Sebagai salah satu judul anime shonen paling panjang, wajar jika Naruto sudah memunculkan banyak karakter dalam ceritanya. Banyak dari para karakter tersebut yang memang hadir dan langsung mendapatkan sorotan dari para fans, dan tidak sedikit juga para karakter-karakter yang muncul dalam cerita Naruto terlibat dalam sebuah momen-momen penting dan besar.

Namun, terkadang dengan banyaknya karakter yang muncul membuat beberapa karakternya terasa diasingkan atau disingkirkan. Para fans seolah merupakan karakter-karakter tersebut karena kurangnya keterlibatan karakter ini dalam berbagai momen-momen penting dan menarik. Berikut adalah beberapa karakter dalam cerita Naruto yang sudah dilupakan oleh para fans.

Tenten

Konoha 11 merupakan shinobi-shinobi penerus terbaik yang ada di desa Konoha, yang kemudian terbagi dalam beberapa tim seperti Team Seven, Team Eight, Team Ten, dan Team Guy. Diantara mereka ada sosok Naruto, sakura, Neji, Rock Lee, dan Shikamaru. Namun, ada satu shinobi yang bisa dibilang gagal untuk bisa populer di kalangan fans, yaitu Tenten.

Meskipun Tenten diperkenalkan sebagai seorang karakter yang ahli dalam berbagai peralatan ninja dan persenjataannya, sangat sedikit cerita tentang masa lalunya atau tentang klannya. Bahkan, dalam pertarungannya dengan Temari ketika ujian Chuunin berlangsung, dia langsung kalah oleh serangan kipasnya sebelum Tenten mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Zetsu

Sebelum Zetsu mengejutkan seluruh fans Naruto sebagai salah satu dalang dibalik kejadian yang menyebabkan dibangkitkannya Kahguya di akhir serinya, Zetsu merupakan seorang member Akatsuki yang kurang begitu disorot keberadaannya. Bahkan , dia terlihat seperti bukan sebuah ancaman yang sangat besar dan berbahaya dari grup yang berisi shinobi mengerikan, seperti Itachi atau Obito.

Dari apa yang diperlihatkan di seriesnya, peran Zetsu di grup Akatsuki bukan kepada ikut dalam pertarungan besar, melainkan perannya adalah mempersiapkan segala sesuatu yang akan dilakukan oleh kelompok tersebut. dia bekerja di balik layar mempersiapkan agar seluruh rencana berjalan dengan baik. Dia sering terlihat muncul dalam sebuah pertarungan besar, dan memberikan informasi kepada anggota Katasuki yang berada disana. Dia benar-benar sangat senyap, bahkan sampai membuat orang-orang lupa tentang sosoknya sampai kemudian terungkap di akhir cerita.

Kurenai

Sebagian besar para karakter Jounin di Konoha sudah pernah merasakan pengalaman hampir mati dalam setiap pertarungan mereka. Kakashi pernah bertarung melawan Obito dan Zabuza, Guy pernah hampir tewas ketika dia menggunakan teknik Eight Gates untuk melawan Madara yang kemudian membuatnya lumpuh, dan kematian Asuma saat pertarungannya melawan Hidan menjadi salah satu momen yang paling menyedihkan.

Satu-satunya karakter Jounin pengajar dalam cerita Naruto yang “aman” adalah Kurenai. Kurenai memang pernah terlibat pertarungan hebat melawan Itachi. Namun, dalam pertarungan tersebut terlihat level kekuatan Itachi jauh lebih tinggi, dimana kemampuan Genjutsu yang dia keluarkan nampak tidak berguna melawan kekuatan Mangekyou Sharingan milik Itachi. Justru Genjutsu miliknya berbalik menyerang dirinya. Kurenai memang diketahui hamil dan menikah dengan Asuma, dan setelah itu tidak terdengar lagi kabarnya.

Anko

Jika Geeks ingat kembali pasti kalian akan mengingat sosok Anko. Dia adalah ninja pengawas ujian saat Naruto dan shinobi lainnya melaksanakan ujian Chuunin. Anko sendiri muncul di level kedua dalam ujian Chuunin, dimana para Genin diperintahkan untuk berkelompok dan mencuri gulungan rahasia musuh sebanyak-banyaknya di hutan kematian.

Yang cukup menyedihkannya, setelah ujian tersebut selesai Anko seolah menghilang dari peredaran. Anko sempat diperlihatkan memiliki hubungan dengan Orochimaru, dimana dia bisa merasakan keberadaan Orochimaru. Namun, setelah insiden mengerikan ketika ujian berlangsung yang diakibatkan oleh Orochimaru, Anko seolah kehilangan perannya dalam cerita.

Yahiko

Nama Yahiko mungkin tidak terlalu familiar buat sebagian Geeks, tapi jika melihat wajahnya tentu kita sudah mengenal siapa Yahiko. Meskipun “Pain” merupakan nama alias yang digunakan oleh Nagato dan dia juga merupakan pemimpin dari Akatsuki, sebenarnya hal itu bukan sosok Pain yang asli. Nagato, dengan menggunakan teknik Tendou atau Deva Oath, menggunakan wajah rekannya yang sudah gugur yaitu Yahiko.

Sebelum Akatsuki merekrut Kisame dan Itachi, kelompok ini terdiri dari Yahiko, Nagato dan Konan. Yahiko merupakan rekan yang sangat akrab dengan mereka bertiga. Namun, setelah Yahiko mengorbankan dirinya, Nagato kemudian menciptakan teknik Tendou dengan tubuh Yahiko. Dia berharap bahwa rasa kepemimpinan dan juga idealisme dari rekannya tersebut tidak akan hilang untuk selamanya.

Genma

Setelah munculnya insiden pembunuhan Hayate, yang merupakan salah satu shinobi pengawas dari ujian Chunin, akhirnya sosok shinobi lainnya muncul untuk menjadi pengawas dalam babak ketiga ujian Chuunin. Dia menjadi pengawas bagi pertandingan Naruto melawan Neji, Shikamaru melawan Temari, dan Gaara melawan Sasuke. Namun, akibat kekacauan yang muncul dalam upaya pembunuhan Hokage ketiga, kehadiran Genma pun dilupakan.

Terlepas dari perannya yang tidak terlalu dianggap penting, Genam sebenarnya memiliki cerita masa lalu yang cukup menarik. Dia memulai karirnya sebagai ninja dengan menjadi bagian dari Ebisu dan Guy.dia juga pernah menjadi pengawal Hokage. Rasanya sangat disayangkan karakter seperti Genma kurang begitu mendapatkan sorotan.

Kakuzu

Akatsuki dikenal sebagai kelompok yang sangat kejam dan berisi para shinobi yang memiliki kemampuan tinggi, yang siap menghancurkan sebuah desa. Beberapa anggota Akatsuki yang populer adalah Itachi dan Tobi. Selain mereka anggota Akatsuki lainnya kurang begitu dikenal, salah satu contohnya adalah Kakuzu.

Jika Itachi memiliki partner Kisame, maka Kakuzu berpartner dengan Hidan. Kakuzu sendiri memgang status sebagai karakter yang sulit untuk dibunuh karena dima memiliki lima jantung yang bisa memperpanjang usianya. Bisa jadi salah satu alasan mengapa Kakuzu kurang begitu disorot adalah karena dia memiliki kemampuan yang sama dengan Hidan, yang sama-sama memiliki kemampuan sulit untuk dibunuh. Keduanya juga berperan dalam kematian Asuma, namun Hidan merupakan orang yang menyebabkan kematian Asuma.

Shizune

Ketika karakter Tsunade diperkenalkan dalam cerita, dan menjadi potensi untuk menjadi Hokage selanjutnya, dia selalu ditemani oleh asisten pribadinya yaitu Shizune. Semenjak Tsunade terpilih menjadi Hokage selanjutnya, tugas Tsunade hanya berkutat di dalam ruangan saja. Sangat jarang dia muncul di luar ruangan selain melatih Sakura, dan ketika ada situasi genting.

Jika ada sesuatu yang besar terjadi, Shizune lebih cenderung diam dan Tsunade yang lebih aktif bertempur. Wajar, karena Shizune memang diketahui tidak memiliki kemampuan bertempur apapun. Selain membantu Tsunade dengan berbagai berkas-berkas yang menumpuk, dia juga sering sibuk mengurus babi kecil peliharaan Tsunade, Tonton.

Ebisu

Dalam persiapan menuju ujian Chuunin melawan Neji, Naruto seharusnya berlatih bersama Ebisu, yang merupakan guru dari Konohamaru. Namun, tiba-tiba Jiraiya muncul dalam cerita dan menjadi salah satu karakter yang mendapatkan banyak sorotan. Akhirnya dia pun menggantikan posisi Ebisu sebagai mentor dari Naruto.

Memang, dari segi level kekuatan Jiraiya jauh lebih tinggi dibandingkan Ebisu. Bahkan, Jiraiyalah yang kemudian membimbing Naruto sehingga dia menjadi salah satu shinobi yang paling hebat. Namun, jika dilihat hal tersebut sekan-akan “membuang” apa yang sudah diajarkan oleh Ebisu. Apa yang diajarkan oleh Ebisu kepda Naruto memang bisa juga dilakukan oleh Jiraiya, hanya saja level kekuatannya lebih tinggi. Tapi, rasanya sayang jika karakter seperti Ebisu dilupakan begitu saja.

Yamato

Melihat bagaimana pentingnya peran yang dimainkan oleh Kakashi sebagai pemimpin dari Tim Seven bersama Naruto, Sakura, dan Sasuke, sempat muncul ekspektasi tinggi di kalangan fans ketika Yamato mengisi posisi sementara dari Kakashi di Team Seven. Sebagai seorang mantan Anbu yang memiliki teknik alam yang sama dengan Hokage pertama, yaitu kayu, Yamato memiliki aura yang misterius demi mendapatkan perhatian para fans.

Namun, setelah Kabuto menculiknya dan Kakashi kemudian mengambil alih kembali kepemimpinan Team Seven, Yamato kemudian menghilang dan menjadi karakter tanpa kelompok. Memang dalam cerita Naruto Shippuden, terkadang Yamato berada satu kelompok bersama dengan Naruto dan Sakura. Tapi, tetap saja, kehadirannya tidak lebih penting dibandingkan karakter lainnya yang membuat Yamato dilupakan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.