Red Skull adalah musuh abadi Captain America. Ia adalah salah satu villain paling menakutkan di Marvel Universe, di mana ia haus akan kekuasaan. Red Skull mendapatkan julukan tersebut karena eksperimen yang dilakukannya dengan Nazi, di mana eksperimen tersebut membuat wajahnya cacat. Kita tahu bahwa musuh Red Skull yaitu Captain America memiliki kemampuan yang hebat untuk urusan bertarung. Tapi apakah Red Skull membutuhkan kekuatan super untuk melawan Captain America?

Nah Red Skull sendiri tidak memiliki kekuatan super dalam komik. Dia hanya menggunakan kecerdasan dan kelicikannya untuk membuat sebuah rencana yang jahat. Seringkali, ia memiliki rencana untuk menggulingkan pemerintahan AS dan memperkaya dirinya sendiri. Skull adalah salah satu dari sedikit penjahat yang memanfaatkan kekuatan politik untuk menumbangkan pahlawan super lain. Dalam komiknya sendiri, beberapa kali Red Skull mendapatkan kekuatan super, namun sifat dari kekuatannya hanya sementara. Misalnya saat Skull menghuni tubuh kloning Steve Rogers sehingga ia mendapatkan semua kekuatan yang didapatkan dari serum super soldier.

Red Skull lebih sering menggunakan ideologi radikalnya untuk mendapatkan pengikut yang bisa dia gunakan untuk mencapai tujuannya. Red Skull pun adalah seorang pembunuh yang melakukan aksinya secara diam-diam. Misalkan dia sering menggunakan rokok beracun yang biasanya diberikan kepada korban yang tidak curiga dengan rokok tersebut. Saat rokok itu dihisap, sang korban akan segera mati.

Iapun sering menyusup ke organisasi pemerintah dan melakukan spionase. Red Skull juga menjadi sosok yang berperan penting dalam meloloskan undang-udang yang membahas tentang daftar pahlawan super. Dalam komik pun, Red Skull bahkan pernah menyatukan pikirannya dengan Charles Xavier, dan memperoleh kemampuan psikis yang sangat kuat, di mana ia pernah mempengaruhi isi pikiran orang-orang di seluruh dunia dan menanamkan kebencian pada mutan.

Dalam versi filmnya, Skull memiliki kekuatan yang mirip dengan Captain America saat ia menggunakan serum super Soldier. Namun walau memiliki kekuatan yang sama dengan Captain America, tetapi Red Skull tetap memanfaatkan berbagai senjata, bom, dan penemuan ilmiah untuk mencapai tujuannya. Red Skull sendiri memang adalah sosok yang mirip Lex Luthor dari DC, di mana mereka sama-sama menggunakan kepintaran otak dibanding kekuatan otot.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/