Dengan kabar sudah terpilihnya aktor yang akan berperan sebagai Kang the Conqueror di film Ant-Man 3 nanti, seolah menjawab prediksi yang sudah lama muncul di kalangan para fans. Kang merupakan salah satu kandidat villain Marvel selanjutnya yang bisa menggantikan sosok Thanos di Phase 4. Tapi, tentunya ada perbedaan besar antara Thanos dan Kang.

Menghadirkan Kang di Ant-Man 3 tentunya akan membawa perubahan besar bagi MCU. Tapi, seperti yang dibahas sebelumnya, menghadirkan Kang hanya di satu film saja tentunya akan sangat sia-sia. Karena itulah Marvel mungkin sudah menyiapkan rencana jangka panjang untuk Kang, dengan menjadi villain utama di Phase 4. Lalu, apa bedanya Kang dengan sosok Thanos?

Kang Adalah Manusia Biasa

Di MCU, Thanos digambarkan sebagi sosok alien yang sangat powerful yang berasal dari planet Titan. Dan sama seperti di komiknya, Thanos adalah bagian dari Eternals. Meskipun tanpa adanya bantuan dari Infinity Stones, Thanos tetap bukanlah tandingan bagi Captain America, Thor, Iron Man, dan para Avengers yang lain. Bukti nyatanya adalah dia bisa dengan mudah mengalahkan Hulk dan membuatnya “trauma.”

Di sisi lain, Kang the Conqueror hanyalah seorang manusia biasa yang tidak memiliki kekuatan super apapun. Dia hanyalah seorang Nathaniel Richards, keturunan dari Reed Richards yang memiliki kecerdasan yang sangat dahsyat. Kang tidak memiliki kekuatan fisik seperti Thanos, tapi Kang memiliki kecerdasan dan teknologi yang sangat canggih yang berasal dari masa depan.

Saat pertama kali muncul, tidak ada satupun anggota Avengers yang mampu mengimbangi kekuatan dari masa depan milik Kang, bahkan Thor sekalipun. Baru setelah Hank Pym memberikan sebuah alat khusus untuk membantu para Avengers, mereka akhirnya bisa menang. Kang bukanlah Red Skull, the Mandarin atau Red Goblin, yang merupakan musuh bagi satu orang. Kang adalah musuh bagi seluruh Avengers. Yang luar biasanya adalah, Kang adalah manusia biasa yang mampu membuat para Avengers merasakan frustasi. Sama seperti yang dilakukan oleh Thanos.

Perbedaan Tujuan

Satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan oleh Marvel Studios saat mengadaptasi Kang adalah perihal tujuannya. Kang dan Thanos memiliki dua tujuan yang berbeda. Thanos versi MCU sendiri selalu mengharapkan sebuah alam raya yang seimbang, karena itulah Thanos kemudian menghilangkan separuh penduduk di semesta Mavel ini dengan Infinity Gauntlet.

Dengan arogansi yang dia miliki, Thanos merasa bahwa tindakannya benar. Thanos merasa bahwa tindakannya adalah untuk menyelamatkan dunia ini. Meskipun sebenarnya tujuan dari Thanos tersebut bisa dibilang baik, dan masuk akal, tapi Thanos melakukannya dengan cara yang salah. Kang di sisi lain, tidak memiliki impian apapun atau rencana apapun terhadap dunia ini.

Kang memang sengaja kembali ke masa lalu, untuk menaklukan peradaban di suatu masa dan di suatu tempat. Tapi, hal itu dia lakukan bukan untuk sebuah keuntungan. Dia tidak perduli dengan orang lain. Karena egonya yang sangat tinggi, Kang percaya bahwa bumi adalah tempat baginya untuk berkuasa atas orang lain. Singkatnya, Kang adalah seorang megalomaniak yang berpikir bahwa mereka yang “primitif” di sebuah dunia yang penuh dengan teknologi dan kecanggihan  adalah kaum yang lemah.

Thanos Tidak Sepenuhnya Jahat

Apa yang dipercaya oleh Thanos memang sangat cacat, dan meskipun Thanos pernah melakukan pembataian masal, itu semua dilakukan bukan karena dia senang melakukannya. Melainkan demi tercapainya sesuatu. Meskipun ketika Avengers berusaha untuk membunuhnya, dia tidak pernah memulai terlebih dahulu. Semua korban yang jatuh akibat Thanos dipercaya akan membawa keseimbangan bagi seluruh alam raya.

Thanos tidaklah jahat sebenarnya, karena itulah dia berbeda dengan Kang dimana semua tindakan yang dia lakukan semuanya demi memenuhi hasratnya dan juga tujuannya. Salah satu anggota Avengers klasik, Swordsman, menjadi bukti nyata dari apa yang dilakukan oleh Kang. Kang juga selalu berusaha keras untuk membalas dendam musuh-musuhnya, seperti Avengers dan Fantastic Four. Sedangkan Thanos tidak pernah memiliki niat untuk balas dendam

Avengers Adalah “Penyebab” Lahirnya Kang

Kang memiliki kebencian yang sangat mendalam terhadap para Avengers, dimana Thanos versi MCU tidak memiliki hal yang sama dengan Kang. Thanos terpaksa bertarung melawan Avengers karena mereka “menggangu” misi dan tujuan Thanos. Thanos bahkan menghormati mereka sebagai musuhnya. Bagi Thanos, mereka hanyalah sebuah rintangan saja.

Kang juga sebenarnya pada awalnya sama seperti Thanos, menganggap Avengers adalah sebuah rintangan belaka. Namun, semuanya berkembang menjadi sebuah rasa benci yang mendalam. Bahkan, menghancurkan dan membunuh seluruh Avengers menjadi misi utama dari Kang. Hal ini dikarenakan Kang tidak bisa menerima kekalahan yang dilakukan oleh Avengers.

Dalam Avengers #71, para pembaca diperlihatkan apa yang rela dilakukan oleh Kang demi bisa mewujudkan mimpinya menghabisi Avengers. Setelah kematian dari wanita yang dia cintai, Putri Ravonna, kebencian Kang pada Avengers semakin menguat. Kang kemudian membuat sebuah perlombaan bersama Grandmaster dimana pemenangnya bisa menentukan hidup atau matinya seseorang.

Seperti yang bisa ditebak, Kang menang dalam kontes tersebut. Disaat Kang memiliki kesempatan untuk kembali menghidupkan Ravonna, Kang justru lebih memilih untuk membunuh seluruh Avengers. Hal ini membuktikan bahwa kebencian Kang terhadap para Avengers jauh lebih besar daripada rasa cintanya terhadap Ravonna. Apakah Kang versi MCU juga akan memiliki kebencian yang sama terhadap para Avengers?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.