Haki adalah salah satu kekuatan penting dalam dunia One Piece. Haki sendiri memang sudah sejak episode pertama diperkenalkan, tapi baru di pertengahan serinya para fans dijelaskan secara lebih rinci mengenai Haki. Kebanyakan karakter memiliki salah satu dari dua Haki yang umum muncul di serinya, yaitu Haki Observasi dan Haki Persenjataan.

Tapi, tentunya tidak semua karakter memiliki kemampuan Haki ini. Mereka memiliki kemampuan buah iblis atau memiliki kemampuan lainnya. Meskipun mereka diketahui tidak memiliki kemampuan Haki, mereka tetap dianggap sebagai salah satu karakter terkuat. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Capone Bege

Capone Bege merupakan seorang bajak laut dan salah satu dari kelompok Worst Generation. Nilai buruannya sendiri saat ini berjumlah 350 juta Belly. Bege merupakan kapten dari kelompok bajak laut Firetank. Bege pernah bekerja untuk kelompok bajak laut Big Mom selama beberapa waktu, sebelum kemudian dia berusaha untuk membunuhnya.

Kemampuan dari Bege sendiri adalah mampu mengubah tubuhnya menjadi sebuah benteng berjalan, yang menyimpan banyak peralatan tempur dan pasukan. Teknik terkuat yang dimiliki Bege adalah Big Father, dimana dia mampu menahan beberapa serangan dari Yonko, yang mana hal ini adalah sesuatu yang sangat impresif.

Jewelry Bonney

Jewelry Bonney memang tidak memiliki Haki, tapi dia memiliki kemampuan iblis yang unik dan misterius. Sampai saat ini, masih belum diketahui apa nama buah iblis yang dikonsumsi oleh Jewelry Bonney, salah satu bajak laut Worst Generation. Yang pasti, buah iblis ini bertipe Paramecia dimana dia bisa memanipulasi usia dari musuh atau orang lain. Dia bisa mengubah seseorang jadi anak kecil atau jadi orang tua, dalam waktu yang sekejap.

Karena kekuatannya yang dianggap overpowered, wajar kalau Bonney selalu diperlihatkan makan makanan dalam porsi yang besar dan yang paling penting adalah dia tidak berubah menjadi gemuk. Meskipun secara sekilas kemampuan buah iblis ini tidak berbahaya, tapi sebenarnya kemampuan buah iblis ini sangatlah mengerikan.

Crocodile

Salah satu mantan Shichibukai, Crocodile ditangkap dan dilempar ke Impel Down setelah peristiwa Alabasta Saga of One Piece. Menjadi bajak laut yang sangat berbahaya, Crocodile dikurung di penjara level 6. Dengan kekuatan tipe Logia Suna Suna no Mi, Crocodile merupakan ancaman besar bagi hampir semua orang yang ada levelnya.

Dengan adanya buah iblis Suna Suna, sepertinya Crocodile memang tidak perlu lagi memerlukan kemampuan Haki. Karena, dia sudah menjadi salah satu yang terkuat. Buktinya Luffy pernah sampai dua kali dikalahkan oleh Crocoile, ketika di arc Alabasta. Crocodile juga bisa saja menghabisi musuhnya dengan mudah.

Buah Iblis Uruouge

Uruouge merupakan pengguna buah iblis berjenis Paramecia, dimana dia mampu mengubah seluruh rasa sakit yang dia derita menjadi sebuah kekuatan dahsyat. Hal itulah yang menjelaskan mengapa tubuh Uruouge sangat besar dan penuh dengan otot. Salah satu buktinya adalah dia mampu mengalahkan anak buah dari Big Mom, sebelum kemudian dia pergi.

Uruouge memang jarang diperlihatkan bertarung, tapi meskipun begitu dia adalah sosok yang sangat kuat. Dengan kemampuan yang dahsyat ini, uruouge tidak perlu lagi memiliki kemampuan Haki. Menariknya, sama seperti Jewelry Bonney, buah iblis yang dimiliki oleh Uruouge.

Yamato

Yamato merupakan anak dari Kaido, dengan kemampuan yang sangat dahsyat. Yamato merupakan karakter yang baru saja diperkenalkan sebagai bagian dari arc Wanokuni. Meskipun Kaido menganggap Yamato sebagai anak laki-laki, sebenarnya Yamato adalah seorang perempuan, namun ketangguhannya tidak perlu diragukan.

Yamato memutuskan untuk bersama-sama Luffy mengalahkan Kaido. Hal ini dikarenakan Yamato merasa dendam kepada sang ayah, yang sudah menahannya sejak dia masih kecil. Kaido ingin Yamato menjadi penerusnya, namun di sisi lain Yamato justru tidak mau menjadi seperti ayahnya. Namun, masih belum diketahui bagaimana kemampuan sebenarnya dari Yamato ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.