dia rela melakukan apapun demi melindungi nyawa penduduk Wano.

Sayangnya, para penduduk Wano tidak mengetahui pengorbanan Oden tersebut. Mereka masih saja menganggap Oden sebagai sosok yang bodoh. Tapi, kemudian fakta mulai terungkap saat dia dieksekusi oleh Kaido dan Orochi. Masyarakat sadar bahwa sosok yang melindungi mereka selama ini adalah Oden. Situasi mulai berubah emosional ketika Oden tertembak di bagian kepala oleh Kaido. Dan sampai saat ini, mereka terus mengelu-elukan nama Kozuki Oden.

1Gold D. Roger

Rasanya hampir semua Geeks tahu tentang kematian sosok Gold D. Roger di awal ceritaOne Piece. Jika kematian Yasuie menjadi sebuah awal dari gerakan pemberontakan di wilayah Wano terhadap pemimpin yang jahat, kematian Gold D. Roger justru menjadi awal bagi era baru bajak laut. Rayleigh pernah mengatakan jika Roger bukan ditangkap, seperti yang diungkapkan oleh angkatan laut, melainkan menyerahkan diri.

Roger merasa petualangannya sudah selesai dan lagipula dia sudah sakit-sakitan. Eksekusi Roger oleh angkatan laut di wilayah East Blue disaksikan oleh banyak sekali orang. Kata-kata terakhirnya justru membuat sebagian orang atau bajak laut amatir yang hadir disana semakin bersemangat dan mengubah impian mereka menjadi bajak laut. Tujuannya hanya satu yaitu menemukan One Piece di pulau terakhir.