Thor bukan hanya sekedar karakter buku komik biasa yang muncul dalam cerita Marvel Comics, dia adalah sosok nyata yang berasal dari mitologi Nordik. Meskipun dalam cerita mitologinya Thor tidak pernah bekerja sama dengan Iron Man atau Galactus, namun ada juga pengaruh dari cerita mitologi aslinya yang dimasukan dalam Marvel Comics seperti peristiwa Ragnarok.

Marvel sendiri sudah sering memberikan petunjuk tentang kemungkinan tewasnya Thor dalam peristiwa Ragnarok, tapi mereka tidak pernah memberikan jawaban yang pasti perihal hal ini. Karena ramalan ini, masih belum diketahui apakah Thor memang bisa mati sebelum peristiwa Ragnarok terjadi atau tidak. Jadi, apakah Thor memang bisa mati?

Hiro Studios

Mungkin sejauh ini, cerita tentang Thor menghadapi kematianyang paling “mendekati” muncul dalam komik Thor #380-382 yang ditulis oleh Walt Simonson. Dalam ceritanya, diperlihatkan bahwa pangeran Asgard tersebut bertarung melawan Jormungand, makhluk yang memang diutus untuk membunuh Thor dalam peristiwa Ragnarok.

Thor memang pada akhirnya mampu mengalahkan Jormungand, tapi Thor tidak jadi tewas dalam pertarungan tersebut karena sebelumnya Thor sudah dikutuk oleh Hela, adik dari Thor sekaligus dewi kematian. Cerita yang ditulis oleh Simonson ini dianggap menjadi salah satu cerita adaptasi Ragnarok terbaik, dimana dia mampu memadukannya secara baik dengan cerita fiksi komik sambil juga memberikan “alternatif” cerita dimana Thor justru digambarkan hidup, dan Asgard digambarkan selamat.

Bertahun-tahun kemudian, Marvel kembali menghadapkan Thor pada kematian dalam cerita Thor Vol.2 #85, dimana Thor diceritakan kembali berusaha menghentikan kehancuran dunia dan Asgard dalam peristiwa Ragnarok, yang terjadi lebih awal. Dalam cerita ini, diketahui bahwa para penduduk Asgard sudah tewas dan kembali lahir dalam peristiwa Ragnarok.

Dalam cerita ini dijelaskan bahwa peristiwa Ragnarok disebabkan oleh sekelompok para dewa yang disebut “Those Who Sit Above in Shadow” atau mereka yang ada di atas bayangan, sebuah kelompok dewa yang memang sering menyebabkan kehancuran dan kemudian kehancuran dan kekacauan tersebut menjadi sumber kekuatan mereka.

Para penduduk Asgard semuanya tewas dalam peristiwa yang disebut sebagai “Ragnarok terakhir” ini. Meskipun Thor kemudian menghancurkan pohon dunia yang menyambungkan seluruh sembilan alam yang ada, baru pada Thor Vol. 3 diperlihatkan Thor berhasil mengembalikan seluruh para penduduk Asgard yang sudah tewas dan berhasil menghancurkan lingkaran Ragnarok, dengan cara memindahkan lokasi Asgard ke lokasi baru yang berlokasi di Brixton, Oklahoma.

Yang terakhir, nasib dari sang dewa petir ini kemudian ditampilkan dalam seri terbaru Thor yang ditulis oleh Jason Aaron. Menurut Aaron, Thor ditakdirkan untuk pada akhirnya tewas setelah dia menggantikan posisi ayahnya sebagai raja Asgard dan menjadi All-Father baru. Dalam timeline masa depan ini, Thor menjadi penguasa bagi sembilan alam di Marvel Universe selama berabad-abad sampai dunia benar-benar hancur.

Tidak ada nyawa lagi yang tersisa, kecuali Thor dan Wolverine. Kesendirian yang harus dialami oleh Thor, setelah tidak ada lagi nyawa yang tersisa di bumi ini mungkin yang menjadi penyebab tewasnya Thor.

Hiro Studios